12 Makanan Pelancar Haid

Komentar
12 Makanan Pelancar Haid Bagi Wanita
image from studio5.ksl.com

Haid atau menstruasi adalah pengeluaran darah secara periodik yang berasal dari rahim melalui jalan lahir perempuan yang dipengaruhi oleh hormon. Haid merupakan hal yang normal pada perempuan dan terjadi setiap bulan. Haid yang normal berulang setiap 21 sampai 35 hari dengan rata-rata setiap 28 hari.

Namun, tak jarang haid bulanan menjadi tidak lancar dan membuat kita menjadi was-was. Haid yang tidak lancar secara umum terjadi akibat kadar hormon estrogen dan progestron perempuan yang tidak seimbang. Banyak faktor yang mempengaruhi haid menjadi tidak lancar seperti; kelelahan, stres, badan terlalu gemuk atau kurus, dan pola hidup yang tidak sehat.

Untuk melancarkan haid kamu bisa menerapkan pola hidup sehat, pola hidup sehat memang identik dengan makanan yang sehat pula. Makanan yang dikonsumsi seseorang juga dapat menentukan siklus menstruasi yang dimilikinya. Maka dari itu untuk melancarkan haid cobalah konsumsi makanan pelancar haid secara alami yang dapat membantu kamu dalam melancarkan haid.

Jenis makanan pelancar haid sangat bermacam-macam seperti; buah-buahan, sayuran hijau, dan berbagai jenis ikan dan minyak ikan. Jenis makanan tersebut memiliki manfaat tak terduga untuk memperlancar haid. 

Siklus haid yang lancar, serta bebas nyeri dan kram pasti merupakan idaman setiap wanita. Untungnya, bukan merupakan hal yang sulit untuk mewujudkan hal tersebut. Kamu bisa mencoba makanan yang dipercaya sebagai makanan pelancar haid paling ampuh berikut ini;

12 Makanan Pelancar Haid yang Wajib Dicoba

1. Brokoli

image from ibfnetwork.com

Saat tubuh mengalami kelelahan, juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar. Untuk itu cobalah untuk mengkonsumsi sayur brokoli, kandungan serat dan nutrisi dalam brokoli membantu mengurangi sebagian zat besi yang hilang karena menstruasi juga sangat efektif sebagai makanan sehat pelancar haid karena kandungan zat besi yang dimilikinya. Untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, sertakan brokoli dalam menu harian.

2. Ikan Salmon

image from babyologist.com

Makanan ini merupakan sumber makanan yang sangat kaya kalsium dan vitamin D. Kandungan Vitamin D dan protein yang dimiliki ikan salmon bermanfaat untuk membantu metabolisme tubuh anda, sehingga tubuh anda tidak terlalu merasa lelah. Ikan salmon dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon sehingga bisa membantu sebagai makanan pelancar haid.

3. Sayuran Hijau

image from health.diwarta.com

Sayuran hijau di dalamnya banyak terkandung nutrisi dan vitamin serta zat besi yang dapat membantu melancarkan siklus haid. Sayuran berdaun hijau yang sehat dan penting untuk disertakan jika kamu ingin memiliki siklus menstruasi yang lancar. Contoh sayuran hijau yang bisa kamu coba adalah Bayam, Asparagus, dan brokoli, ketiga sayuran hijau tersebut mampu memperlancar siklus haid karena kaya akan zat besi dan zat antioksidan yang tinggi.

4. Ikan dan Minyak Ikan

image from idntimes.com

Ikan merupakan makanan yang mengandung protein tinggi sehingga akan membantu anda dalam penyelesaian atau proses ketika anda sedang haid. Ikan kaya dengan asam lemak omega-3 dan merkuri yang baik untuk tubuh dan sebagai makanan sehat pelancar haid, rutin mengonsumsi ikan dan minyak ikan akan dapat memperlancar siklus menstruasi bulanan kamu.

