5 Jamu Pelancar Haid yang Sudah Terbukti Ampuh Sejak Zaman Dulu

 31 Jul 2018  Nadiah Ratna
5 Jamu Pelancar Haid yang Sudah Terbukti Ampuh Sejak Zaman Dulujamu pelancar haid via diszajantikaherbal.com

Untuk memperlancar haid, banyak para wanita yang mungkin rutin membeli minuman pelancar haid. Padahal tidak harus membeli, anda dapat membuatnya sendiri jamu pelancar haid dirumah dengan mudah.

Ada beberapa bahan makanan pelancar haid yang dapat diolah menjadi jamu pelancar haid dan dipercaya dapat bermanfaat sebagai minuman jamu pelancar haid yang memiliki manfaat untuk membantu memperlancar haid.

Haid, datang bulan, menstruasi, tamu bulanan, atau apapun sebutannya adalah keadaan yang pasti dirasakan dan dijalani oleh perempuan, mulai akil balik hingga umur 40an-50an. Hal tersebut merupakan keadaan rutin dalam proses perkembangan pada perempuan.

Namun, ada beberapa wanita yang mengalami haid tidak lancar. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk minum jamu pelancar haid. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Haid anda tidak lancar? Darah yang keluar juga menggumpal? Cek disini penyebabnya (Baca: Alasan Kenapa Darah Haid Menggumpal, Ternyata Sudah Tertera Dalam Al Qur'an)

Jamu pelancar haid biasanya dibuat menggunakan ramuan tradisional sangat baik digunakan oleh para wanita yang sering mengalami datang bulan terlambat. Selain mudah dibuat, murah, dan juga aman dari bahan kimia.

Ramuan tradisional ada banyak, bukan hanya jamu pelancar haid saja, cek selengkapnya disini (Baca: Berbagai Macam Ramuan Tradisional yang Mudah Dibuat)

Jamu Pelancar Haid dari Bahan Alami

Selain dengan mengonsumsi obat melancarkan haid yang dapat Anda beli di apotek, Anda juga dapat melancarkan haid yang tidak teratur dengan mengkonsumsi jamu pelancar haid alami.

Anda bisa buat jamu pelancar haid ini sendiri di rumah. Beberapa ramuan herbal alami untuk melancarkan haid yang dapat Anda buat sendiri di rumah diantaranya:

Haid yang tidak lancar menyebabkan efek yang berbahaya, ketahui disini (Baca: Cara Memperlancar Haid dan Bahayanya Jika Haid Anda Sering Tidak Lancar)

1. Kunyit

5 Jamu Pelancar Haid yang Sudah Terbukti Ampuh Sejak Zaman Dulu
ilustrasi jamu pelancar haid kunyit via cookpad.com

Minuman pelancar haid yang pertama dianjurkan untuk Anda konsumsi adalah ramuan kunyit. Didalam ramuan kunyit terdapat berbagai kandungan berkhasiat. Kandungan didalam kunyit yang dapat Anda temukan yaitu curcuminoid dimana kandungan ini dipercaya cukup efektif untuk membantu mengangkat sel-sel asing pada tubuh sekaligus juga menjadi detoksifikasi alami.

Dengan mengonsumsinya darah haid akan lebih lancar dan nyeri haid juga akan teratasi secara berangsur-angsur.

Cara mengobati nyeri saat haid (Baca: Nyeri Haid Berlebihan dan Cara Mengobatinya)

Cara membuat ramuan kunyit untuk meredakan nyeri haid dan melancarkan haid sangat mudah. Pertama-tama Anda siapkan kunyit kemudian halus kan dengan cara ditumbuk atau diparut. Setelah itu rebus dalam air mendidih dan saring setelah mendidih. Air rebusan kunyit yang telah disaring tersebut Anda konsumsi secara rutin 3 kali sehari sebelum dan sesudah haid.

Seperti yang sudah diketahui oleh orang-orang, kunyit adalah sebuah tanaman ajaib yang memiliki berbagai macam kegunaan lainnya seperti sebagai obat amandel bengkak dan obat demam.

