Terbukti Ampuh, Begini Cara Mengusir Tikus dari Rumah

29 Jan 2020  Isfatu Fadhilatul

Terbukti Ampuh, Begini Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Ilustrasi cara mengusir tikus dari rumah - Image from id.pinterest.com

Yuk, cari tahu cara mengusir tikus dari rumah berikut ini.

Selain menjijikkan, keberadaan tikus di rumah juga membuat cemas. Pasalnya, hewan satu ini gemar merusak, memakan, serta mengotori seisi rumah. Nggak cuma memakan makanan yang tergeletak di meja saja, bahkan tikus juga sering memakan kabel, sabun, pakaian, dan peralatan lainnya. Oleh karena itu, keberadan hewan ini sangat tidak diharapkan.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa menggunakan 12 cara mengusir tikus dari rumah berikut ini untuk mengatasinya.

Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Tikus merupakan hewan kecil yang dibenci oleh banyak orang. Hewan ini biasa hidup di tempat yang kotor, misalnya seperti got, pipa, sawah, bahkan tempat sampah. Oleh karena itu, nggak heran jika tikus dapat membawa kotoran dan kuman ke dalam rumah. Jika sudah begini, tentu memicu beragam penyakit.

Tahukah kamu, air kencing tikus memiliki bau menyengat dan mengandung bakteri yang berbahaya lho? Ya, bakteri Leptospira Interrogans disebarkan melalui urine ataupun darah hewan yang terinfeksi bakteri ini, salah satunya yaitu tikus.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara mengusir tikus dari rumah tanpa racun, karena menggunakan beragam bahan alami. Cara alami ini sudah terbukti dan dijamin ampuh. Selain itu, alat dan bahannya pun tergolong murah dan mudah dicari.

Tak usah lama-lama lagi, mari simak ulasan lengkap tentang 12 cara mengusir tikus dari rumah paling ampuh berikut ini.
1. Menggunakan buah mengkudu

Terbukti Ampuh, Begini Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Ilustrasi cara mengusir tikus dari rumah dengan mengkudu - Image from id.pinterest.com

Cara mengusir tikus dari rumah dan tidak kembali lagi yang pertama adalah menggunakan buah mengkudu. Caranya mudah kok, kamu hanya perlu menyiapkan
wadah dan pisau. Lalu potong buah mengkudu hingga terbagi menjadi beberapa bagian.

Letakkan potongan-potongan tersebut di sudut rumah yang menjadi sarang tikus. Dan bimsalabim, dijamin tikus nggak bakal berani kembali lag. Eits, tapi ingat ya! segera ganti potongan mengkudu jika sudah mulai mengering.

Baca Juga: 20+ Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Bubuk kopi

Tahukah kamu, selain bagus untuk kesehatan dan kecantikan, bubuk kopi juga bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus dari rumah paling ampuh loh! Hal ini karena ternyata tikus memiliki indra penciuman yang tajam, ia selalu menggunakan penciumannya untuk melacak jejak yang ditinggalkan.

Seperti yang kita ketahui bersama, bubuk kopi pun memiliki aroma yang tajam. Aroma seperti ini tidak disukai oleh tikus, sehingga ia akan menghindari area yang ada bubuk kopinya.

Caranya cukup sederhana, yaitu siapkan bubuk kopi hitam secukupnya, lalu taburkan di sudut rumah yang sering dilalui oleh tikus. Gampang banget,kan? Oh iya, jangan lupa, bubuk kopi yang digunakan harus kopi hitam, ya!

3. Kulit telur

Terbukti Ampuh, Begini Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Ilustrasi cara mengusir tikus dari rumah dengan kulit telur - Image from id.pinterest.com

Buat kamu yang suka mengkonsumsi telur, jangan dulu membuang kulit telurnya ya! Karena bagian ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengusir tikus dari rumah selamanya.

Caranya bukan dengan menaruhnya begitu saja, tapi kamu harus menghaluskannya terlebih dahulu. Cukup siapkan beberapa cangkang telur, lalu keringkan dengan cara dijemur atau dimasukkan ke dalam oven, kemudian tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk. Selanjutnya, taburkan bubuk kulit telur ke area rumah.

Bukan hanya tikus, bahan alami ini juga bisa dipakai untuk mengusir semut dan kecoa lho! Tapi jika hama-hama itu tak ada di rumahmu, maka kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai pupuk organik.

4. Lada bubuk 

Cara mengusir tikus dari rumah selanjutnya adalah dengan lada bubuk. Hal ini karena senyawa piperin yang ada pada lada sangat menyengat, dan akan membuat tikus merasa terganggu dan pergi dari rumah selamanya. Caranya nggak sulit kok, cukup taburkan lada bubuk di sudut-sudut yang terdapat tikus.

5. Irisan bawang putih

Terbukti Ampuh, Begini Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Ilustrasi cara mengusir tikus dari rumah dengan bawang putih - Image from id.pinterest.com

Bagaimana cara mengusir tikus dari rumah tanpa membunuh? Jawabannya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bau dari bahan dapur ini dianggap tikus sangat menjijikkan, oleh karena itu ia tidak menyukai aroma dari bawang. Caranya simpel saja, cukup letakkan irisan bawang di tempat yang sering tikus datangi atau di tempat persembunyiannya, dijamin deh, tikus nggak akan betah berlama-lama di sana.

