12 Keistimewaan Al-Qur'an

 18 Jun 2019  Putri Alh
12 Keistimewaan Al-Qur'an

Images konsultasisyariah.com

Al-Qur'an adalah kitab suci bagi umat islam. Umat muslim percaya bahwa Al-Qur'an difirmankan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui malaikat jibril, yang berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 2 hari. Faedah membaca Al-Qur'an yaitu membuat hati menjadi tenang, dan mendapatkan pahala.

Membaca Al Quran merupakan ibadah, selain dibaca kita juga harus memahami dan mengamalkan isi Al Quran itu juga. Sebab beberapa hal yang menyangkut aturan berupa perintah dan larangan Allah ada di dalamnya.

Al Quran juga memiliki banyak keistimewaannya. Kehidupan manusia sejak pertama kali lahir ke dunia hingga kematian menjemput tak akan lepas dari kabar yang sudah termaktub dalam Al Quran tersebut.

Alangkah baiknya kita selain membaca juga memahami isi serta keistimewaannya berikut ini.

Fungsi Al-Qur'an untuk Manusia 

1. Al Huda (Petunjuk)

Al-Qur'an mempunyai fungsi sebagai petunjuk bagi orang yang bertaqwa dan beriman saja tetapi juga seluruh manusia. Orang beriman mengakui bahwasannya Nabi Muhammad Saw asalah utusan Allah dan allah merupakan tuhan yang wajib disembah dan ibadahi dengan benar alam semesta.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini:

“Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Al Quran) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS Al A’raf: 52)

2. Al Furqon (Pemisah)

Al furqon ini memiliki pemisah antara hak dan batil,antara yang benar dan salah. Seseorang dapat mengetahui mana yang benar dan salah apabila belajar memahami Al-Qur'an.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini:

“Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS Al Maidah : 16)

3. Asy Syifa (obat)

Penyakit-penyakit yang ada di dalam tubuh manusia yaitu penyakit fisik dan mental. Cara menanggulangi agar terhindar dari penyakit adalah dengan membaca Al-Qur'an, karena Al-qur'an memberikan pencerahan bagi seseorang yang beriman.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini:

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (QS An Nisa : 59)

4. Al-Mau'izah (nasihat)

Al-Qur'an mempunyai fungsi sebagai nasehat bagi orang yang bertaqwa. Di dalam Al-Qur'an menjelaskan tentang suatu peristiwa yang bisa kita ambil hikmahnya.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini:

“Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Dan janganlah kamu mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah).” (QS Al-Isra : 39)

Manfaat Membaca Al-Qur'an

1. Dapat mendapatkan pahala dalam kebaikan

2. Dapat memberikan derajat dan wibawa lebih baik

3. Memberikan syafaat ketika hari kiamat tiba

4. Memperoleh rahmat dan lindungan oleh malaikat

5. Agar selamat dunia akhirat

6. Agar hati lebih tenang.

Jumlah ayat Al-Qur'an ada 6666 Ayat, 114 Surat, dan 30 juz. Di dalam Al-Qur'an surat digolongkan menjadi 2 yaitu Makiyah (Surat mekkah) dan Madaniyah (surat madinah). Pembagian ini berdasarkan tempat dan waktu Nabi Muhammad Saw melakukan hijrah.

Berikut ini ulasan mengenai keistimewaan Al-Qur'an semoga kita bisa memahami keistimewaan Al-Qur'an.

Keistimewaan Al-Qur'an

1. Seseorang tidak sah apabila shalatnya tidak membaca ayat Al-Qur'an (Surat Al-Fatihah).

Sabda Rasulullah SAW.

اَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ

“Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca surat al-Fatihah”.(HR. Bukhari Muslim)

2. Al-Qur'an mudah untuk dihafal

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk pelajaran”. [al-Qamar: 32]

3. Al-Qur'an merupakan mukjizat dan tidak seorangpun mampu untuk mendatangkan yang semisalnya.

 Allah SWT. Berfirman

أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ قُلْ فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِّثْلِهِ

“Atau (patutkah) mereka mengatakan: “Muhammad membuat-buatnya”. Katakanlah: “(Kalau benar apa  yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya … “. [Yunus: 38]

4. Al-Qur'an mendatangkan ketenangan bagi siapa saja yang membacanya

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

“Tidaklah berkumpul suatu kaum dalam suatu majlis kecuali turun pada mereka ketenangan dan diliputi oleh rahmat dan dikerumuni oleh malaikat dan Allah akan menyebutkan mereka di hadapan para malaikatnya”. [HR. Muslim].

5. AL-Qur'an hanya untuk orang hidup bukan mati

لِّيُنذِرَ مَن كَانَ حَيًّا

“Supaya dia (Muhammad) memberi peringatan kepada orang-orang yang hidup (hatinya)”. [Yaasiin: 70]

6. AL-Qur'an sebagai penawar (obat) hati dari penyakit syirik, dan nifak.

يَآأَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَآءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Rabbmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman”. [Yunus :57]

Baca Juga:

7. Al-Qur'an sebagai hakim atas kitab-kitab sebelumnya.

وَأَنزَلْنَآإِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ

“Dan Kami telah turunkan kepadamu Alquran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu”. [al-Maidah: 48]

8. Berita Al-Qur'an pasti benar dan hukumnya adil.

وَتَمَّتْ كَلِمَةُ رَبِّكَ صِدْقًا وَعَدْلاً لاَ مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ

“Telah sempurnalah kalimat Rabbmu (al-Qur’an), sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah-robah kalimat-kalimat-Nya” [al-An-‘aam: 115].

9. Al-Qur'an memenuhi semua kebutuhan hidup manusia.

Baik berupa aqidah, ibadah, hukum, mu'amalah, akhlaq, politik, ekonomi, dan permasalahan lainnya.

مَّافَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِن شَىْءٍ

“Tiadalah Kami lupakan sesuatu apapun di dalam Al-Kitab”. [al-An’aam: 38]

10. Di dalam Al-Qur'an terdapat kisah-kisah yang nyata dan tidak bersifat khayalan.

نَتْلُوا عَلَيْكَ مِن نَّبَإِ مُوسَى وَفِرْعَوْنَ بِالْحَقِّ

“Kami membacakan kepadamu sebagian dari kisah Musa dan Fir’aun dengan benar”. [al-Qashash: 3]

11. Al-qur'an mengumpulkan antara kebutuhan dunia akhirat.

وَابْتَغِ فِيمَآءَاتَاكَ اللهُ الدَّارَ اْلأَخِرَةَ ولاَتَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِن كَمَآأَحْسَنَ اللهُ إِلَيْكَ

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu”. [al-Qashash: 77]

12.Al-Qur'an mempunyai pengaruh yang kuat terhadap jiwa manusia dan jin

قُلْ أُوحِىَ إِلَىَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْءَانًا عَجَبًا {1} يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَئَامَنَّا بِهِ وَلَن نُّشْرِكَ بِرَبِّنَآ أَحَدًا

“Katakanlah (hai Muhammad0 :” Telah diwahyukan kepadaku bahwasanya : sekumpulan jin telah mendengarkan (al-Qur’an) , lalu mereka berkata : Sesungguhnya kami telah mendengarkan al-Qur’an yang menakjubkan (yang) memberi petunjuk kepada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seseorangpun dengan Rabb kami”. [al-Jin : 1-2]

Demikian artikel mengenai keistimewaan Al-Qur'an semoga bermanfaat.