Sesudah haid perlu mandi besar untuk mensyucikan diri, bila anda tidak tahu tata caranya pahami disini (Baca: Tata Cara dan Niat Mandi Haid, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya)

2. Kencur

5 Jamu Pelancar Haid yang Sudah Terbukti Ampuh Sejak Zaman Dulu
ilustrasi ramuan jamu kencur via khasiat.co.id

Selain ramuan kunyit, Anda juga dapat mengatasi masalah haid yang tidak lancar dengan menggunakan ramuan kencur.

Cara membuat ramuan kencur juga sangat mudah. Pertama Anda siapkan dua potong kencur sebesar ibu jari, sehelai daun trengguli, 1 cengkih dan ½ sendok teh daun adas. Selanjutnya Anda rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas saja. Selanjutnya saring airnya dan konsumsi 2 kali sehari setiap pagi dan sore masing-masing ½ gelas tiap kali Anda konsumsi.

Kencur yang tersisa juga bisa dikonsumsi sebagai obat batuk kering dan obat meriang.

Ada beberapa penyebab haid tidak lancar, hindari hal ini dengan mengetahuinya disini (Baca: Beberapa Hal ini Bisa Menjadi Penyebab Telat Haid)

3. Air rebusan asam jawa

5 Jamu Pelancar Haid yang Sudah Terbukti Ampuh Sejak Zaman Dulu
ilustrasi air rebusan asam jawa via lifestyle.okezone.com

Di dalam air rebusan asam jawa akan Anda temukan kandungan potasium yang cukup tinggi. Hal ini tentu menjadikan air asam jawa sangat baik untuk membantu Anda mempercepat proses peluruhan sel endometrium dan membantu meredakan kontraksi yang terjadi pada otot rahim.

Ramuan air asam jawa yang Anda konsumsi bahkan berguna memberikan efek astringent yang sangat baik dalam meredakan masalah yang berkaitan dengan haid.

Haid anda lebih dari 2 Minggu? Awas itu penyakit (Baca: Haid Lebih dari 2 Minggu, Ini Bukan Haid Melainkan Penyakit, Apa Wajib Sholat?)

4. Jahe

Meski masih perlu diteliti lebih lanjut efektivitasnya, jahe dipercaya mampu membuat haid menjadi lancar.

Anda dapat menjadikan jahe sebagai minuman jamu pelancar haid bisa dengan cara mencampurnya dengan teh.

Tak hanya memperlancar haid, ada juga manfaat jahe yang lain, seperti meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS), meredakan nyeri haid, mengurangi rasa kembung, meredakan mual, dan mengatasi sembelit

Saat haid wanita muslim dilarang melakukan hal-hal yang telah dilarang dalam Al-Qur'an, cek disini larang apa aja yang tidak diperbolehkan (Baca: Larangan Saat Haid yang Wajib Anda Hindari Berdasarkan Al-Qur'an)

5. Kayu manis

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi agar lebih teratur, sehingga berpotensi untuk dijadikan jamu pelancar haid.

Untuk membuat jamu pelancar haid dari kayu manis cukup mudah. Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat, atau mencampurkan kayu manis ke dalam teh hangat.

Kayu manis tak hanya membantu memperlancar siklus haid saja, tetapi juga mengurangi nyeri haid dan menjadi salah satu pilihan pengobatan untuk mengatasi PCOS.

Anda yang mengalami masalah haid tidak lancar atau nyeri ketika haid, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat pelancar haid di apotek atau dengan memanfaatkan ramuan tradisional di atas untuk mengatasi haid. Dapatkan manfaatnya dengan mengonsumsinya secara rutin sebelum dan sesudah haid. Tunjang juga dengan mengonsumsi berbagai makanan pelancar haid.

Apa saja makanan yang dapat memperlancar haid? (Baca:12 Makanan Pelancar Haid)

Demikian artikel tentang jamu pelancar haid. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika tidak berhasil, cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter. Mohon maaf jika ada kesalahan ataupun kekurangan.