Musyawarah Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

 02 Oct 2019  Taufiq F

Musyawarah Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Musyawarah adalah - Image from independensi.com

Musyawarah mufakat adalah warisan para leluhur yang menjadi kelebihan Indonesia dalam menjalankan kehidupan berdemokrasi.

Musyawarah mufakat merupakan sistem dalam budaya pancasila yang selain diterapkan pada pengambilan keputusan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan juga dapat dilaksanakan dalam kehidupan masyarakat, lingkungan keluarga misalnya.

Ketika anda berbicara tentang semua orang di dunia, sulit untuk menemukan kesepakatan antar sesama karena terlalu banyak pendapat. Namun dalam kelompok kecil, mencapai kesepakatan adalah hal yang mungkin.

Kesepakatan menyatukan orang untuk belajar, berbicara dan menemukan landasan bersama, untuk memperjelas pemahaman dan pengertian kita tentang apa itu kesepakatan dan musyawarah mufakat simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Musyawarah, Tujuan, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Musyawarah berasal dari bahasa Arab yaitu Syawara yang artinya berunding, urun rembuk atau mengajukan sesuatu. Dalam tata Negara Indonesia dan kehidupan modern musyawarah dikenal dengan sebutan "Syuro", rembug desa, lebih jelasnya sebagai berikut:

Pengertian musyawarah 

Musyawarah adalah suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan atau mencari jalan keluar untuk mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan yang menyangkut urusan keduniawian.

Musyawarah memiliki tujuan untuk mencapai mufakat atau persetujuan. Pada dasarnya prinsip dari musyawarah adalah bagian dari demokrasi.

Sehingga saat ini sering dikaitkan dengan dunia politik demokrasi. Dalam demokrasi pancasila di Indonesia penentuan hasil dilakukan dengan cara musyawarah mufakat, jika tidak ada jalan keluar atau jika mengalami kebuntuan maka akan dilaksanakan voting atau pemungutan suara.

Manfaat musyawarah

Berikut ini adalah manfaat dari musyawarah

1. Melatih untuk mengemukakan pendapat

Dalam musyawarah setiap orang memiliki ide atau gagasan yang berbeda, yang dapat diungkapkan dalam memecahkan suatu permasalahan yang sedang dibahas. Dengan ini seseorang dapat berlatih untuk mengutarakan pendapatnya

2. Masalah dapat segera terpecahkan

Dengan adanya musyawarah akan dapat menemukan jalan alternatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dalam hal ini merupakan kepentingan bersama.

3. Keputusan yang dihasilkan mempunyai nilai keadilan

Musyawarah adalah proses dengar pendapat yang nantinya keputusan yang diambil adalah atas kesepakatan bersama antar sesama anggota. Kesepakan yang dihasilkan tentu tidak mengandung unsur paksaan di dalamnya.

4. Hasil keputusan yang diambil menguntungkan semua pihak

Keputusan yang dihasilkan dalam musyawarah tidak boleh merugikan salah satu pihak atau anggota dalam musyawarah. Karena agar nantinya hasil yang diputuskan dalam musyawarah dapat diterima dan dilaksanakan oleh semua anggota dengan penuh keikhlasan.

5. Dapat menyatukan pendapat yang berbeda

Pendapat yang berbeda pasti akan ditemui disetiap musyawarah yang melibatkan orang banyak apalagi ini menyangkut urusan dan kepentingan bersama.

Inilah keindahan dari bermusyawarah, pendapat-pendapat yang berada akan dikumpulkan dan ditelaah secara bersama-sama baik dan buruknya.

Ciri-ciri musyawarah

Musyawarah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Dilakukan berdasarkan atas kepentingan bersama
  2. Hasil keputusan musyawarah dapat diterima dengan akal sehat dan sesuai hati nurani
  3. Pendapat yang diusulkan dalam musyawarah mudah dipahami dan tidak memberatkan anggota musyawarah
  4. Mengutamakan pertimbangan moral dan bersumber dari hati nurani yang luhur.

Tujuan musyawarah

Ada beberapa tujuan dalam musyawarah yaitu sebagai berikut:

  1. Mendapatkan kesepakatan bersama sehingga keputusan akhir yang diambil dalam musyawarah dapat diterima dan dilaksanakan oleh semua anggota dengan penuh rasa tanggung jawab.
  2. Menyelesaikan kesulitan dan memberikan kesempatan untuk melihat masalah dan berbagai sudut pandang sehingga keputusan yang dihasilkan sesuai dengan presepsi dan standar anggota musyawarah. 
  3. Keputusan yang diambil dengan musyawarah akan lebih berbobot karena didalamnya terdapat pemikiran, pendapat, dan ilmu dari para anggotanya.

