20+ Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan 

 18 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

20+ Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Ilustrasi manfaat buah mengkudu untuk kesehatan - Image from www.sehatq.com

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan berikut penjelasan lengkap tentang manfaat buah mengkudu.

Banyak orang yang meyakini bahwa buah mengkudu mempunyai manfaat yang sangat banyak, mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga sebagai bahan pengobatan. Lalu benarkah hal tersebut? Berikut ulasannya.

Baca Juga :
1. 10 Manfaat Daun Tin Untuk Tubuh dan Kecantikan
2. 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan
3. 10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Apa Itu Buah Mengkudu?

Mengkudu (Tahitian noni) adalah buah-buahan berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Berbagai macam zat yang terkandung dalam buah mengkudu mempunyai segudang manfaat, salah satunya adalah kalium, yaitu sejenis mineral yang bermanfaat untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

Lalu apa saja manfaat lainnya dari buah mengkudu? Simak penjelasannya berikut ini. 

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Berdasarkan hasil penelitian tahap awal, mengkonsumsi 6-8 gram buah mengkudu setiap harinya, mampu meningkatkan energi dan meredakan rasa sakit pada penderita kanker stadium lanjut. Akan tetapi, buah mengkudu belum terbukti secara klinis efektif untuk mengubah atau mengurangi ukuran tumor.

Mengkudu juga memiliki banyak sekali manfaat lain, di antaranya :

  1. Meningkatkan stamina.
    Minum jus buah mengkudu atau campuran mengkudu dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

  2. Mengurangi mual setelah operasi.
    Meskipun tidak bisa menghentikan gejala muntah-muntah secara langsung, namun buah mengkudu mampu mengurangi rasa mual pasca operasi.

  3. Menurunkan tekanan darah tinggi.
    Mengkonsumsi empat ons jus mengkudu setiap hari selama satu bulan, dipercaya mampu membantu mengurangi tekanan darah.

  4. Meredakan osteoarthritis.
    Mengkonsumsi tiga ons jus mengkudu setiap hari selama 1,5 bulan mampu membantu meredakan rasa sakit pada penderita osteoarthritis.

  5. Menurunkan risiko asam urat.
    Penelitian menunjukkan mengkonsumsi buah mengkudu mampu menurunkan risiko asam urat. Bahkan untuk penderita asam urat, mengkudu mampu mengurangi asam urat dalam darah.

  6. Mengurangi nyeri radang sendi.
    Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jus mengkudu efektif mengurangi nyeri radang sendi. Sifat analgesik dalam buah mengkudu juga mampu mengurangi nyeri sendi yang diakibatkan oleh artritis.

  7. Menurunkan kolesterol.
    Naiknya kolesterol dapat memicu terjadinya penyakit kardiovaskular yang berbahaya. Mengkonsumsi jus mengkudu bisa membantu mengurangi kolesterol dalam jumlah besar, serta meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan yang tinggi.

    Dimana lipoprotein ini merupakan jenis kolesterol yang baik. Selain itu, mengkudu juga mampu mengurangi lipoprotein densitas rendah, yaitu jenis kolesterol buruk.

  8. Mengatasi diabetes.
    Mengkudu mengandung proxeronine, yaitu bahan baku alkaloid dalam tubuh yang berfungsi untuk membuka pori–pori sel sehingga nutrisi bisa lebih mudah masuk ke dalam sel.

    Selain nutrisi, melebarnya pori-pori sel tersebut juga akan mempermudah sekresi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat. Nah, kemampuan alamiah proxeronine tersebut menjelaskan manfaat buah mengkudu untuk diabetes.

  9. Mencegah kanker. 
    Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif menyebutkan bahwa, jus mengkudu memiliki sifat yang mampu melawan tumor dan merangsang kekebalan tubuh. National Cancer Institute juga telah mendanai penelitian awal tentang jus mengkudu untuk perawatan dan pencegahan kanker payudara. 

