Doa Pembuka Majelis Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

 01 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Pembuka Majelis Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Ilustrasi doa pembuka majelis - Image from pinterest.com

Sebagai orang muslim, kita pasti pernah ke majelis bukan? baik majelis akbar yang dihadiri oleh banyak orang maupun majelis kecil yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Menurut akar katanya, majelis taklim atau yang biasa kita kenal dengan majelis berkumpul tersusun dari dua kata yaitu majelis yang berarti tempat, dan taklim yang berarti pengajaran. Bisa kita simpulkan majelis taklim merupakan tempat pengajaran bagi orang-orang yang ingin belajar ajaran islam sebagai sarana dakwah dan pengajaran agama.

Majelis taklim merupakan salah satu tempat pendidikan diniyah yang bersifat non formal, yang mana mempunyai tujuan untuk meningkatkan keimanan jamaahnya, serta mengharap akan rahmat Allah SWT.

Dalam prakteknya, majelis taklim bersifat fleksibel dan tidak terikat oleh waktu,  juga terbuka terhadap segala usia, kedudukan sosial, dan jenis kelamin. Waktu penyelenggaraannya pun tidak terikat, alias bisa dilakukan kapanpun. Tempat pengajarannya bisa dilakukan dimana saja baik dirumah, masjid, halaman, dan tempat lainnya.

Doa Pembuka Majelis

Kita pasti sering mendengar ustadz/ustadzah yang akan memulai majelis, melafadzkan doa pembuka majelis terlebih dahulu. Doa majelis berkumpul ini biasanya berupa khutbatul hajah, yang mana doa ini merupakan doa yang senantiasa dibaca oleh Rasulullah SAW di banyak kesempatan.

Doa ini biasa dibaca Rasulullah SAW saat akan khutbah, ceramah, ataupun pertemuan, mukadimah pidato, serta pengajian. Dan sunnah Nabi ini pun dilanjutkan oleh sahabat-sahabat beliau.

Doa Terkait : Doa Penutup Acara Latin yang Lengkap Tapi Mudah Dihafal dan Dipahami

Berikut lafadz doa pembuka majelis ilmu sesuai sunnah :

1. Doa pembuka majelis yang berisi pujian bagi Allah dan Nabi Muhammad SAW.

Doa Pembuka Majelis Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa pembuka majelis 1 - Image from www.wajibbaca.com

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya :
Segala puji bagi Allah Tuhan Seluruh Alam. Semoga shalawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

2. Doa pembuka majelis yang berisi permohonan ampun kepada Allah SWT.

Doa Pembuka Majelis Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa pembuka majelis 2 - Image from www.wajibbaca.com

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Artinya :
Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Allah limpahkanlah shalawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

3. Doa pembuka majelis sebagai ucapan syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Doa Pembuka Majelis Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa pembuka majelis 3 - Image from www.wajibbaca.com

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam. Shalawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw beserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.

Baca Juga : Bacaan Doa Penutup Majelis yang Singkat dan Mudah Dihafal

4. Doa pembuka majelis yang berisi ucapan syukur kepada Allah SWT.

Doa Pembuka Majelis Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa pembuka majelis 4 - Image from www.wajibbaca.com

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Artinya :
Puji syukur kepada Allah, doa shalawat serta keselamatan semoga selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.

Kita boleh memilih doa mana saja diantara keempat doa ditas, karena keempat doa tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu mengucap syukur kepada Allah, serta mengharap syafaat Nabi Muhammad SAW. Keempat doa tersebut juga bisa digunakan untuk doa pembuka majelis konsultasi syariah.

Faedah Menghadiri Majelis

Seperti yang kita ketahui, majelis merupakan tempat berkumpulnya orang mukmin untuk memperdalam agama Islam. Berikut faedah atau keutamaan yang akan kita dapatkan ketika menghadiri majelis :

  • Mengamalkan perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW.
  • Mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.
  • Mendapatkan rahmat dari Allah SWT.
  • Mendapatkan pujian dari Allah SWT di hadapan para malaikat.
  • Menjalankan warisan para Rasul, yang mana sudah dijalankan oleh para sahabat sebelumnya.
  • Mendapatkan ilmu dari seorang ustadz/ustadzah.

Demikian artikel tentang doa pembuka majelis ini. Semoga kita bisa mengamalkannya dengan cara menghadiri majelis sebanyak-banyaknya.