Doa Penutup Acara Latin yang Lengkap Tapi Mudah Dihafal dan Dipahami

 07 Aug 2017  Rosi N.
Doa Penutup Acara Latin yang Lengkap Tapi Mudah Dihafal dan DipahamiDoa penutup acara latin yang lengkap © wajibbaca.com

Di era sekarang ini, salah satu hal yang sangat dibutuhkan adalah saling berkomunikasi. Bukan hanya untuk memberikan kabar saja, namun juga hal yang lain.

Dalam hal berbisnis misalnya, komunikasi sangatlah penting untuk mereka yang ingin menjadikan usahanya lebih maju lagi.

Artikel pilihan : Doa Sebelum Adzan yang Penting Untuk Mengusir Jin dan Setan

Karena jika sampai salah komunikasi, maka jawabannya bisa saja ada salah persepsi dan mengakibatkan hal buruk dalam kinerja seseorang.

Oleh karena itulah, seringkali dalam hal berbisnis atau pun dalam lingkup yang paling sederhana saja, yakni dalam kelas ataupun antar warga kampung.

Berkumpul menjadi sarana yang tepat untuk memberikan masukan dan juga sebagai ajang untuk musyawarah mufakat.

Berkumpul juga menjadi sebuah alat untuk menyampaikan hal yang baik, seperti misalnya saja ketika berkumpul untuk melakukan pengajian, mendengarkan ceramah atau khutbah Jumat lengkap, dan lain sebagainya.

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai doa penutup dan doa pembuka majelis, kita perlu memahami adab berdoa agar dapat cepat di ijabah oleh Allah SWT, sebagai berikut penjelasannya

Adab Saat Berdoa 

Berdoa harus sesuai adab, ada beberapa adab saat kita sedang berdoa memohon kepada Allah SWT, yaitu berikut ini:

  1. Kita harus khusyu' dalam berdoa atau kita harus bersungguh-sungguh dalam berdoa seraya mengharap agar segera dikabulkan oleh Allah SWT.
  2. Saat mengucapkan doa harus di resapi dan di maknai serta memantapkan hari. Karena di dalam doa penutup acara terdapat banyak sekali maknanya.
  3. Mengangkat kedua tangan dengan telapak tangan terbuka di depan dada atau di pertengahan dada.
  4. Berdoa dengan menghadap kiblat
  5. Jangan tergesa-gesa dalam membacakan doa, melainkan kita harus tetap tenang.

Baca Juga:

Hadist Membaca Doa Penutup Acara

Adapun beberapa hadist mengenai doa penutup acara ini, yaitu sebagai berikut:

Rasulullah SAW bersabda :

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ جَلَسَ فِي مَجْلِسٍ فَكَثُرَ فِيهِ لَغَطُهُ، فَقَالَ قَبْلَ أَنْ يَقُومَ مِنْ مَجْلِسِهِ ذَلِك

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْك
إِلاَّ غُفِرَ لَهُ مَا كَانَ فِي مَجْلِسِهِ ذَلِكَ.
Artinya :

“Siapapun yang sedang berada di suatu majelis, kemudian pada majelis tersebut terdapat banyak perkataan yang tidak berguna, lalu sebelum beranjak meninggalkan majelis, mengucapkan hal doa ini

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.

Yang artinya ‘Maha Suci Engkau Ya Allah, dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Aku memohon ampun pada-Mu, dan aku taubat pada-Mu, kecuali telah diampuni bagi orang tersebut’ sesuatu yang ada dalam majelis tersebut.” (HR Tirmidzi)

Rasulullah SAW saat hendak berdiri untuk meninggalkan majelis, beliau berdoa :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

“Maha Suci Engkau Ya Allah dan segala puji bagi-Mu, Aku bersaksi tiada Tuhan kecuali Engkau, aku mohon ampun dan taubat kepada-Mu.”

Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الجَنَّةِ

“Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka akan Allah SWT mudahkan jalannya menuju ke surga.” (HR Muslim)

Manusia pada dasarnya adalah makhluk social (makhluk madani). Bahkan sesungguhnya inti keislaman kita di antaranya diukur dari ketrampilan dalam menjalin komunikasi (ad Din huwal mu’amalah).

Maka dari itu, sebagai seorang muslim yang dianjurkan untuk selalu membaca doa meminta perlindungan kepada Allah SWT dalam keadaan apapun.

Salah satunya adalah berdoa ketika berkumpul atau acara bersama dengan membaca doa pembuka majelis dan juga doa penutup acara.

Sehingga diharapkan dalam berkumpul tak akan ada yang sia-sia dan menjadi sebuah keburukan bersama.

Baca Juga:

Jadi, jika dalam sebuah acara disunnahkan untuk membaca doa pembuka majelis dan penutup acara, mungkin ketika ingin membuka sebuah acara cukup dengan "bismillah" dan juga surat Al-Fatihah.

Lain halnya dengan doa untuk menutup misalnya doa penutup rapat atau meeting, dimana ada doa tersendiri yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana doanya?

Doa Penutup Acara Latin yang Lengkap Tapi Mudah Dihafal dan Dipahami

Doa Penutup Acara Latin yang Lengkap Tapi Mudah Dihafal dan Dipahami

Doa penutup acara latin yang lengkap © wajibbaca.com

Inilah salah satu contoh ulasan doa penutup, misalnya saja doa penutup ceramah yang bisa dibaca agar mampu meraih ridha-Nya.

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hadiri wa hadirat...sebelum kita memanjatkan do'a marilah kita tundukkan kepala sejenak kosongkan pikiran pusatkan hati kita menghadap kepada Allah, agar do'a kita diterima di sisi Allah Swt.

الْحَمْدُ لِلّه رَبّ الْعلمِيْن وَلصَّلاَةُ وَالسّلاَم عَلى اَشْرَفِ اْلاَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْن وَعَلى الِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْن اَمّا بَعْد

"Yaa Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, hanya rahmat dan kasih sayangMUlah sehingga segala aktifitas kami dalam acara ini berjalan dengan lancar walaupun menguras waktu, tenaga dan pikiran.

Dan hari ini Ya Allah kami berkumpul ditempat ini memanjatkan puji syukur kepadaMu sekaligus menutup kegiatan kami....

"Yaa Allah berkahilah segala aktifitas kami selama dalam mengikuti rangkain acara kami, dan jadikanlah sebagai amal ibadah di sisiMU.

Untuk itu Yaa Allah tetapkanlah rahmat dan kasih sayangMU kepada kami dan jadikanlah pertemuan ini, sebagai pertemuan yang engkau ridhoi...

Yaa Allah......

اَلّلهـمّ لاَسَـهْــلَ اِلاّ مَا جَعَـلَـهُ سَـهْـلاً

Yaa Allah, mudahkanlah segala urusan kami, karena tidak ada yang mudah kcuali engkau jadikan mudah Yaa Allah...

اَلّلهـمّ فْتَحَ عَلَيْنا اَبْوَابَ الْخـيْروَاَبْوابَ الْبَركَاة وَاَبْوابَ لنّعْمَه وَاَبْوابَ الرّزْقِ وَاَبْوابَ الْقُوة وَاَبْوابَ الصّحَةِ وَاَبْوابَ السّلامَة بِرَحْمَتِكَ ياَ اَرْحَمَ الرّحِمِـيْن

Yaa Allah.. Bukakanlah atas kami pintu kebajikan, pintu berkahMu, pintu rahmatMU, pintu kekuatan, pintu reskiMU, pintu kesehatan, pintu keselamatan, karena Engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang...

اَلّلهـمّ اِنّاَ اَعُـوْذُ بِكَ مِنَ الهَـمِ وَالْحُزْنِ و َاَعُـوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجَـزِوَالْكَسْلِ

Yaa Allah ...Kami berlindung kepadaMu dari keragu-raguan hati dan duka cita dan kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah dan malas...

رَبّنَا اَفْرغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبّتْ اَقْـدَامَنَا

رَبّنَا آتِنَا فِى لدّنْيا حَسَنَة وَفِى الاَخِرَة حَسَنة وَقِنأ عَذَابً النّار

سُبحَان رَبّكَ رَبّ العِزّةِ عَمّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على الْمُرْسَليْن والْحَمْدُ لِلهِ رَبّ الْعَالَمِيْن

Yaa Allah.... Curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Yaa Allah...

Berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan kerumah masing-masing.

Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara... Amin Yaa Rabbal Alamin

Artikel pilihan : Doa Iftitah dan Artinya yang Mudah Dihafal Lengkap Bahasa Latin serta Arab

Keutamaan Doa Penutup Majelis

  1. Berdoa di akhir acara dapat menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat baik disengaja maupun tidak
  2. Dengan berdoa di akhir acara maka diharapkan ilmu dan pengetahuan dari pertemuan acara tersebut dapat kita amalkan dan bermanfaat untuk kedepannya.
  3. Allah SWT akan memudahkan kita menuju surga-Nya dan Allah SWT tidak murka terhadap hamba-Nya termasuk kita.
  4. Dalam berdoa pasti kita akan di berikan kebaikan di dalamnya.
  5. Dapat menguatkan keimanan
  6. Dapat membuat jiwa menjadi lebih tenang

MasyaAllah, itulah ulasan singkat mengenai doa penutup acara seminar, rapat, sampai ceramah yang bisa dibaca ketika melakukan kegiatan bersama tersebut.

Jadi, sebelum orang-orang yang menghadiri tersebut beranjak pergi, ada baiknya untuk membaca doa penutup acara perpisahan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Baca doa perlindungan lebih jelasnya berikut ini: Doa Meminta Perlindungan

Karena kita tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti setelah melangkah keluar dari ruang berkumpul tersebut, dan dengan doa penutup acara resmi inilah kita memohon pengampunan dan ridha-Nya. Aamiin.

Semoga bermanfaat untuk kita semuanya.