Doa Meminta Perlindungan

 02 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Meminta Perlindungan

Ilustrasi doa meminta perlindungan - Image from dindingkaca.com

Sudah sepatutnya kita sebagai seorang muslim untuk selalu memanjatkan doa meminta perlindungan dari Allah SWT. Karena kita tidak akan pernah tahu hal apa yang akan terjadi kedepannya.

Doa meminta perlindungan ada banyak macamnya, seperti doa perlindungan dari bencana, dari marabahaya, dan lain sebagainya. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini : 

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Berikut akan kita bahas mengenai doa meminta perlindungan kepada Allah.

Doa Meminta Perlindungan

1. Doa Meminta Perlindungan Kepada Allah dari Marabahaya

Berikut adalah lafadz meminta pertolongan dari bala atau marabahaya :

اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MIN JAHDIL BALAA-I WA DARKISY SYAQOO-I WA SUU-IL QUDLOO-I WA SYAMAATATIL A’DAA-I

Artinya : Ya Allâh, kami berlindung kepada-Mu dari beratnya musibah yang tak mampu ditanggung, dari datangnya sebab-sebab kebinasaan, dari buruknya akibat apa yang telah ditakdirkan, dan gembiranya musuh atas penderitaan yang menimpa.

2. Doa Meminta Perlindungan dari Bencana

Bencana merupakan bahaya yang bisa datang kapan saja, bencana ini biasanya berasal dari bumi dan langit.

Baca : Dibalik Musibah Gempa Bumi, Ini Amalan yang Harus Segera Anda Lakukan

Untuk itu, sangat dianjurkan memohon perlindungan dari Allah SWT dengan doa meminta perlindungan dari bencana di bawah ini.

ِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma'asmihi syai'un fil ardhi wa la fis samaa'i wahuwas sami'ul alim.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui."

Baca Juga : Doa Menutup Aib dan Memohon Perlindungan, Oleh Imam Zainal Abidin As

3. Doa Perlindungan Diri

Selain berasal dari bumi dan langit, bencana juga bisa disebabkan oleh diri kita sendiri dan juga dari syaitan.
Berikut doa perlindungan diri yang dianjurkan untuk dibaca diwaktu pagi hari, sore hari dan menjelang tidur.

اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَّمَواتِ والأرضِ عَالمَ الغَيْب وَالشَّهَادةِ، ربَّ كُلِّ شَيءٍ وَمَلِيكَهُ. أَشْهَدُ أَن لاَ إِله إِلاَّ أَنتَ، أَعُوذُ بكَ منْ شَرِّ نَفسي وشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكهِ

Allohumma fathiros samawati wal ardhi ‘alimal ghaibi was syahadati robba kulli syai-in wa malikahu. Asyhadu alla ilaha illa anta a’uzu bika min syarri nafsi wa syarris syaithoni wa syirkihi.

Artinya : “Ya Allah, yang menjadikan langit dan bumi, yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, Tuhan bagi tiap-tiap sesuatu dan yang memilikinya. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku berlindung pada-Mu dari kejahatan diriku sendiri dan dari kejahatan setan dan teman sekutunya.”

4. Doa yang Dibaca Saat Melihat Orang Terkena Musibah

Selain mendoakan diri sendiri, kita juga dianjurkan untuk membaca doa ketika melihat saudara, teman, atau orang lain terkena musibah. Adapun manfaat dari doa ini selain untuk mendoakan orang tersebut juga untuk memohon kepada Allah agar kita dilindungi dari musibah yang serupa.

Baca Juga : Cara Mengetahui Perbedaan Ujian, Musibah ataukah Azab

Adapun lafadz doa tersebut adalah:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

BISMILLAAHILLADZII LAA YADHURRU MA’ASMIHI SYAI-UN FIL ARDHI WA LAA FIS-SAMAA-I WA HUWAS-SAMII’UL ‘ALIIM

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)

Demikian artikel tentang doa meminta perlindungan latin ini. Semoga bermanfaat dan semoga kita termasuk golongan orang-orang yang dijaga oleh Allah SWT, aamiin.