Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 23 Mar 2020

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Ilustrasi bentuk virus corona - Image from nationalgeographic.grid.id

Indonesia pasti bisa menang melawan virus corona.

Tiongkok berhasil menekan penyebaran virus corona di negaranya, bukan tak mungkin Indonesia juga akan mencapai prestasi yang sama. 

Terlebih Indonesia telah mengeluarkan banyak kebijakan guna menghentikan mata rantai penyebaran COVID-19, simak apa saja berita baik tentang corona hari ini.

1. Pemerintah sudah memulai test massal COVID-19, mulai dari wilayah yang paling rawan, yakni Jakarta Selatan.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 1 - Image from www.facebook.com

Hal ini menyusul pernyataan Presiden Joko Widodo Jokowi yang menyebut bahwa mulai Jumat (20/3), akan mulai dilakukan tes massal melalui sampel darah.

Baca juga: Kisah Pilu Pasien 01 Virus Corona: `Hampir Setiap Hari Saya Menangis`

"Hari ini pemerintah telah mulai melakukan rapid test sebagai upaya untuk memperoleh indikasi awal apakah seseorang positif terinfeksi COVID-19 ataukah tidak. Pemerintah memprioritaskan wilayah yang menurut hasil pemetaan menunjukkan indikasi yang paling rawan terinfeksi COVID-19," ungkap Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (20/3) seperti yang dilansir dari laman Liputan6.com (21/03/2020).

Pada hari yang sama, Juru Bicara Penanganan Percepatan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan, bahwa kit atau alat yang digunakan untuk melakukan rapid test sebagai skrining tes Corona sudah tersedia dan akan dikirimkan ke masing-masing dinas kesehatan provinsi.

"Hari ini juga sudah (ada), kita tinggal kirim 2.000 kit. Harapannya besok sudah bisa masuk ke masing-masing dinas kesehatan provinsi. Kemudian sekitar 100.000 kit lagi yang akan masuk di hari berikutnya," kata Yuri saat konferensi pers melalui siaran live di Kantor BNPB, Jakarta. 

Baca juga: Tidak untuk Semua, ini Kriteria Orang yang Dapat Ikuti Tes Massal COVID-19

2. China dan USA berhasil menciptakan vaksin COVID-19, dan siap diproduksi secara massal.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 2 - Image from www.facebook.com

Dilansir dari laman CNBC, New York Post melaporkan bahwa Administrasi Produk Medis Nasional telah menyetujui tes untuk vaksin COVID-19 pertama di China pada Selasa (17/3/2020). Vaksin itu dikembangkan oleh para peneliti di Akademi Ilmu Kedokteran Militer di Wuhan.

"Kami adalah komunitas masa depan bersama bagi umat manusia, dan vaksin adalah salah satu senjata ilmiah dan teknologi paling kuat untuk mengakhiri epidemi virus corona baru," ungkap Chen Wei, seorang pakar biowarfare militer terkemuka yang memimpin tim.

Mereka (para peneliti) mulai melakukan penelitian guna menemukan vaksin COVID-19 sejak tiba di Wuhan pada 26 Januari dan kini telah siap untuk memproduksi vaksin dalam skala besar atau massal.

"Sesuai dengan standar internasional dan hukum dan peraturan domestik, kami telah membuat persiapan awal untuk keselamatan, efektivitas, kualitas yang terkendali, dan produksi massal," kata Chen seperti yang dilansir dari laman CNBC, (19/03/2020).

Baca Juga: Miris, Akibat Isolasi Diri Cegah Corona, Jumlah KDRT Meningkat

3. Wisma atlet mulai tanggal 23 Maret 2020 disiapkan untuk merawat 2.000 pasien positif corona di Indonesia.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 3 - Image from www.facebook.com

Dilansir dari laman Tempo, (19/03/2020), Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk segera menyiapkan Wisma Atlet di Kemayoran sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi pasien positif corona. 

“Presiden Jokowi telah memerintahkan kepada Menteri BUMN dan PUPR agar mempersiapkan Wisma Atlet bisa mulai dipakai pada tanggal 23 Maret 2020 atau Senin yang akan datang dan diharapkan bisa menampung 1.000-2000 orang pasien COVID-19,” kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Doni Monardo, usai rapat terbatas dengan presiden lewat Video Conference, Kamis, 19 Maret 2020

4. Sebanyak dua juta masker sedang disiapkan dalam kurun waktu 2 minggu ke depan.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 4 - Image from www.facebook.com

5. Sebanyak 500.000 test kit COVID-19 dari China sudah masuk ke Indonesia secara bertahap.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 5 - Image from www.facebook.com/

BUMN melalui PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) telah memesan 500.000 alat rapid test corona dari China. Hal ini dibenarkan oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

“Ya bertahap. Jumlahnya enggak tahu detailnya, tapi yang pasti sudah bisa masuk (ke Indonesia),” kata Arya seperti yang dilansir dari laman Kompas.com (19/03/2020).

