7 Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

20 Jan 2020  Isfatu Fadhilatul

7 Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Ilustrasi manfaat black garlic - Image from id.pinterest.com

Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan dan Kecantikan - Cari tahu beragam manfaat black garlic berikut ini.
Mungkin bagi kebanyakan orang, bawang merah dan bawang putih merupakan bahan dapur yang sudah biasa. Tapi tahukah kamu, ternyata ada yang namanya black garlic atau bawang hitam, lho?
Yap, dibalik warnanya yang gelap ini, tersimpan banyak sekali manfaat. Dan berikut kami akan merangkum 7 manfaat black garlic bagi kesehatan dan juga kecantikan. 

Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan Tubuh

Black garlic atau bawang hitam merupakan hasil fermentasi bawang putih yang melibatkan suhu tinggi sehingga menghasilkan isi yang hitam. Rasa black garlic sedikit manis, bertekstur lembut, gurih dan terasa lebih kenyal.
Bawang hitam termasuk obat herbal yang memiliki segudang kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahan ini dapat memenuhi kebutuhan harian kamu untuk vitamin C sebanyak 71 persen, kalsium sebanyak 25 persen, zat besi 13 persen, karbohidrat 15 persen, dan kebutuhan serat sebanyak 11 persen.
Manfaat black garlic tunggal sangatlah banyak, mulai dari menjaga berat badan, mencegah kanker, mengobati sakit gigi, hingga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Nah, daripada penasaran, yuk simak 7 manfaat black garlic bagi kesehatan dan juga kecantikan berikut ini.
1. Sumber antioksidan

7 Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Ilustrasi manfaat black garlic sebagai antioksidan - Image from id.pinterest.com

Manfaat black garlic tunggal yang pertama adalah ia bisa berperan seperti jeruk, kiwi, blueberry, dan buah lainnya yang kaya akan antioksidan.
Perlu diketahui, jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber antioksidan tinggi, maka secara otomatis tubuh kita akan kebal terhadap berbagai penyakit seperti jamur, virus, serta bakteri.
2. Mengatasi diabetes

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa bawang hitam berfungsi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, sehingga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.
Nah, manfaat black garlic untuk diabetes ini disebabkan karena bawang hitam mampu membantu meningkatkan produksi insulin yang berguna untuk mengurangi kadar gula darah. Oleh karena itu, jika kamu memiliki gula darah yang tinggi, cobalah mengkonsumsi bawang hitam agar gula darah bisa stabil kembali.
3. Menurunkan kolesterol

7 Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Ilustrasi manfaat black garlic untuk mengatasi kolesterol - Image from id.pinterest.com

Selain menurunkan gula darah, black garlic juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi bawang hitam secara rutin, maka bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah hingga mencapai 15 persen.

Baca Juga : 10 Manfaat Seledri untuk Tubuh dan Kecantikan
4. Mencegah kanker

7 Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Ilustrasi manfaat black garlic untuk mengatasi penyakit kanker - Image from id.pinterest.com

Dilansir dari laman liputan6.com, beberapa penelitian yang dikutip dalam ulasan Intechopen pada Februari 2019 silam mendukung manfaat bawang putih hitam terkait kanker.
Bahan makanan ini telah terbukti secara efektif mampu menginduksi kematian sel kanker, mencegah metastasis, serta menghambat pertumbuhan tumor.
Selain itu, sebuah studi in vitro 2014 menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih hitam yang sudah berumur bisa membunuh serta mengurangi pertumbuhan sel kanker usus besar secara efektif.
Sementara studi in vitro lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Research Practice melaporkan bahwa ekstrak bawang putih hitam yang sudah tua mampu menurunkan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel leukemia.
Sebuah studi juga menemukan bahwa kandungan diallyl sulfida dalam black garlic dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh secara efektif.
Bawang hitam mampu menurunkan molekul JNK dan p38 MAPK yang memicu pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Peran atau manfaat black garlic untuk kanker di sini adalah sebagai ‘racun’ yang merusak, menghambat pertumbuhan, serta mematikan sel kanker.
5. Menurunkan risiko preeklampsia selama masa kehamilan

7 Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Ilustrasi manfaat black garlic untuk mencegah preeklampsia - Image from id.pinterest.com

Salah satu manfaat black garlic untuk Ibu hamil adalah mampu menurunkan segala resiko preeklampsia.
Preeklampsia sendiri adalah kondisi tekanan darah tinggi yang berpotensi membahayakan selama masa-masa kehamilan. Kondisi ini pun juga dapat terjadi pada satu dari sepuluh Ibu hamil lainnya. Apabila preeklampsia tidak diatasi, maka dapat merusak berbagai organ di dalam tubuh seperti ginjal. 

Baca Juga :
1. 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan
2. 10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak dan Ibu Hamil
6. Manfaat black garlic untuk kulit

7 Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Ilustrasi manfaat black garlic untuk mengatasi masalah kulit - Image from id.pinterest.com

Apabila kamu mempunyai masalah dengan komedo di hidung yang mengganggu, maka manfaatkanlah bawang hitam. Caranya mudah kok, cukup haluskan black garlic kemudian oleskan di sekitaran wajah ataupun hidung yang berkomedo, lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang mulus.
Selain mengatasi komedo, ada pula manfaat black garlic untuk kecantikan lainnya, yaitu mengatasi jerawat. Siapkan satu siung bawang putih hitam yang telah dihaluskan, lalu oleskan di jerawat untuk membuatnya mengempis dan secara perlahan menghilang.
7. Manfaat black garlic untuk asam urat

7 Manfaat Black Garlic Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Ilustrasi manfaat black garlic untuk mengatasi asam urat - Image from id.pinterest.co

Kandungan antioksidan alami pada black garlic disebut-sebut bisa melindungi persendian. Selain itu, sifat antioksidannya ini juga bisa mencegah radikal bebas dan oksidasi yang dapat menyebabkan radang pada sendi.
Oleh karena itu, manfaat black garlic untuk asam urat selain sebagai penghambat radikal bebas dan oksidasi, serta menghambat kerusakan sendi, juga bisa mencegah terjadinya kerusakan pada tulang rawan.
Nah, itulah tadi 7 manfaat black garlic bagi kesehatan dan juga kecantikan ini, semoga bermanfaat.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa