7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

 25 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Bawang putih tunggal - Image from shutterstock.com

Berikut penjelasan tentang manfaat bawang putih tunggal yang tidak banyak orang tahu.

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang mempunyai banyak khasiat. Enzim allicin yang terkandung di dalamnya ternyata mampu mengatasi berbagai penyakit dan juga masalah kulit. Selain bawang putih yang biasanya kita pakai untuk bumbu dapur, ternyata bawang putih juga mempunyai 'keluarga', yaitu bawang putih tunggal.

Bawang putih tunggal manfaatnya sangatlah banyak, berikut ini kami tampilkan selengkapnya mengenai manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan dan kecantikan. 

Baca Juga :
1. 10 Manfaat Seledri untuk Tubuh dan Kecantikan
2. 10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak dan Ibu Hamil
3. 10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal adalah bawang putih yang hanya mempunyai 1 siung saja. Sama seperti bawang-bawang lainnya, bawang putih tunggal juga mengandung minyak atsiri, senyawa allicin dan kandungan lainnya.

Bawang putih memiliki bentuk yang bulat dan warnanya pun jauh lebih putih daripada bawang biasa. Dalam pengobatan tradisional atau dalam bahasa Jawa, bawang putih tunggal disebut dengan istilah bawang lanang. Sementara di barat, bawang putih tunggal dikenal dengan nama solo garlic atau single clover garlic.

Selain bawang putih tunggal, kini juga sudah ada varian bawang putih tunggal hitam, yaitu bawang putih tunggal mentah yang diproses dalam kelembaban dan kurun waktu tertentu, sehingga gula yang terkandung di dalamnya akan terkaramelisasi secara sempurna dan dipecah secara bertahap.

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah manfaat bawang putih tunggal saja, mungkin di lain kesempatan kita bisa membahas tentang manfaat bawang putih tunggal hitam.

Manfaat bawang putih tunggal dapat dirasakan oleh tubuh secara keseluruhan, baik dikonsumsi secara mentah atau matang, dioles atau diambil sarinya, kandungan yang ada dalam bawang putih tunggal akan tetap memberikan manfaat yang besar bagi tubuh.

Lalu apa saja manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

1. Bawang putih tunggal untuk kolesterol

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Ilustrasi kolesterol - Image from www.releaseinsider.com

Kandungan allicin yang ada dalam bawang putih tunggal terbukti mampu menekan jumlah kolesterol total dalam tubuh.

Hal tersebut bukanlah dugaan semata, karena sudah lebih dari 12 penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih tunggal selama 4 minggu berturut-turut, dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 12%.

Cara mengkonsumsinya yaitu kupaslah bawang putih tunggal, kemudian rebus dengan air atau dengan cara dihaluskan.

2. Bawang putih tunggal untuk diabetes

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Ilustrasi diabetes.jpg - Image from pharmafield.co.uk

Diabetes tipe II dapat terjadi ketika gula darah pada tubuh terlalu tinggi. Jika gula darah makin tidak terkontrol, maka akan menimbulkan penyakit lain.

Bawang putih lanang mempunyai sifat hipoglikemik yang dapat menurunkan kadar gula darah. Cara mengonsumsinya yaitu dengan menggepreknya terlebih dahulu, kemudian dikunyah mentah-mentah.

Apabila susah, Anda bisa mencampurnya dengan madu sebagai penambah rasa, tapi Anda harus memastikan bahwa madu yang digunakan adalah madu rendah gula, hal ini agar campuran bawang putih tunggal dan madu tersebut tetap memiliki khasiat.

3. Bawang putih tunggal untuk asma 

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Ilustrasi asma - Image from tirto.id

Asma merupakan jenis penyakit radang, oleh karena itu tak heran apabila bawang putih tunggal yang mempunyai sifat anti peradangan mampu mengatasi penyakit asma.

Cara penggunaannya pun hampir sama, yaitu dengan menghaluskan bawang putih tunggal kemudian mencampurnya dengan madu, lalu diminum setelahnya.

4. Bawang putih tunggal dapat menyehatkan jantung

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Ilustrasi jantung - Image from ilustrasi

Bawang putih tunggal mampu mengontrol tekanan darah dan kolesterol, sehingga dapat mengurangi risiko aterosklerosis, yaitu gangguan yang terjadi pada organ jantung.

5. Bawang putih tunggal untuk ambeien 

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Ilustrasi ambeien.jpg - Image from hellosehat.com

Bawang putih tunggal tinggi akan kandungan allicin yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan anti-bakteri, sehingga dipercaya mampu meredakan ambeien.

Cara menggunakannya pun mudah, Anda dapat menghaluskan bawang putih tunggal, kemudian mengoleskannya pada area sekitar anus. Jika susah, Anda juga dapat mengkonsumsi bawang putih tunggal dengan cara menjadikannya jus sayuran.

6. Bawang putih tunggal dapat meningkatkan imunitas tubuh

Bawang putih tunggal mengandung enzim alliinase dan alliin yang dapat menangkal virus. Sehingga jika Anda mengkonsumsinya dengan takaran yang sesuai, maka Anda akan memiliki daya tahan atau imunitas yang tinggi, sehingga Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

7. Bawang putih tunggal untuk menyembuhkan flu

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

Ilustrasi flu.jpg - Image from wexnermedical.osu.edu

Bawang putih tunggal memiliki kandungan yang mampu memperbaiki sistem imun. Diantaranya seperti vitamin C, selenium hingga sulfur. Tiga senyawa tersebut sangat berkhasiat untuk menyembuhkan flu.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu cincang bawang putih tunggal sampai halus, masukkan ke dalam satu gelas air, aduk hingga merata.

Nah, selain cara diatas, ada metode lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengkonsumsi bawang putih tunggal, yaitu dengan cara mencampurnya dengan madu. Untuk membuat campuran tersebut, kita memerlukan :

  • 1 cangkir madu
  • 10 siung bawang putih tunggal
  • 1 toples kaca

Cara membuatnya :

  1. Iris bawang putih tunggal menjadi potongan-potongan kecil.
  2. Tuangkan madu ke dalam toples, tambahkan bawang putih potong.
  3. Tutup rapat toples kaca, simpan di tempat yang gelap selama satu minggu.
  4. Setelah satu minggu, campuran bawang putih dan madu bisa dikonsumsi.
  5. Cara terbaik mengkonsumsinya yaitu sebelum sarapan pagi, ambillah 1 sendok ramuan ini, kemudian encerkan dengan air hangat.
  6. Lakukanlah metode ini selama 7 hari, kemudian berikan jeda selama beberapa minggu.
  7. Ulangi lagi prosedurnya.

Bawang putih tunggal direndam madu mempunyai khasiat yang tidak bisa kita remehkan, diantaranya yaitu :

  • Melancarkan aliran darah
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meregenerasi sel kulit
  • Mengendalikan kolesterol jahat alias LDL
  • Mengobati batuk

Mungkin bagi Anda yang masih asing dengan bawang putih tunggal, Anda akan bertanya "bawang putih tunggal harganya berapa?".

Nah, harga bawang putih tunggal memang terbilang agak mahal dari bawang putih biasa, yaitu berkisar antara Rp. 100.000 - Rp. 200.000 per kilonya. Tapi mengetahui begitu banyak manfaat yang dimiliki, rasanya tidak akan rugi jika membeli bawang putih tunggal ini. Semoga bermanfaat.