  10. Mengurangi stres. 
    Jus mengkudu mampu membantu mengatasi stres. Selain itu, jus mengkudu juga mampu mengurangi efek stres pada fungsi kognitif. 

  11. Meningkatkan imunitas tubuh. 
    Sifat antibakteri, antijamur, antiinflamasi, dan antihistamin yang terkandung dalam buah mengkudu mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

  12. Mengobati demam. 
    Sifat antivirus dalam jus mengkudu dipercaya bisa membantu menghilangkan rasa meriang, batuk, demam, dan sakit pada tubuh.

  13. Mengobati iritasi kulit kepala.
    Sifat antibakteri pada buah mengkudu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus membantu mengobati iritasi pada kulit kepala.

  14. Melindungi kesehatan jantung.
    Jus mengkudu terbukti efektif mampu melindungi kesehatan jantung dengan cara meningkatkan aliran darah di arteri. Hal tersebut dapat membantu mengatur tekanan darah, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, orang yang mengkonsumsi jus mengkudu setiap hari, terbukti menunjukkan peningkatan profil lipid, berkurangnya LDL (kolesterol jahat), dan meningkatnya HDL (kolesterol baik).

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Wajah

Selain manfaat buah mengkudu bagi kesehatan, kita juga akan membahas tentang manfaat buah mengkudu bagi kulit wajah. Berikut selengkapnya.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit.
    Sifat analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi dalam buah mengkudu berperan besar dalam meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, mengkudu juga kaya akan asam lemak esensial, yaitu bahan pembangun lemak dan minyak dalam tubuh. Asam esensial tersebut bekerja untuk meningkatkan fungsi membran sel, sehingga mampu meningkatkan kesehatan kulit.

  2. Mengobati dermatitis pada wajah.
    Cara mengobati dermatitis pada wajah menggunakan mengkudu yaitu cukup oleskan jus mengkudu ke daerah yang terkena dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air tawar.

  3. Menjaga elastisitas kulit.
    Vitamin C dan selenium yang terkandung dalam jus mengkudu mampu melawan radikal bebas, menghilangkan efek penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan, serta menjaga elastisitas kulit. Jus mengkudu juga digunakan untuk mengobati jerawat dalam pengobatan tradisional Polinesia lho! 

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Rambut

Untuk Anda yang mempunyai sejumlah masalah rambut, jangan khawatir. Karena mengkudu mempunyai segudang manfaat untuk rambut, diantaranya :

  1. Mengatasi rambut rontok.
    Gunakan mengkudu sebagai masker untuk mengatasi rambut yang rontok, caranya yaitu campurkan mengkudu yang sudah dihaluskan dengan kuning telur bebek, kemudian oleskan pada rambut. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit, lalu cuci dengan shampo seperti biasa. Jangan lupa ya, bilas masker ini sampai bersih karena bau dari campuran mengkudu dengan kuning telur sangat menyengat.

  2. Menghilangkan ketombe.
    Cara menghilangkan ketombe dengan mengkudu adalah haluskan buah mengkudu dan oleskan pada rambut, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan shampo hingga bersih.

  3. Membasmi kutu rambut.
    Untuk Anda yang memiliki masalah kutu rambut, Anda bisa menggunakan mengkudu sebagai alternatif terbaik. Caranya yaitu dengan membuat jus mengkudu, kemudian pakai jus tersebut sebagai shampo untuk keramas. Lakukan cara ini secara rutin, minimal dua hari sekali untuk mendapatkan kepala bersih dari larva dan telur kutu.

  4. Menghitamkan rambut.
    Cara menghitamkan rambut dengan menggunakan mengkudu yaitu
    rebus beberapa lembar (7 lembar) daun pandan sampai mendidih, dan diamkan selama semalaman. Kemudian campurkan air pandan tersebut dengan mengkudu yang sudah dihaluskan, lalu pakaikan pada rambut sebagai masker.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan dan Kecantikan demikianlah penjelasan tentang manfaat buah mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan ini. Semoga bermanfaat.