Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

 26 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

Obat gusi bengkak - Image from www.alodokter.com

Berikut rangkuman berbagai jenis obat gusi bengkak, mulai dari bahan alami, hingga obat yang bisa kamu dapatkan di apotek.

Gusi mempunyai peran yang sangat penting untuk menunjang kesehatan mulut kamu. Gusi yang bengkak tentu saja bisa mengganggu aktivitas, karena tidak hanya membuat sulit makan dan minum saja, akan tetapi untuk bicara pun jadi sulit karena gusi yang bengkak bergesekan langsung dengan pipi bagian dalam.

Akibatnya mulut akan terasa nyeri dan nyut-nyutan yang super duper menyakitkan. Tapi kamu nggak perlu khawatir, ada banyak pilihan obat alami dan medis yang bisa digunakan sebagai obat gusi bengkak. Penasaran apa saja?

Baca Juga :
1. Obat Mujarab Sariawan di Lidah yang Alami
2. Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Secara Alami
3. 3 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat

Obat Gusi Bengkak Alami

Gusi bengkak merupakan kondisi terjadinya pembengkakan pada gusi. Dalam beberapa kasus, gusi bengkak terjadi dalam ukuran yang besar hingga menutupi gigi. Karena gusi yang membengkak ini, pipi kamu jadi terlihat menonjol.

Selain menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, gusi bengkak juga bikin nafsu makan jadi terganggu, terpaksa deh kamu makan bubur atau makanan yang lembut. Kepala pun bisa nyut-nyutan saking sakitnya.

Nah, berikut obat gusi bengkak yang berasal dari bahan alami, yang pastinya murah meriah dan minim efek samping.

1. Air garam

Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

Air garam - Image from www.grid.id

Bukan rahasia lagi, jika berkumur dengan air garam mampu mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak. Hal ini karena garam bersifat menyerap air sehingga mampu membunuh bakteri jahat yang ada di dalam mulut.

Bakteri hanya bisa tumbuh dengan baik di lingkungan yang asam dan lembab, oleh karena itu jika kondisi mulut kering, bakteri tidak bisa bertahan hidup. Karena aman dikonsumsi, garam juga bisa digunakan sebagai obat gusi bengkak pada anak.

Berikut cara menggunakan garam untuk obat gusi bengkak :

  1. Larutkan 1/2 sdt garam ke dalam segelas air hangat.
  2. Kumur-kumur air garam secara merata di seluruh bagian mulut selama beberapa detik, buang airnya. 
  3. Jangan ditelan.
  4. Lakukanlah cara ini minimal dua kali sehari, atau sampai bengkak pada gusi kamu lumayan mereda.

2. Es batu

Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

Es batu - Image from id.pinterest.com

Eits, jangan dikunyah ya! Cara menggunakan es batu sebagai obat gusi bengkak adalah dengan cara menempelkannya di pipi, atau dikompres.

Dinginnya es batu akan membuat saraf pemicu nyeri di sekitar area mulut kamu jadi mati rasa, selain itu suhu dingin juga merangsang pembuluh darah di wajah agar menyempit, sehingga memperlambat aliran darah menuju gusi yang bermasalah.

Es batu dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri pada gusi. Caranya mudah saja kok,

  1. Ambil beberapa bongkah es batu, bungkus dengan waslap atau kain bersih. 
  2. Tempel bungkusan es batu ke bagian pipi yang terasa sakit. 
  3. Kamu juga bisa menempelkan es batu langsung pada gusi yang bengkak.
  4. Lakukanlah cara ini beberapa kali sehari, atau sampai bengkak pada gusi kamu lumayan mereda.

3. Kunyit

Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

Bubuk Kunyit - Image from id.pinterest.com

Selain sebagai bahan utama pembuatan jamu, kunyit ternyata juga bisa mengobati gusi bengkak. Senyawa curcumin dalam kunyit berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi gusi, serta meredakan peradangan.

Ini bukan hanya asumsi belaka, karena sebuah penelitian dalam Journal of Indian Society of Periodontology membuktikan bahwa obat kumur dari sari kunyit berpotensi mencegah pembentukan plak di gigi dan risiko gingivitis (radang gusi).

Berikut bahan yang kamu butuhkan :

  • 1/2 ruas kunyit
  • Secukupnya baking soda
  • Secukupnya minyak kelapa

Cara menggunakan kunyit untuk obat gusi bengkak :

  1. Parut kunyit kemudian campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. 
  2. Aduk rata hingga membentuk pasta. 
  3. Gunakan sebagai pengganti pasta gigi setiap kali kamu ingin menggosok gigi.

Cara lainnya, kamu bisa membubuhkan pasta kunyit tersebut pada kain kasa kemudian digulung. Tempelkan kompresan kunyit tersebut langsung pada gusi yang bermasalah selama beberapa menit.

Tenang aja, kamu nggak perlu takut gigi jadi menguning setelah menggunakannya. Malahan kunyit sebenarnya akan membantu gigi kamu tampak lebih putih. Kamu juga bisa lho, menggunakan kunyit sebagai obat gusi bengkak anak.

