Kumpulan Mukadimah Pidato Lengkap Bahasa Arab Latin dan Terjemahannya

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 11 Nov 2019

Kumpulan Mukadimah Pidato Lengkap Bahasa Arab Latin dan Terjemahannya

Mukadimah pidato - Image from inhilklik.com

Berikut kumpulan contoh mukadimah pidato yang bisa Anda gunakan untuk pembukaan acara-acara penting.

Setiap pembicara sebelum memasuki inti pidato, mereka pasti terlebih dahulu menyampaikan muqaddimah pidato atau kalimat pembuka. 

Kalimat pembuka ceramah yang baik sebaiknya menggunakan bahasa Arab, karena di dalamnya tidak hanya berisi ramah tamah saja, akan tetapi juga doa.

Dan berikut dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pembukaan ceramah bahasa Arab.

Adapun mukadimah pidato bahasa Arab ini tidak hanya untuk pidato dan ceramah saja, akan tetapi juga bisa digunakan saat memberikan sambutan dalam acara lainnya, seperti pertemuan warga dan acara peringatan hari-hari besar Islam. 

Mukadimah Pidato

Pada dasarnya, dalam pembukaan pidato bahasa Arab berisi pujian kepada Allah SWT, serta ungkapan rasa syukur atas segala karunia yang telah diberikan oleh Allah. Selain itu, muqaddimah bahasa Arab juga berisi seruan untuk bershalawat atas Nabi Muhammad SAW. 

Nah, untuk lebih jelasnya, silakan langsung saja Anda simak contoh pembukaan pidato bahasa Arab, latin dan terjemahannya berikut ini.

1. Mukaddimah ceramah #1

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛

Doa mukadimah latin :

Alhamdulillaahil ladzii kaana bi’ibadihi khabiiran bashiraa, tabaarokal ladzii ja’ala fis samaa’i buruujaw waja’ala fiihaa sirojaw waqomarom miniira. Asyhadu an-laa ilaa ha-illallah, wa asy-hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, alladzii ba’atsahu bil haq basyiiraw wanadziiroo. Wa da’iyan ilal haqqi bi’idznihi wa sirojam muniiraa. Allahumma shalli ‘alaihi wa’alaa alihi wa shohbihi wa sallim tasliman katsiroo. Amma ba’du.

Arti doa pembuka acara bahasa Arab: "Segala puji bagi Allah, yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat hamba-hambanya, Maha suci Allah, Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan Bulan yang bercahaya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. Ya Allah, curahkan shalawat dan salam baginya dan keluarganya, yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah".

Baca Juga : Contoh Khutbah Jumat Singkat Tentang Menuntut Ilmu

2. Contoh mukadimah #2

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ

Contoh mukadimah singkat latin :

Innal hamdalillah, nahmaduhu wanasta’inuhuu wanastaghfiruhu,, wa na’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wa min sayyiaati a’maalinaa, may-yahdihil laahu falaa mudhillalah, wa-may yudhlil falaa haadiyalah, Asyhadu an-laa ilaa-ha illallaah, wahdahula syariikalah, wa-asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, amma ba’du.

Artinya : "Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya".

3. Contoh kumpulan mukadimah #3 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ  وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Contoh muqaddimah singkat latin :

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Baca Juga : Ceramah Singkat Tentang Idul Fitri

4. Contoh mukadimah dakwah #4 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Mukadimah singkat latin :

Alhamdulillahil ladzii an’amanaa bini’matil iimaan wal islaam. Wanushalli wanusallimu ‘alaa khairil anaam, sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihii wasohbihi aj-ma’iin, amma ba’du.

Artinya : "Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam. Shalawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw beserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya".

5. Contoh kumpulan mukadimah mc #5

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Contoh mukadimah pidato latin :

Bismillahirrohmanirrohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, was-sholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin, wa’ala alihi wa’ashabihi aj’ma’iin, Amma ba’du.

Artinya : "Segala puji bagi Allah Sang Penguasa alam semesta. Semoga shalawat serta keselamatan tercurahkan selalu kepada Rasul termulia. Beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, semuanya".

Itulah beberapa contoh mukadimah bahasa Arab yang bisa Anda gunakan ketika pembukaan acara.

Baca Juga :  Contoh Teks Khutbah Jumat Kedua

Adapun dalam pembukaan bahasa Arab diatas, sebelum atau sesudah kalimat أَمَّا بَعْدُ (AMMAA BA'DU),

Anda bisa menambahkan beberapa Surat dalam Al-Qur'an, yang mana sesuai dengan tema yang akan Anda bawakan saat berpidato.

Misalnya Anda akan berpidato tentang anjuran silaturahmi, maka dalam bacaan mukadimahnya Anda bisa menambahkan firman Allah tentang anjuran silaturahmi. 

Sebagai contoh kita akan menggunakan contoh mukadimah arab #4, dan akan berpidato tentang anjuran silaturahmi.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ. اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. 

وَالَّذِينَ يَنْقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِنْ بَعْدِ مِيثَاقِهِ وَيَقْطَعُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ وَيُفْسِدُونَ فِي الْأَرْضِ ۙ أُولَٰئِكَ لَهُمُ اللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوءُ الدَّارِ

صدق الله العظيم

أَمَّا بَعْدُ

Nah, begitulah kurang lebih dalam prakteknya. Jadi Anda bisa menyesuaikan sendiri Surat Al-Qur'an mana yang akan Anda masukkan dalam mukadimah sambutan Anda. Hal yang terpenting adalah ayat Al-Qur'an dalam kalimat pembuka kultum tersebut harus sesuai dengan tema pidato Anda.

Jika anda kesusahan menentukan tema pidato bisa baca disini (Baca: Kumpulan Teks Pidato dengan Tema Pidato yang Menarik)

Demikianlah artikel tentang pembukaan pidato bahasa Arab latin dan artinya ini. semoga kumpulan pembukaan kultum singkat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, Aamiin.

SHARE ARTIKEL