Doa Agar Hati Tenang dan Pikiran Tenang (Lengkap Beserta Arti)

Penulis Vinka Febbyolla | Ditayangkan 16 Apr 2018


Doa Agar Hati Tenang Menghilangkan Perasaan Sedih, Marah, Gelisah, dan NegatifDoa agar hati tenang dan menghilangkan perasaan sedih - image © wajibbaca.com

Himpunan doa penenang hati daripada Al-Quran & hadist untuk meredakan perasaan sedih, marah, gelisah, stres, dan mengusir semua yang negatif.

Do'a dan Dzikir kepada Allah adalah ibadah yang sangat agung dan memiliki banyak faedah dan keutamaan bagi pelakunya baik di dunia maupun di akhirat.

Oleh karenanya, seorang muslim sudah semestinya bersikap istiqomah (kontinue) dalam memperbanyak doa dan dzikir setelah sholat di saat senang maupun sedih, dalam keadaan lapang maupun sempit, dan sehat maupun sakit.

Membaca doa setelah sholat adalah anjuran yang sangat luar biasa bila dijalankan.

Doa Ketenangan Hati

Doa penenang hati dan pikiran adalah bacaan yang di ucapkan ketika seseorang mengalami keresahan dalam jiwanya. 

Baik itu karena karena di phk dari pekerjaan, keadaan ekonomi tidak terlalu baik atau yang lainnya, maka dengan selalu mengamalkan doa ini insyaallah semua kecemasan serta hati yang tak menentu akan segera di hilangkan.

Doa penenang hati yang mana doa merupakan permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya.

Sedangkan sikap khusyu' dan tadharru' dalam menghadapkan tercapainya sesuatu yang dimohonkan, karena setiap orang islam senantiasa diuji dengan berbagai cobaan. 

Merasakan kesedihan karena sesuatu menimpa anda seperti gagal dalam ujian, sulit mencari pekerjaan, harta hilang, kematian yang menimpa keluarga anda, tidak mendapatkan sesuatau yang anda cita-citakan, jodoh tidak kunjung datang dan musibah-musibah lain.

Maka ada do'a yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Berikut doa dan amalan agar hati tenang, tidak gelisah, sabar serta ikhlas lengkap dengan artinya

Bacaan Doa Agar Hati Tenang Serta Tidak Gelisah

1. Doa agar hati tenang



2. Doa menenangkan hati


Hati adalah lentera yang terang bagi pemiliknya. Cahayanya mudah redup ketika kita merasakan kegelisahan yang menjelma dan telah merasuki serta mengelabuhi hati kita.

Sahabat, jangan biarkan cahaya hati semakin meredup berilah hati sarapan yang cukup karena sesugguhnya bukan hanya tubuh yang membutuhkan asupan tapi hati juga butuh akan hal-hal yang membangkitkan kebaikan di dalamnya.

BACA JUGA

Amalan Agar Hati Tenang

Di samping doa-doa penenang hati di atas, amalan-alaman berikut ini juga akan membuat hati tenang dalam menghadapi segala masalah.

1. Hadapi masalah dengan sabar

Saat mengalami suatu cobaan atau masalah yang sangat berat sehingga membuat hati menjadi tidak tenang, gelisah, dan lain sebagainya, maka cobalah untuk tetap bersabar.

Allah telah berfirman dalam surat Albaqarah ayat 153 yang artinya “Sesungguhnya Aku bersama orang-orang yang sabar”.

2. Membaca atau mendengarkan ayat-ayat Al-quran

Salah satu obat penawar penyakit hati adalah membaca ayat-ayat Alquran atau mendengarkan baik-baik orang yang sedang membaca Alquran.

Membaca atau mendengarkan Alquran dengan hati yang khusyuk akan membuat batin menjadi tentram, jiwa menjadi tenang, pikiran menjadi segar kembali, dan hidup menjadi terasa damai.

3. Membaca surat yassin

Surat Yassin mempunyai aura yang dapat menenangkan hati dan pikiran yang gelisah. Bacalah surat Yassin dengan khusyuk selepas salat wajib. InsyaAllah akan membuat hati Anda menjadi tenang.

4. Mendirikan salat tahajud

Dengan mendirikan salat tahajud, jiwa akan menjadi kuat dan hati akan mendapat ketenangan dalam menghadapi cobaan.

Selain itu, doa mustajab adalah doa yang dilakukan pada malam hari, yaitu sesudah salat tahajud. Setelah salat tahajud, bacalah doa-doa penenang hati yang telah dituliskan di atas.

5. Memperbanyak istighfar dan zikir kepada Allah

Ada dua amalan wirid zikir yang mustajab untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran, yaitu dengan berzikir “Hasbunallah wa ni’mal wakiil” dan “La haula wala quwwata illa billah”.

6. Senantiasa Mengingat Allah

Senantiasa mengingat Allah akan menentramkan hati yang sedang gelisah.

Apa pun yang membuat hati kita sedih, Allah lebih  Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita.

Bukankah Allah telah bersabda, “La tahzan, innallaha ma ana”. Janganlah bersedih, karena Allah bersama kita.

BACA JUGA

Doa Penenang Hati untuk Menghilangkan Stress, Sedih dan Gelisah

Berikut adalah himpunan doa penenang hati dari Al-Quran dan hadis yang boleh diamalkan. Ianya pendek dan mudah dihafal.

1. Doa dari takdir buruk


اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

(Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa’.)

Artinya :

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk & dari keberhasilan musuh"- Sahih Bukhari

2. Doa meminta pertolongan


يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

(Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths.)

Artinya :

"Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan." -  Hadis Riwayat Tirmidzi

3. Doa memohon kemudahan 


اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا


(Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla)

Artinya:

Wahai Tuhanku, tiada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah boleh Engkau jadikan mudah apabila Engkau mengkehendakinya.” - Sahih Ibnu Hibban

Doa berlindung dari rasa sedih dan malas


اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

(Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.)

Artinya :

"Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang." – Sahih Bukhari

5. Doa berserah diri kepada Allah


لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ

(Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minaz zholimin.)

Artinya:

"Tiada Tuhan melainkan Engkau (ya Allah)! Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah dari pada orang-orang yang menganiaya diri sendiri." – Surah Al-Anbiya’ Ayat 87

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

(Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli)

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku." – Surah Taha Ayat 25-28

7. Doa perlindungan 


حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

(Hasbunallah wanikmal wakil)

Artinya:

"Cukuplah Allah sebagai Pelindung kami" – Surah Al-Imran Ayat 173

8. Doa ketenangan hati dan jiwa


اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma-innah, tu’minu biliqoo-ika’ watardhoo bi qodhooika wataqna’u bi’athooika

Artinya:

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.

9. Doa menenangkan akal pikiran 


وَنُوْرًا فِىْ بَصَرِىْ وَنُوْرًا فِىْ شَعْرِىْ وَنُوْرًا فِىْ بَشَرِىْ وَنُوْرًا فِىْ لَحْمِىْ وَنُوْارً فِىْ دَمِىْ وَنُوْرًا فِىْ عِظَامِىْ وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِىْ وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِىْ وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِىْ وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِىْ وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِىْ. اَللهُمَّ زِدْنِىْ نُوْرًا وَاَعْطِنِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِىْ نُوْرًا.


Allaahummaj'allii Nuuron Fiiqolbii Wanuuron Filqobrii Wanuuron Fiisam'ii Wanuuron Fiibashorii Wanuuron Fiisya'rii Wanuuron Fiibasyarii Wanuuron Fiilahmii Wanuuron Fiidamii Wanuuron Fii'idzoomi Wanuuron Minbainii Yadayya Wanuuron Min Kholfii Wanuuron 'an Yamiini Wanuuron 'ansyimaalii Wanuuron Minfauqii Wanuuron Mintahtii. Allaahumma Zidnii Nuuron Wa'thinii Nuuron Waj'al Lii Nuuron.

Artinya

"Ya Allah, jadikanlah untukku cahaya dalam hatiku, cahaya dalam kuburku, cahaya dalam pendengaranku, cahaya dalam penglihatanku, cahaya pada rambutku, cahaya pada kulitku, cahaya pada darahku, cahaya pada tulangku, dari arah kananku, cahaya dari arah kiriku, cahaya dari atasku, cahaya dari bawahku. Ya Allah, tambahilah aku akan cahaya dan berilah aku cahaya, jadikanlah untukku cahaya dan jadikanlah aku cahaya".

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb