Hati-hati, Susu Kedelai Bisa Sebabkan Kanker Payudara

 04 Dec 2019  Arief Prasetyo

Hati-hati, Susu Kedelai Bisa Sebabkan Kanker Payudara

Contoh penderita kanker payudara - Image from Facebook

Biarpun alami, jangan sembarangan konsumsi susu kedelai!!!

Faktanya selain dampak baik, banyak efek negatif konsumsi susu kedelai.


Susu kedelai yang memiliki banyak nutrisi dan digunakan sebagai pengganti susu sapi ternyata bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Susu kedelai banyak dikonsumsi karena dianggap bisa menggantikan protein hewani dari susu yang dihasilkan oleh sapi.

Susu yang terbuat dari sari kedelai ini juga menjadi pilihan untuk para vegetarian yang menghindari sumber makanan dari hewan.

Kandungan nutrisi dalam susu kedelai juga dipercaya bisa memembantu meningkatkan kesehatan tubuh dan membantu mencegah dari serangan penyakit.

Tetapi, ternyata susu kedelai bisa menimbulkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah efek dari susu kedelai jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga :

5 Akibat Konsumsi Susu Kedelai Secara Berlebihan

1. Kelebihan asam fitat

Susu kedelai memiliki kandungan asam fitat yang terlalu tinggi dan bisa menimbulkan masalah pada pencernaan.

Asam fitat yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa juga menghambat proses penyerapan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

2. Gangguan siklus menstruasi

Susu kedelai memang memiliki nutrisi yang penting untuk tubuh, tetapu di balik itu juga menyimpan efek yang isa mengganggu siklus menstruasi pada wanita.

Mengonsumsi susu kedelai 2 gelas sehari selama satu bulan penuh bisa menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi pada wanita.

3. Kanker payudara

Salah satu efek yang paling mengerikan dari konsumsi susu kedelai yang berlebihan adalah memperbesar risiko kanker payudara. Hal ini terutama terjadi pada perempuan yang sedang dalam masa pubertas.

Risiko kanker payudara yang disebabkan oleh susu kedelai memiliki kaitan erat dengan gangguan tiroid akibat meminum susu kedelai, terutama susu kedelai non fermentasi.

4. Kista rahim

Remaja perempuan juga bisa berisiko terkena kista rahim jika mengkonsumsi susu kedelai sama halnya dengan kanker payurdara.

Mengkonsumsi susu kedelai non-fermentasi bisa meimbulkan masalah pada tiroid. Ketika tiroid terganggu, efeknya bisa ke rahim yang mudah timbul kista.

5. Gangguan pencernaan

Konsumsi susu kedelai secara berlebihan juga bisa menimbulkan masalah pada pencernaan.

Enzim yang dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pencernaan bisa terhambat karena konsumsi susu kedelai.

Hal ini bisa mengakibatkan sembelit dan gangguan pencernaan lainyang lebih serius, bahkan bisa memingkatkan risiko sindrom iritasi usus.

Baca Juga :

Dari penjelasan diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa susu kedelai memang memiliki manfaat yang banyak namun jika mengkonsumsi secara berlebihan pasti ada dampak buruk bagi kesehatan anda. Mengkonsumsi susu kedelai pun harus susu yang benar-benar sehat dan tanpa pengawet. Saat ini sudah ada mesin modern yang bisa menghasilkan susu kedelai paling sehat. Baca: Mesin Pembuat Susu Kedelai.

Demikianlah rangkuman beberapa hal buruk yang ditimbulkan oleh susu kedelai. Semoga artikel menjadi informasi yang penting bagi anda dan keluarga. Terimakasih.