Selain itu, ada pula cara lainnya, yaitu:

  • Iris bawang putih menjadi beberapa bagian.
  • Bungkus bawang putih dengan kain kasa.
  • Letakkan bungkusan bawang putih di area yang sering dilalui oleh tikus.
  • Diamkan selama beberapa hari dan dijamin tikus nggak akan berani datang lagi.

Baca Juga:
1. 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan
2. 7 Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan dan Kecantikan

6. Daun sirsak

Cara selanjutnya adalah menggunakan daun sirsak. Bahan ini mengandung zat perangsang yang mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai oleh tikus. Begini cara mengusir tikus dari rumah tanpa membunuhnya menggunakan daun sirsak:

  • Siapkan beberapa lembar daun sirsak.
  • Blender atau cukup sobek-sobek daun sirsak menjadi bagian kecil.
  • Simpan di area atau sudut yang sering dilalui oleh tikus.
  • Ganti daun sirsak jika sudah mengering.
  • Aroma yang keluar dari daun sirsak adalah salah satu aroma yang dibenci oleh tikus.

7. Daun Mint

Selain daun sirsak, daun mint juga bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus dari rumah lho! Caranya cukup mudah, yaitu siapkan beberapa lembar daun mint, lalu blender hingga halus. Campurkan dengan sedikit air, lalu pindahkan ke dalam wadah semprotan. Semprotkan cairan daun mint ini ke area yang sering dilalui oleh tikus.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

8. Merica

Kita coba menggunakan bumbu dapur lagi, yuk! Kali ini kita akan menggunakan merica. Jangankan tikus, indra penciuman manusia pun pasti akan sangat terganggu jika menghirup bubuk merica.

Hal ini karena bumbu dapur yang satu ini memiliki aroma dan rasa yang pedas, yang tentu saja tidak disukai oleh tikus. Cukup taburkan bubuk merica di sudut-sudut rumah yang sering dilalui oleh tikus, dan bimsalabim tikus-tikus yang ada di rumah akan kabur dan tak berani kembali lagi.

9. Cengkeh

Terbukti Ampuh, Begini Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Ilustrasi cara mengusir tikus dari rumah dengan cengkeh - Image from id.pinterest.com

Siapa yang sih yang nggak suka wangi cengkeh? Biji yang satu ini memiliki aroma yang harum dan menenangkan. Nggak heran kita sering menggunakannya sebagai campuran makanan dan minuman untuk menggugah selera.

Tapi untungnya, hal itu tidak berlaku untuk tikus. Aroma wangi yang dihasilkan cengkeh menjadi salah satu hal yang sangat dibenci oleh hewan satu ini. Begini cara mengusir tikus dari rumah menggunakan cengkeh:

  • Masukkan beberapa cengkeh ke dalam kain kasa.
  • Tunggu beberapa hari hingga cengkeh benar-benar kering.
  • Letakkan bungkusan cengkeh di sudut-sudut ruangan yang sering dilalui oleh tikus.
  • Pastikan cengkeh yang digunakan adalah cengkeh yang benar-benar kering, ya!

10. Bedak bayi

Nggak melulu menggunakan bahan dapur, kali ini kita menggunakan kosmetik yaitu bedak bayi. Bedak bayi bertekstur lembut yang kita anggap harum ini ternyata tak disukai oleh tikus loh! Pastinya penciuman tikus akan sangat terganggu dengan aroma-aroma menyengat termasuk bedak bayi.

Cukup taburkan bedak bayi secukupnya ke sudut atau area yang dilewati oleh tikus. Tapi ingat ya, jangan menaburkan bedak bayi dekat dengan makanan.

11. Kantung teh

Terbukti Ampuh, Begini Cara Mengusir Tikus dari Rumah

Ilustrasi cara mengusir tikus dari rumah dengan kantung teh - Image from id.pinterest.com

Tahukah kamu, mengusir tikus dari dalam rumah ternyata bisa dengan menggunakan kantung teh loh? Ya, peppermint dalam kantung teh berfungsi untuk mengusir tikus karena bisa menyebabkan iritasi pada hidung tikus. 

Dengan begitu, indra penciumannya tidak akan berfungsi lagi dengan baik, dan hewan kecil ini akan segera meninggalkan rumah. Cara mengusir tikus dari rumah dengan kantong teh cukup mudah kok, yaitu tempatkan beberapa bekas kantung teh di dekat sarang tikus atau area dan sudut yang sering didatangi tikus dan lihat hasilnya.

12. Campuran bubuk cabai dengan deterjen dan air

Cara mengusir tikus dari rumah yang terakhir adalah dengan menggunakan campuran saus atau bubuk cabai dengan deterjen dan air. Taruh campuran tersebut ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan cairan tersebut ketika tikus muncul. Cairan ini bisa dibilang cukup efektif karena tikus akan merasa panas dan kemudian akan lari.

Nah, itulah tadi 12 cara mengusir tikus dari rumah yang wajib kamu coba. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa