Jumlah Ayat Al-qur'an

 24 Sep 2019  Isfatu Fadhilatul

Al-Qur'an adalah kitab suci bagi umat islam, namun seringkali kita bertanya berapakah jumlah ayat dalam Al-Qur'an itu? Benarkah berjumlah 6.666 ayat seperti yang kebanyakan orang bilang?

Sebenarnya angka 6.666 sebagai jumlah ayat Alquran cukup populer karena memang nominalnya yang mudah dihafal. Sekali dengar, hampir dipastikan langsung ingat dan tidak mudah dilupakan. 

Benarkah Ayat Al-Qur'an Berjumlah 6.666 ayat?

Hitungan ayat Al-Qur'an berjumlah 6.666 dapat ditemukan dalam beberapa keterangan, antara lain dalam Nihayatuz-Zain fi Irsyadil-Mubtadi’in (DKI Lebanon, t.th. cet. ke-1/36) karya Syekh Nawawi al-Bantani (w. 1316 H/1897 M) dan At-Tafsir al-Munir fil-‘Aqidah wasy-Syari’ah wal-Manhaj, (Dar al-Fikr 2003, jilid 1/45) karya Wahbah az-Zuhaily.

Pastinya, hitungan 6.666 tersebut tidak dimaksudkan menunjuk pada urutan jumlah ayat Alquran. Dalam keterangan Syekh Nawawi dan Syekh Wahbah diketahui bahwa jumlah 6.666 tersebut dimaksudkan untuk menunjuk kandungan ayat Alquran.

Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:
- al-amr (perintah) berjumlah 1000
- an-nahy (larangan) berjumlah 1000
- al-wa’d (janji) berjumlah 1000
- al-wa’id (ancaman) berjumlah 1000
- al-qasas wal-akhbar (kisah-kisah dan informasi) berjumlah 1000
- al-ibr wal-amtsal (pelajaran dan perumpamaan) berjumlah 1000
- al-haram wal halal (halal dan haram) berjumlah 500
- ad-du’a (doa) berjumlah 100
- an-nasikh wal-mansukh (nasikh mansukh) berjumlah 66.

Jumlah Ayat Al-qur'an

Jumlah ayat Al-Qur'an - Image from satumedia.net

Pendapat Lain tentang Jumlah Ayat Al-Qur'an

Beberapa ulama memiliki pandangan yang berbeda dalam menghitung jumlah ayat Al-Qur'an. Paling tidak, terdapat 7 mazhab yang diikuti terkait hitungan jumlah ayat kitab suci umat Islam ini. Semua ulama sepakat bahwa bilangan ayat Alquran lebih dari 6.200 ayat, namun berapa lebihnya, mereka berbeda pendapat. Ketujuh mazhab tersebut adalah:

1. Al-Madani Al-Awwal. Ayat Alquran berjumlah 6.217 atau 6.214. Dalam beberapa versi cetak, jumlah yang banyak diikuti adalah 6.214 ayat.
2. Al-Madani al-Akhir. Ayat Alquran berjumlah 6.214. Terdapat kesamaan hitungan jumlah ayat Alquran dengan pendapat kedua Al-Madani al-Awwal, namun tetap ada perbedaan antara keduanya dalam perincian penentuan banyaknya ayat.
3. Al-Makki. Ayat Alquran berjumlah 6.220.
4. Asy-Syami. Ayat Alquran berjumlah 6.226.
5. Al-Kufi. Ayat Alquran berjumlah 6.236. Hitungan Al-Kufi inilah yang diikuti oleh cetakan Alquran di Indonesia, dan seluruh cetakan Alquran di dunia yang menggunakan riwayat Hafs dari Imam ‘Asim.
6. Al-Basri. Ayat Alquran berjumlah 6.205.
7. Al-Himsi. Ayat Alquran berjumlah 6.232.

Lantas, kenapa terjadi perbedaan dalam menghitung ayat Alquran? Hal ini terjadi karena cara penghitungan yang berbeda dari masing-masing mazhab.

Penghitungan ayat Alquran didasarkan dari bacaan Rasulullah SAW yang didengar oleh para Sahabat Nabi. Dalam mendengar bacaan, ketika Nabi berhenti pada beberapa kata tertentu, muncullah perbedaan pemahaman di antara mereka yang mendengarkan, apakah Nabi sekedar waqaf, atau berhentinya tersebut disebabkan karena akhir ayat. Di sinilah letak perbedaannya.

Salah satu contoh dalam perbedaan mendengar bacaan ini dapat dilihat pada Ayat Kursi. Dalam hitungan Al-Kufi, Ayat Kursi terdapat pada Al-Baqarah ayat 255. Namun dalam hitungan al-Madani al-Awwal, Ayat Kursi adalah ayat 253 Surah Al-Baqarah. Sementara dalam hitungan Al-Madani Al-Akhir, itu terdapat pada ayat 253 dan 254 (menjadi dua ayat) Surat Al-Baqarah.

Namun demikian, dari sekian banyak pendapat yang ada, isi dan makna Al-qur'an tetap sama, hanya saja ulama Al-qur'an mempunyai hitungan yang berbeda-beda terkait klasifikasi kandungan ayat Alquran. Meski begitu, tidak ada pendapat yang mengklaim sebagai paling benar melebihi pendapat lainnya, wallahu a’lam bisshowab.

"Bukan masalah berapa jumlah ayatnya, namun seberapa seringkah kita membaca dan mengamalkan semua isi yang terkandung di dalamnya"