4. Cukupi kebutuhan cairan

Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

Air putih - Image from id.pinterest.com

Banyak minum air putih memang nggak bisa langsung mengobati gusi kamu yang bengkak. Tapi dengan banyak mengkonsumsi air putih, resiko kamu mengalami infeksi akibat gusi bengkak jadi lebih rendah. Dan sebaliknya, kurang minum air justru bisa memperparah infeksi karena mulut jadi kering dan asam.

Dengan membiasakan banyak minum air putih, maka dapat merangsang produksi air liur di dalam mulut. Air liur mempunyai peran yang penting untuk melembabkan mulut serta membersihkan bagian dalam mulut dari sisa-sisa makanan.

Tidak hanya itu saja, enzim yang terkandung dalam air liur juga bisa membantu melawan infeksi di dalam mulut. Jadi, jangan anggap sepele manfaat minum air putih sebagai obat alami untuk gusi bengkak, ya!

Obat Gusi Bengkak Apotik

Nah, buat kamu yang suka instan, kamu juga bisa menggunakan obat medis sebagai obat pereda gusi bengkak. Tapi kamu harus ingat ya, pemakaiannya tidak boleh berlebihan, alias harus sesuai dosis atau anjuran dari dokter!

1. Hidrogen peroksida

Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

Hidrogen peroksida - Image from www.tokopedia.com

Gusi bengkak dapat ditangani dengan berkumur menggunakan larutan hidrogen peroksida.

Hidrogen peroksida merupakan antiseptik cair yang mampu melawan bakteri penyebab masalah gigi dan gusi, misalnya seperti radang gusi dan sariawan. Cara kerjanya yaitu dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan area kulit yang terluka.

Bentuk murni cairan ini dapat melukai gusi dan mulut, oleh karena itu menggunakan hidrogen peroksida sebagai obat gusi bengkak yaitu dengan cara mengencerkannya terlebih dahulu dengan sedikit air baru dipakai untuk berkumur.

2. Paracetamol

Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

Paracetamol - Image from www.tokopedia.com

Jika rasa sakit yang disebabkan oleh gusi bengkak sangat luar biasa, maka kamu bisa meredakannya dengan minum obat paracetamol. Paracetamol dipercaya efektif untuk meredakan nyeri ringan di sekujur tubuh, termasuk dalam mulut.

Paracetamol sangat mudah ditemui di toko obat, apotek, hingga swalayan. Obat ini pun aman digunakan oleh semua usia, mulai dari bayi di atas 2 bulan, ibu hamil dan menyusui, hingga lansia.

Ingat ya, takaran dosis dan frekuensi minum obat setiap orang berbeda-beda, jadi jangan berlebihan. Kamu bisa meminum obat ini setiap 4-6 jam sekali sehari, dengan dosis aman untuk dewasa berkisar dari 500 mg (miligram) hingga 1 gram, dan untuk bayi usia 2 bulan hingga 2 tahun, berkisar dari 60-120 mg.

Perlu di garis bawahi, orang yang punya riwayat penyakit hati dan ginjal serta alergi terhadap paracetamol tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat ini.

3. Ibuprofen

Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

Ibuprofen - Image from www.swansonvitamins.com

Ibuprofen mempunyai fungsi yang sama seperti paracetamol, yaitu sebagai obat untuk gusi bengkak. Tapi bedanya, ibuprofen juga bisa meredakan radang penyebab bengkak dan juga demam yang muncul. Sedangkan paracetamol hanya bisa meredakan rasa sakitnya saja.

Perlu digaris bawahi bahwa efek ibuprofen lebih kuat dari paracetamol. Oleh karena itu, gunakanlah obat ini dengan hati-hati.

Dosis aman ibuprofen untuk orang dewasa berkisar dari 200-400 miligram (mg), dan diminum setiap 4-6 jam sekali sesuai kebutuhan. Sedangkan pada anak-anak berkisar dari 4-10 miligram (miligram). Dosis tersebut aman untuk anak usia 6 bulan hingga 12 tahun dengan aturan minum setiap 6-8 jam sekali.

Ingat ya, minumlah obat ini setelah makan, sesuai anjuran dan dosis yang ditentukan. Karena jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, ibuprofen bisa memperparah peradangan, serta meningkatkan resiko perdarahan di perut.

Kamu harus segera menghentikan konsumsi ibuprofen dan mencari bantuan medis jika mengalami efek samping serius, seperti nyeri dada, sesak nafas, sakit kepala parah, hingga feses yang berwarna hitam.

4. Chlorhexidine

Obat Gusi Bengkak Ala Rumahan dan Resep Medis

Chlorhexidine - Image from www.firstaiddistributions.com

Chlorhexidine merupakan obat antiseptik yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab peradangan dan gusi bengkak.

Chlorhexidine mempunyai banyak jenis, mulai dari salep, larutan, dan obat kumur. Tapi khusus untuk obat gusi bengkak, gunakanlah varian obat kumur.

Kumur-kumur dengan obat ini setelah kamu menyikat gigi. Ingat, chlorhexidine tidak boleh ditelan!

Konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengkonsumsi obat ini, khususnya bila kamu baru saja melakukan sejumlah perawatan gigi. Misalnya seperti veneer gigi, pasang gigi palsu, atau menambal gigi bolong, Begitu pula bagi kamu yang punya riwayat penyakit gusi periodontitis.

Mudah sekali bukan mengobati gusi bengkak? Semoga bermanfaat.