Contoh Musyawarah

1. Dalam keluarga

Musyawarah pembagian tugas bersih-bersih rumah, musyawarah menentukan tempat rekreasi, dan lain-lain.

2. Dalam lingkungan sekolah

Musyawarah pemilihan ketua dan wakil OSIS, musyawarah mengadakan lomba, pemilihan ketua kelas dan lain-lain

3. Dalam lingkungan masyarakat

Pembentukan panita ulang tahun desa, musyawarah pembagian siskamling, musyawarah perbaikan jalan desa dan lainnya.

4. Dalam lingkungan negara

Rapat anggota DPR, musyawarah merumuskan undang-undang dan lain-lainnya.

Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus di jaga hingga saat ini. Sedangkan untuk pengertian mufakat sendiri adalah sebagai berikut ini lengkapnya.

Musyawarah mufakat bersumber pada pancasila, penting memahami mengenai pancasila, berikut ini: 

Pengertian Mufakat, Tujuan, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Pengertian mufakat


Mufakat memiliki 4 arti, mufakat sebagai sebuah homonim karena arti-artinya mempunyai ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda, langsung saja simak berikut ini:

  1. Mufakat memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat. Sebagai sebuah kata sifat mufakat bisa mengubah kata benda atau kata ganti. Biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.
  2. Mufakat juga termasuk nomina atau kata benda, sehingga mufakat bisa menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang di bendakan
  3. Mufakat juga termasuk verba atau kata kerja, sehingga mufakat bisa menyatakan suatu tindakan, beradaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.
  4. Mufakat juga termasuk dalam ragam bahasa cakapan. Mufakat masuk ke dalam bahasa gaul atau bahasa ABG yaitu ragam bahasa Indonesia yang biasanya dipakai oleh anak muda.

Dalam musyawarah yang ingin dicapai adalah kata mufakat. Namun terkadang pada kenyataannya tidak semua orang bersedia menyetujui apa yang menjadi hasil dari musyawarah.

Dibutuhkan prinsip-prinsip tertentu dalam bermusyawarah agar tercapai mufakat. Berikut ini beberapa prinsip yang dibutuhkan:

Prinsip mufakat

  1. Bersumber pada pancasila
  2. Setiap keputusan tidak boleh bertentangan dengan pancasila dan UUD 1945
  3. Setiap orang mempunyai kesempatan dan hak yang sama dalam musyawarah
  4. Setiap keputusan harus dilaksanakan semua orang
  5. Jika mufakat tidak tercapai, maka dilakukan voting

Ciri mufakat

Ada beberapa karakteristik yang ada di dalam musyawarah mufakat, antara lain:

  1. Dalam proses musyawarah, semua peserta harus lebih mengutamakan kepentingan bersama dengan pertimbangan moral dan hati nurani yang jujur.
  2. Usul dan saran yang dari peserta musyawarah harus disampaikan dengan mudah untuk dipelajari dan tidak memberatkan dalam pelaksanaannya.
  3. Artinya bahwa semua usulan dan pendapat yang diajukan sesuai dengan hati nurani dan dapat diterima akal sehat.
  4. Segala usulan dan pendapat disampaikan dalam rangka mencapai tujuan untuk kepentingan bersama

Manfaat mufakat

Manfaat bermusyawarah yaitu masalah yang sulit akan mudah dipecahkan, masalah berat akan menjadi ringan, dan bisa meningkatkan rasa kekeluargaan.

Musyawarah mufakat memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sebagai berikut:

  1. Musyawarah mufakat adalah cara yang tepat untuk mengatasi berbagai silang pendapat​.
  2. Musyawarah mufakat bisa menghindari dan mengatasi kemungkinan terjadinya konflik.
  3. Musyawarah mufakat memiliki peluang untuk mengurangi penggunaan kekerasan dalam memperjuangkan kepentingan

Contoh mufakat

  1. Bersedia mendengarkan pendapat orang lain
  2. Tidak mencela pendapat orang lain
  3. Bersedia dan ikhlas untuk mengikuti hasil akhir dari musyawarah
  4. Memberikan kesempatan kepada orang lain untuk memberikan pendapat dalam musyawarah.

Demikian pembahasan mengenai musyawarah mufakat yang dapat dibagikan wajibbaca.com yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.