6. Kondisi kesehatan Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya dan dr. Handoko Gunawan, Sp. P (seorang dokter berusia 80 tahun yang turut merawat pasien positif corona) mulai membaik.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 6 - Image from www.facebook.com

7. Pemerintah rencanakan gelar drive-thru di beberapa titik untuk tes corona ala Korea Selatan. 

Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara Penanganan Percepatan COVID-19 Achmad Yurianto, "Sudah beberapa hari ini kita bicarakan mengenai hal tersebut," kata Yuri seperti yang dilansir dari laman Detik.com, Rabu (18/3/2020)

"Kita sudah merencanakan dan membicarakan sekarang, karena kit-nya harus didatangkan dari Korea," tambah Yuri.

Belum ada keterangan lebih rinci mengenai hal ini. akan tetapi pemerintah memastikan ini bukan hanya sekedar wacana, "Secepatnya pasti, sebanyak mungkin," kata Yuri.

Baca Juga: Hoax? Pria Golongan Darah A Lebih Berisiko Terinfeksi Virus Corona

8. Acara Ijtima jamaah Tabligh Akbar di Gowa, yang rencananya akan dihadiri puluhan ribu Jamaah, resmi dibatalkan. Selain itu, jamaah yang terlanjur hadir akan dikarantina.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 8 - Image from www.facebook.com

9. Sebagian gereja terapkan Ibadah Misa dan peribadatan secara online dan streaming.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 9 - Image from www.facebook.com

10. Rumah Sakit NU, Muhammadiyah dan Aisyiyah, siap tangani pasien positif corona.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 10 - Image from www.facebook.com

11. Hotel Patra Jasa dan RS Pertamina Jaya akan dimodifikasi menjadi Rumah Sakit khusus pasien corona.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 11 - Image from www.facebook.com/

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa jumlah kapasitas tempat tidur di RS Pertamina Jaya sebanyak 65 unit. Rumah sakit tersebut akan menangani pasien yang sudah positif virus corona.

Sedangkan Hotel Patra Comfort digunakan sebagai rumah sakit untuk menangani masyarakat yang memiliki status ODP terkait virus corona. Arya menyatakan bahwa jumlah tempat tidur yang disediakan di hotel tersebut sebanyak 52 unit.

"Jadi 52 tempat tidur itu untuk yang di hotel. Itu untuk ODP, jadi save house lah," kata Arya seperti yang dilansir dari laman CNNIndonesia, (17/03/2020).

Baca Juga: Lockdown Akibat Corona, `Surga` si Kaya dan Neraka si Miskin

12. Perusahaan kosmetik Wardah menyumbangkan 40 Milyar untuk penyediaan prasarana kesehatan.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 12 dan 13 - Image from www.facebook.com

13. Perusahaan-perusahaan besar yang tergabung dalam KADIN beserta Yayasan Budha Tzu Chi menggalang dana bantuan senilai Rp 500 Milyar untuk upaya melawan virus Corona.

14. Banyak organisasi masyarakat dan kelompok, salah satunya FPI yang berkontribusi dalam berbagai bentuk, misalnya seperti memberikan masker gratis bagi para pengendara sepeda motor dan mobil di jalan-jalan raya, serta memberikan makanan dan hand sanitizer kepada driver ojol.

Kabar Baik, Badai Corona Pasti Berlalu, Jangan Panik!!!

Berita baik tentang corona hari ini 14 dan 15 - Image from www.facebook.com

15. Jack Ma melalui Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation menyumbangkan setidaknya 2 juta masker, 150 ribu test kit Covid-19, 20 ribu baju pelindung tubuh, serta 20 ribu pelindung wajah ke empat negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Apa yang Akan Terjadi Pada Dunia Setelah Virus Corona Usai?

Semoga 15 berita positif itu akan mampu meningkatkan harapan bagi umat manusia agar lebih gigih dan bersemangat, dalam bersatu-padu melawan virus corona yang telah dinyatakan oleh WHO sebagai pandemik global.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb