Ucapan Terimakasih Bahasa Arab Kepada Laki-Laki dan Perempuan

 25 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Ucapan Terimakasih Bahasa Arab Kepada Laki-Laki dan Perempuan

Ilustrasi mengucap terimakasih bahasa Arab - Image from id.pinterest.com

Ucapan terimakasih bahasa arab. Dari sekian banyak ucapan terimakasih, ucapan terimakasih bahasa arab lah yang paling baik karena mengandung doa di dalamnya.

Sebagai umat muslim, kita harus selalu bersyukur. Bersyukur kepada Allah atas segala nikmatnya pada kita semua. Tak jarang nikmat Allah melalui perantara manusia, oleh karena itu kita juga harus bersyukur dengan mengucap terima kasih pada mereka.

Ucapan terima kasih dapat kita ucapkan dengan bahasa apa saja, namun akan lebih baik lagi jika kita menggunakan bahasa Arab, karena ucapan-terimakasih-bahasa-arab mengandung doa yang ditujukan pada orang yang telah berbuat baik kepada kita.

Lalu bagaimana lafadz ucapan terimakasih bahasa Arab itu? Berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

Ucapan Terimakasih Bahasa Arab

Kebanyakan dari kita menggunakan ucapan terima kasih bahasa Arab dan artinya berikut ini :

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Jazakumullahu Khairan

Artinya : "Semoga Allah Membalas Kalian dengan Kebaikan."

Hal ini sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW,

Dari Usamah bin Zaid RA., bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِىالثَّنَاءِ ».

Artinya : Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Kitab Shahih Al jami’, no. 6368)

Baca Juga : Jangan Salah Kaprah! Berikut Arti Ahlan Wa Sahlan Dan Balasannya

Selain ucapan terimakasih bahasa Arab diatas, ada juga ucapan-ucapan lainnya yang dapat diucapkan sebagai ucapan terimakasih bahasa Arab yang benar dengan melihat siapa lawan bicara kita, diantaranya adalah :

1. Ucapan terimakasih bahasa Arab untuk laki laki

Ucapan ini diucapkan untuk seorang laki-laki atau ikhwan yang sudah berbuat baik kepada kita. Berikut ucapan terimakasih bahasa Arab untuk laki laki :

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

Jazaakalloohu khoiron

Artinya: "Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan."

2. Ucapan terimakasih bahasa Arab untuk perempuan

Ucapan ini diucapkan untuk seorang perempuan atau akhwat yang sudah berbuat baik kepada kita. Berikut ucapan terimakasih bahasa Arab untuk perempuan : 

جَزَاكِ اللهُ خَيْرًا

Jazaakillaahu khoiron

Artinya: "Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan."

3. Ucapan terimakasih bahasa Arab untuk banyak orang

Ucapan ini diucapkan kepada banyak orang yang sudah berbuat baik kepada kita. Berikut ucapan terimakasih bahasa Arab untuk banyak orang :

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Jazaakumulloohu khoiron

Artinya: "Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan."

Selain ucapan terima kasih, kita juga bisa mengucap ucapan selamat ulang tahun dengan bahasa Arab, baca selengkapnya disini :
1. Mengapa Barakallah Fii Umrik Harus Diucapkan Sebagai Ucapan Ultah Islami?
2. Tak Hanya Barakallah Fii Umrik ini 5 Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Keutamaan Ucapan Terimakasih Bahasa Arab 

Adapun beberapa keutamaan ucapan jazakallah khairan, jazakillah khairan dan jazakumullah khairan adalah sebagai berikut:

1. Merupakan ucapan terimakasih terbaik

Dibandingkan dengan thank you atau thanks, jazakallah khairan adalah ucapan yang terbaik. Nabi Muhammad salallahu‘alaihi wasallam bersabda, 

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

Artinya : “Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain kemudian ia berkata kepadanya jazaakallah khairan, maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya.” (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: “shahih”)

2. Merupakan sunnah Rasulullah

Diantara banyaknya sunnah Rasulullah, mengucap ucapan terimakasih bahasa Arab merupakan salah satunya. Nabi Muhammad salallahu‘alaihi wasallam bersabda,

نْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ

Artinya : “Dan barangsiapa yang berbuat kepada kalian maka balaslah. Jika ia tidak mendapati sesuatu untuk membalasnya, maka doakanlah ia, sampai kalian melihat bahwa kalian sudah membalasnya.” (HR. Abu Daud)

3. Mendapatkan doa

Ketika kita berterima kasih dengan cara mengucap salah satu ucapan terimakasih bahasa Arab, maka kita pun juga akan mendapat jawaban dengan didoakan kembali. Jika ucapan terimakasih kita tidak dijawab oleh lawan bicara kita, maka malaikat lah yang akan menjawabnya dengan mendoakan kita.

Lalu bagaimana jawaban atau balasan dari ucapan jazakallah khairan dan sejenisnya?

Karena ucapan terimakasih bahasa Arab merupakan doa, kita bisa menjawab dengan mengaminkan doa tersebut. Misalnya dengan mengucap “aamiin” atau “aamiin ya Rabb.”

Akan tetapi yang lebih utama adalah membalas dengan mendoakannya pula.
Dalam hadits shahih yang diriwayatkan Imam An Nasa’i dan Ibnu Hibban, ketika Usaid bin Hudhair mewakili kaum Anshar berterima kasih kepada Rasulullah dengan jazakallah khairan, Rasulullah pun menjawabnya dengan ucapan: 

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Artinya : “Dan kamu sekalian wahai kaum Anshar, semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan.”

Jadi dapat kita simpulkan balasan terbaik dari ucapan jazakallah khairan sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah:

فَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

Fa jazaakalloohu khoiron

Artinya: "Semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan".

Demikian artikel tentang ucapan terimakasih bahasa Arab yang benar ini, semoga bermanfaat.