Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Secara Cepat

 28 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Secara Cepat

Karang gigi - Image from id.pinterest.com

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Secara Cepat karang gigi bikin kamu nggak pede? Yuk, cari tahu cara menghilangkan karang gigi berikut ini.

Mempunyai karang gigi bisa menurunkan rasa percaya diri kamu, akibatnya kamu nggak bisa tertawa bebas deh. Nah, buat kamu yang nggak ada waktu ataupun yang lagi ngirit biaya untuk ke dokter gigi, ada kok cara alami untuk menghilangkan karang gigi.

Penasaran apa aja? Yuk, simak rangkuman tentang cara alami menghilangkan karang gigi hitam berikut ini. 

Baca Juga :
1. Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis
2. Obat Mujarab Sariawan di Lidah yang Alami
3. 3 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat 

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi

Karang gigi adalah plak atau kotoran yang mengeras pada gigi, dan sulit untuk dihilangkan meskipun telah dibersihkan atau disikat. Karang gigi juga dapat terbentuk dari bawah gusi, sehingga bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi disebut juga dengan kalkulus gigi.

Karang gigi memberi plak area yang luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan gigi jadi lebih lengket. Hal ini bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius lagi seperti radang gusi.

Nggak cuma mengancam kesehatan, karang gigi juga akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan juga gigi yang terlihat menguning. Tapi tenang saja, ada cara alami yang pastinya murah meriah dan minim efek samping yang bisa kamu gunakan sebagai penghilang karang gigi.

1. Baking Soda

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Secara Cepat

Baking soda - Image from shutterstock

Cara menggunakan baking soda sebagai penghilang karang gigi kuning adalah dengan memakainya sebagai pasta gigi. Baking soda dipercaya mampu menghilangkan dan memutihkan gigi kamu dengan cepat. Selain itu, baking soda juga dapat menjadi salah satu bahan untuk menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Dijamin deh, karang gigi rontok! 

Caranya cukup mudah, yaitu :

  1. Campurkan 1 sdm baking soda dengan sejumput garam.
  2. Aduk hingga rata. 
  3. Celupkan sikat gigi yang sudah dibasahi ke campuran ini. 
  4. Sikat gigilah seperti biasa selama 2 menit.
  5. Kumur-kumur dengan air bersih.
  6. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah cara ini dengan rutin.

2. Kulit Jeruk

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Secara Cepat

Kulit jeruk - Image from id.pinterest.com

Jeruk adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Salah satu kegunaan buah jeruk adalah kulitnya bisa dijadikan sebagai penghilang karang gigi. Caranya juga cukup mudah, yaitu :

  1. Bersihkan dahulu kulit jeruk yang akan digunakan.
  2. Gosok-gosokkan langsung pada gigi. 
  3. Gosok sampai rata. 
  4. Jangan langsung berkumur, biarkan semalaman. 
  5. Berkumurlah esok harinya.
  6. Lakukan cara ini setiap hari menjelang tidur untuk hasil yang maksimal.

3. Daun Sirih

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Secara Cepat

Daun sirih - Image from id.pinterest.com

Cara menggunakan daun sirih sebagai perontok karang gigi adalah dengan mengunyahnya. Daun sirih dipercaya dapat membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Caranya pun mudah, yaitu :

  1. Ambil selembar daun sirih.
  2. Tambahkan 1 batang cengkeh.
  3. Haluskan, tapi jangan terlalu halus.
  4. Kunyah dengan gerakan lembut.

4. Menggunakan buah kaya vitamin C untuk pasta gigi

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Secara Cepat

Pasta lemon - Image from id.pinterest.com

Vitamin C sangat baik untuk kesehatan mulut, oleh karena itu kamu dapat menggunakan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C sebagai pasta gigi. Misalnya jeruk, stroberi, dan lemon.

Caranya juga sangat mudah, kamu cukup menghancurkan buahnya sampai halus,. Kemudian gunakan sebagai pasta gigi seperti biasanya.

Cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi pada anak lho! Karena biasanya anak susah untuk sikat gigi, jadi bila kita memberikan sedikit rasa pada pasta giginya, maka dijamin deh anak akan tertarik untuk menyikat gigi.

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi Secara Cepat karang gigi yang menumpuk jangan sampai dibiarkan, ya! Coba cara-cara di atas untuk menghilangkan karang gigi secara alami.