10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

 25 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

Daun tin - Image from simplesite.com

Banyak yang belum tahu, selain buah tin, ternyata daun tin juga mempunyai manfaat yang sangat banyak. Berikut penjelasan tentang manfaat daun tin.

Daun tin mendapat julukan sebagai tanaman dari surga, hal ini tidak hanya bermakna bahwa tanaman tersebut merupakan tanaman yang berasal dari salah satu pohon di surga, melainkan juga bermakna konotasi bahwa daun tin sudah teruji secara ilmiah dan empirik mempunyai segudang manfaat untuk tubuh dan juga kecantikan.

Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut kita akan membahas tentang manfaat daun tin kering untuk kecantikan dan juga untuk kesehatan.

Baca Juga :
1. 10 Manfaat Seledri untuk Tubuh dan Kecantikan
2. 10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak dan Ibu Hamil
3. 8 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat Daun Tin Kering

Seperti namanya, daun tin merupakan daun yang berasal dari pohon tin (Ficus carica) dan termasuk ke dalam famili Moraceae. Dalam bahasa Inggris, daun tin dikenal dengan sebutan fig leaf.

Daun tin yang merupakan bagian terbaik kedua dari pohon tin ini merupakan daun yang sangat spesial dan ajaib. Sampai-sampai keunggulan daun tin tersebut disebutkan dalam beberapa kitab suci yaitu Al Qur’an, Injil, Taurat, dan Ayurveda (kitab pengobatan umat Hindu).

Selain telah disebutkan dalam beberapa kitab suci, manfaat daun tin juga telah dibuktikan secara ilmiah lewat banyak penelitian. Oleh karena itu, daun tin seringkali digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa masalah medis.

Dan berikut beberapa manfaat daun tin untuk tubuh dan juga untuk kecantikan.

1. Mengobati batu ginjal

10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

Batu ginjal - Image from www.dokter.id

Daun tin mengandung senyawa yang secara medis disebut saponin dan alkaloid, kedua senyawa tersebut mempunyai manfaat sebagai diuretik masalah batu ginjal.

Jadi, daun tin bermanfaat untuk membersihkan batu ginjal yang mengendap di dalam ginjal dan saluran kemih, sehingga batu ginjal yang telah mengeras itu pun bisa terbuang saat buang air kecil.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

Imunitas tubuh - Image from www.kanal247.com

Imunitas tubuh dapat ditingkatkan dengan daun tin, hal ini disebabkan karena daun tin mampu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Ini bukanlah asumsi belaka, karena telah diperkuat oleh hasil riset yang mengatakan bahwa daun tin mampu merangsang produksi antibody dan sel limfosit yang dapat menghancurkan pathogen yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan begitu, penggunaan daun tin dapat menangkal berbagai mikroba penyebab penyakit seperti virus, jamur, dan bakteri, sehingga tubuh mengalami peningkatan daya tahan dan tidak mudah sakit.

3. Meredakan nyeri

Dilansir dari laman doktersehat.com, daun tin mempunyai kandungan flavonoid yaitu quercetin dan luteolin. Yang mana kandungan flavonoid tersebut mempunyai sifat anti inflamasi sehingga mampu mengurangi rasa nyeri.

4. Menurunkan gula darah

10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

Daun tin bermanfaat menurunkan gula darah - Image from www.soundsleephealth.com

Daun tin dipercaya mampu mengobati penyakit diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini sudah diteliti oleh C Perez, seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran Universidad de Extremadura Spanyol.

Ia mengatakan bahwa air rebusan daun tin atau teh seduhan daun tin mengandung senyawa aktid. Senyawa aktid ini mempunyai kesamaan seperti hormon insulin, yang mana bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah yang berlebih.

5. Meningkatkan metabolisme protein dan lemak

Selain menurunkan gula darah, daun tin juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme zat gizi makro yaitu protein dan lemak, hal ini disebabkan karena daun tin mengandung saponin, alkaloid, dan juga flavonoid. Ketiga kandungan tersebut mampu membantu perbaikan metabolisme protein dan lemak di dalam tubuh. 

6. Sebagai obat antikanker 

10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

Ilustrasi anti kanker - Image from Steve Gschmeissner/Science Photo Library

Beberapa peneliti dari Iran membuktikan bahwa daun tin muda dapat bermanfaat sebagai antikanker. Manfaat ini bisa didapatkan dengan cara menggunakan getah yang ada di dalam pucuk daun tin muda.

Getah dalam daun tin muda mampu menekan pertumbuhan sel kanker, karena getah tersebut mengandung ficin, yaitu enzim cystein proteinase yang dapat memicu apoptosis pada sel kanker sehingga membuat sel-sel kanker mampu melakukan penghancuran sendiri.

7. Memperbaiki fungsi hati

10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

Ilustrasi fungsi hati - Image from www.shutterstock.com

Daun tin dipercaya mampu memperbaiki fungsi hati yang rusak, hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan seorang peneliti dari India, yaitu Gond NY, dan Khadabadi SS.

8. Mengobati asam urat

Manfaat daun tin untuk asam urat dapat dirasakan bahkan setelah 4-5 hari mengkonsumsi teh ekstrak daun tin secara rutin. 

9. Bermanfaat untuk rambut

10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

Ilustrasi rambut sehat - Image from www.mediavoria.com

Dari sisi kecantikan, buah dan daun tin dapat digunakan untuk memperkuat dan melembabkan rambut, serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Melihat bagusnya manfaat daun tin untuk rambut ini, maka tidak heran apabila buah dan daun tin menjadi bahan populer untuk pembuatan shampo, kondisioner, bahkan masker rambut. 

10. Manfaat daun tin untuk lambung

Buah tin juga dapat digunakan untuk menjaga dan melancarkan saluran pencernaan. Ya, manfaat buah tin dan daunnya ini seringkali digunakan untuk mengatasi sembelit dan masalah lambung, sehingga membuat sistem pencernaan dapat bekerja lebih maksimal.

Nah, melihat banyaknya manfaat yang dimiliki oleh daun tin, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?