5. Yoghurt

image from id.fanpop.com

Yoghurt adalah produk susu yang kaya dengan kalsium dan protein. Kandungan protein pada yoghurt yang tinggi dapat membantu kamu untuk memperlancar menstruasi dan membuat menstruasi kamu tidak terlalu sakit ketika sedang menstruasi. Rutin mengonsumsi yoghurt setiap hari karena sangat baik bagi usus dan dapat memenuhi nutrisi dalam tubuh.

6. Telur

image from femina.co.id

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein, vitamin, serta kalsium. Nah, protein yang tinggi dalam telur tersebutlah yang membantu memperlancar haid kamu. Protein yang tinggi dalam telur ini pun berkhasiat untuk menjaga keseimbangan tubuh, bahkan Kuning telur mengandung banyak zat besi, vitamin yang larut dalam lemak, asam lemak esensial, dan protein yang secara keseluruhan bermanfaat untuk menu ketika kamu sedang haid. 

7. Makanan Asam

image from magazine.com

Makanan yang masam juga menjadi makanan yang dapat membuat anda mengalami menstruasi lebih cepat. Makanan asam yang disarakan disini adalah asam jawa, baik berupa minuman atau permen, selaini itu asam jawa juga dikenal dapat membantu mengencerkan darah haid yang menggumpal sehingga menjadi lancar.

8. Biji Wijen

image from pixabay.com

Makanan yang biasa menjadi makanan tabur di onde-onde ini bisa menjadi terapi agar kamu tidak terlambat menstruasi atau agar menstruasi kamu lancar. Biji wijen ini bisa kamu gunakan sebagai taburan pada makanan keseharian kamu. Namun, jangan berlebihan mengkonsumsinya ya, karena dapat meningkatkan panas tubuh kalau dikonsumsi secara berlebihan.

9. Nanas

image from thehealthsciencejournal.com

Buah yang memiliki citarasa asam-asam manis ini juga dipercaya sebagai makanan pelancar haid yang ampuh loh. Buah yang dipercaya untuk menggugurkan kandungan ini (nanas muda) ternyata justru bermanfaat untuk memperlancar menstruasi anda. buah nanas terutama nanas muda akan merangsang rahim anda sehingga akan membantu meluruhkan sel telur, jika ini proses menstruasi maka itu baik. Saat sedang hamil sebaiknya hindari untuk makan buah nanas karena dapat berbahaya bagi kandungan. Kandungan yang dimiliki buah nanas dapat merelaksasikan otot sehingga bisa membantu memperlancar pengeluaran darah haid.

10. Jamu 

image from powerofpositivity.com

Jamu adalah minuman khas dari Indonesia yang manfaatnya sangat luar biasa. Alternatif selain makanan, kamu bisa meminum jamu untuk memperlancar haid. Untuk jamu pelancar haid kamu bisa membuat jamu kunyit yang dapat kamu buat sendiri dirumah.
Caranya: siapkan 2 rimpang kunyit, setengah sendok ketumbar, setengah sedok bija pala dan setengah genggam daun srigading yang direbus dalam satu liter air hingga medidih, kemudian disaring. Jamu kunyit dianjurkan untuk dikonsumsi minimal satu kali sehari pada saat haid agar haid menjadi lancar.

11. Kacang-kacangan

image from msn.com

Selain mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran, mengkonsumsi kacang-kacangan juga sangat penting untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh saat haid. Kacang-kacangan juga bermanfaat untuk memperlancar haid, karena dalam kandungan kacang terdapat omega-3 dan lemak, dimana kandungan ini juga akan bermanfaat untuk anda mendapatkan kepekaan dalam rahim.

12. Buah Pepaya

image from pixabay.com

Buah pepaya adalah buah yang sering tumbuh didesa-desa, untuk mendapatkan buah ini juga sangat mudah dijumpai dengan harga terjangkau. Buah pepaya termasuk buah yang kaya akan manfaat dan sering dijadikan sebagai makanan pelancar haid bagi wanita. Kandungan vitamin dan serat dalam buah pepaya bermanfaat untuk merangsang sel telur pada dinding rahim agar segera luruh sehingga proses menstruasi akan terjadi.

Demikianlah artikel tentang 12 Makanan Pelancar Haid Bagi Wanita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Top