Berbagai Macam Ramuan Tradisional yang Mudah Dibuat

 17 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Berbagai Macam Ramuan Tradisional yang Mudah Dibuat

Ilustrasi ramuan tradisional - Image from www.pertanianku.com

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan ramuan tradisional bukan? Ramuan tradisional merupakan media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan–bahan alami sebagai bahan bakunya. Banyak orang yang memilih ramuan tradisional sebagai obat ketika sakit, dibandingkan dengan obat yang memiliki kandungan bahan kimia.

Hal ini karena ramuan-tradisional berasal dari berbagai jenis tanaman yang berkhasiat sebagai obat, adapun tanaman tersebut sebenarnya bisa diperoleh di lingkungan sekitar, seperti di halaman rumah, di pinggir jalan, atau di dapur sebagai bahan ataupun bumbu masakan.

Kebanyakan orang juga percaya bahwa dengan menggunakan ramuan tradisional, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan memperpanjang umur. Hal ini sudah dibuktikan oleh masyarakat Jepang yang banyak mengkonsumsi ramuan tradisional seperti daun teh yang dicampur dengan daun mint.

Lalu apa saja sih khasiat ramuan tradisional itu? Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai ramuan tradisional.

Ramuan Tradisional

Di Indonesia sendiri sudah mengenal ramuan tradisional sejak zaman penjajah Jepang. Hal ini berawal dari kebutuhan persediaan obat yang sangat mendesak, kemudian para medis mulai melakukan banyak penelitian dan uji klinis terhadap banyak tanaman obat, terutama tanaman obat asli Indonesia. 

Kemudian sejalan dengan perkembangan teknologi untuk meneliti tanaman obat, dari kalangan medis banyak yang menganjurkan untuk menggunakan pengobatan dengan ramuan tradisional. Bahkan tak jarang pada jaman sekarang, para dokter mengkombinasikan pengobatan modern dengan pengobatan yang memanfaatkan ramuan tradisional.

Berikut beberapa resep ramuan tradisional yang sangat baik untuk digunakan sehari-hari guna mengobati berbagai macam penyakit.

Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Wanita mana yang tidak menginginkan bentuk tubuh ideal seperti artis korea? Cita-cita tersebut akan tercapai apabila menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin. Selain itu, untuk memperindah bentuk badan selama seminggu bisa juga dibantu dengan ramuan tradisional. Adapun ramuan ini sangat mudah, hanya membutuhkan dua bahan saja.

Resep ini terbukti ampuh dan sangat kuat untuk menurunkan berat badan dengan cepat, selain itu cara pembuatannya juga sederhana. Kedua bahan ini merupakan kombinasi baik untuk proses diet, berikut bahan-bahan yang Anda butuhkan :

2 sendok teh madu
2 sendok teh kayu manis
250ml air matang

Cara mengolah :
1. Campur kayu manis dengan air, didihkan selama 5 menit
2. Tunggu cairan tersebut dingin, sekitar 10 menit
3. Setelah dingin, tambahkan madu

Hal yang harus Anda perhatikan adalah pastikan campuran kayu manis dan air sudah dingin, karena jika masih panas akan mengurangi manfaat madu. Konsumsi ramuan tradisional ini setiap pagi saat bangun tidur dalam keadaan perut kosong. Anda juga bisa meminumnya di siang hari sebelum makan, atau di malam hari sebelum makan malam.

Baca Juga : Mengobati Asam Lambung dengan 4 Ramuan Alami

Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Berat Badan dan Mengecilkan Perut

Berbagai Macam Ramuan Tradisional yang Mudah Dibuat

Teh hijau - Image from pixabay.com

Perut buncit merupakan momok bagi setiap orang tidak hanya bagi wanita, dengan perut buncit kita tidak bisa bebas memilih baju sehingga mengurangi rasa percaya diri. Berikut ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut.

Bahannya adalah teh hijau, karena teh hijau sudah lama dikenal khasiatnya bagi kesehatan. Teh hijau juga diyakini bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan lemak di perut.

Caranya adalah :
1. Minumlah teh hijau secara teratur sebelum makan.
2. Minumlah teh hijau secara tawar, tanpa tambahan gula atau pemanis
3. Dengan cara minum teh hijau sebelum makan, otomatis akan membuat perut menjadi lebih kenyang. Dan tentu saja akan mengurangi porsi makan Anda.
4. Selain untuk mengecilkan perut, teh hijau juga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kanker dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh kita.

Ramuan Tradisional Untuk Mengecilkan Perut dan Paha

Lemak yang menumpuk pada area perut dan paha tentunya akan menurunkan kepercayaan diri. Selain olahraga, ternyata ada ramuan tradisional yang dipercaya sebagai obat untuk mengecilkan perut dan paha, yaitu air jahe. Air jahe terbukti dapat mengontrol nafsu makan, dan juga memperkuat metabolisme tubuh.

Minum air jahe bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan proses pembakaran lemak, selain itu air jahe juga bisa mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Hal yang perlu kita siapkan yaitu 1 liter air dan satu ruas jahe.

Cara membuat air jahe :
1. Rebus air hingga mendidih.
2. Kupas dan bersihkan jahe, potong menjadi kecil-kecil.
3. Masukkan jahe ke dalam rebusan air, tunggu selama 5-10 menit.
4. Diamkan campuran air dan jahe sampai dingin.
5. Saring, dan siap diminum.

Konsumsi air jahe ini seperti mengkonsumsi air putih, dalam kurun waktu satu bulan Anda akan merasakan manfaatnya.

Baca Juga : 5 Jamu Pelancar Haid yang Sudah Terbukti Ampuh Sejak Zaman Dulu

Ramuan Tradisional Sakit Tulang Ekor

Berbagai Macam Ramuan Tradisional yang Mudah Dibuat

Minyak jarak - Image from doktersehat.com

Sakit tulang ekor dapat diredakan dengan cara mengompres area yang sakit dengan air panas maupun air es, kompres sehari sebanyak empat kali. Selain itu, ada juga tanaman obat yang berfungsi sebagai ramuan tradisional sakit tulang ekor yakni minyak jarak. Adapun bahan yang diperlukan yaitu minyak jarak dan perban.

Caranya :
1. Panaskan sedikit minyak jarak
2. Oleskan minyak jarak yang hangat ke bagian belakang bawah punggung dan tulang belakang.
3. Tutup dengan perban.
4. Lakukan rutin sebelum tidur sampai nyeri tulang ekor menghilang.

Baca Juga : Cara Mengobati Amandel Tanpa Oprasi, Cukup Minum 5 Ramuan Obat Alami Ini

Ramuan Tradisional Untuk Membersihkan Paru-Paru

Rokok bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Membersihkan paru-paru bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan tradisional. Salah satunya adalah campuran jahe, kunyit dan bawang. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan :
1 potong kecil jahe
400 gram bawang yang telah dicincang halus
2 sendok teh kunyit
1 liter air

Cara membuat:
1. Rebus air, tambahkan akar jahe dan bawang.
2. Parut jahe lalu masukkan ke dalam air
3. Tambahkan kunyit.
4. Turunkan suhu kompor, biarkan mendidih.
5. Angkat ramuan yang telah mendidih
6. Minum ramuan ini dua kali sehari setelah merokok untuk membantu membersihkan paru-paru

Ramuan Tradisional Asam Urat

Berbagai Macam Ramuan Tradisional yang Mudah Dibuat

Apple cinegar - Image from www.healthline.com

Pada kondisi asam urat, pemijatan tidak boleh dilakukan. Sehingga obat asam urat menjadi alternatif utama, dan akan lebih baik lagi jika menggunakan ramuan tradisional. Salah satunya adalah cuka sari apel tanpa filter atau yang biasa disebut apple cider vinegar.

Caranya cukup mudah yakni campurkan satu sendok teh cuka sari apel mentah ke dalam segelas air matang. Lalu minum secara rutin dua sampai tiga kali sehari. Jika ramuan obat ini dapat mengobati asam urat Anda, maka Anda bisa tingkatkan dosis cuka sari apel menjadi dua sendok makan.

Demikian artikel tentang berbagai macam ramuan tradisional ini, semoga bermanfaat.