Doa Pembuka Acara Singkat dan Mudah Dihafal

 24 Dec 2018  anisa nurfadila
Doa Pembuka Acara Singkat dan Mudah Dihafal

doa pembuka acara via alfachriyah.org

Ketika menghadiri suatu acara, kita disuruh untuk membaca doa pembuka acara. Doa seperti apa yang akan kita baca? Yuk mengetahui doa pembuka acara sesuai ajaran rasul berikut ini. Singkat dan mudah dihafal lho!

Pernah nggak pada suatu acara disuruh baca doa pembuka acara? kalau sudah biasa mah ngga masalah. Tapi bagi yang belum pernah mungkin bingung bacaan doa apa untuk membuka acara.

Dalam membuka suatu acara, pidato, atau pertemuan (majelis) kita tentu sering mendengar ada doa pembuka acara.

Bagi yang mau mengadakan acara, pernikahan, lamaran, rapat, perpisahan sekolah, dll. Baca: Susunan Acara: Pernikahan, Lamaran, Ulang Tahun, Perpisahan dan Rapat

Ada beberapa doa pembuka majelis yang dapat kita gunakan dikala membuka suatu pembicaraan atau mengawali pidato. Berikut ini 4 doa pembuka acara yang sesuai sunnah, lengkap dengan artinya.

Biar Acaranya Lancar, Jangan Lupa Baca: Doa agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Diberi Kelancaran dan Kesehatan

Dalam membuka suatu acara, pidato, atau pertemuan (majelis) kita tentu sering mendengar seseorang membaca doa-doa untuk mengawali pembicaraan. Doa-doa yang dibacakan tersebut sering dikenal dengan istilah doa pembuka acara.

Doa ini merupakan suatu munajat kepada Alloh agar pertemuaan atau acara yang tengah berlangsung mendapatkan ridho-Nya. Nah, bagi Anda yang ingin belajar berpidato atau hendak menjadi pembawa acara, maka akan lebih baik bila Anda menghapalkan doa ini.

Pidato yang sangat menggetarkan hati: Pidato Kapolda Nusa Tenggara Barat ini Membuat Hati Tergetar

Bila menjadi pembawa acara bisa melihat contoh disini : Contoh Teks Pembawa Acara

Doa pembuka acara biasanya dilakukan dengan membaca khutbatul hajah. Khutbatul hajah adalah doa dimana Rasulullah SAW senantiasa membacanya di banyak kesempatan.

Doa ini biasa dibaca saat akan khutbah, ceramah, baik pada pernikahan, muhadharah (ceramah) ataupun pertemuan, mukadimah pidato serta pengajian dan sunnah ini pun di lanjutkan oleh sahabat-sahabat lainnya.

Sebelum lanjut pada pembahasan doa pembuka acara, kita pahami dulu awal dari berdoa yaitu adab berdoa berikut ini:

Adab Saat Berdoa

Penting untuk diketahui ada beberapa adab saat kita sedang berdoa kepada Allah SWT, berikut penjelasannya:

  1. Kita harus khusyu' dalam berdoa atau kita harus bersungguh-sungguh berdoa seraya mengharap agar segera dikabulkan oleh Allah SWT.
  2. Saat mengucapkan doa harus di resapi dan di maknai serta memantapkan hati. Karena di dalam doa pembuka dan penutup acara terdapat banyak sekali maknanya.
  3. Mengangkat kedua tangan dengan telapak tangan terbuka di depan dada atau di pertengahan dada.
  4. Berdoa dengan menghadap kiblat
  5. Jangan tergesa-gesa dalam membacakan doa, malainkan kita harus tetap tenang.

Ada beberapa macam doa pembuka acara yang biasanya dibacakan di berbagai majelis, diantaranya ada berikut ini

Baca: Doa Pernikahan Untuk Pengantin Baru Agar Mereka Bahagia Selamanya

Doa Pembuka Acara Sesuai Sunnah Rasul

Ada beberapa doa pembuka acara yang dapat kita gunakan di kala membuka suatu pembicaraan atau mengawali pidato. Kita bisa menggunakan salah satunya yang paling mudah. Setelah membaca salam, pribadi baca satu di antara doa-doa berikut ini.

1. Doa Pembuka Acara 1

Doa Pembuka Acara Singkat dan Mudah Dihafal

doa pembuka acara satu via fontaines-aux-images.blogspot.com

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

"Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya".

2. Doa Pembuka Acara 2

Doa Pembuka Acara Singkat dan Mudah Dihafal

doa pembuka acara dua via fontaines-aux-images.blogspot.com

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

"Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Yang Mahakuasa berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Yang Mahakuasa sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Yang Mahakuasa limpahkanlah salawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya".

3. Doa Pembuka Acara 3

Doa Pembuka Acara Singkat dan Mudah Dihafal

doa pembuka acara tiga via fontaines-aux-images.blogspot.com

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

"Segala puji bagi Yang Mahakuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iktikad dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya".

4. Doa Pembuka Acara 4

Doa Pembuka Acara Singkat dan Mudah Dihafal

doa pembuka acara empat via fontaines-aux-images.blogspot.com

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

"Puji syukur kepada Allah, doa salawat serta keselamatan biar selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah".

Setelah membaca doa pembuka majelis, selanjutnya jadwal dapat dilanjutkan dengan membacakan susunan acara. Sebagai contoh, susunan jadwal untuk majelis taklim, keagamaan, atau jadwal resmi, dapat digunakan susunan berikut:

  • Pembukaan.
  • Pembacaan ayat suci al-qur’an.
  • Tausyiah, pidato, sambutan-sambutan atau diskusi.
  • Penutup.

Doa Penutup Acara

Doa penutup majelis di baca 3 kali :

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhaabakallahumma wabihamdika ashadu anlaa ilaaha ilaaha illa anta astagfiruka wa atuubu ilaik

Artinya: "Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu".

Baca: Macam-Macam Doa Iftitah Sesuai Sunnah dan Hadits

Nah, demikianlah beberapa doa pembuka acara yang dapat kami sampaikan di kesempatan kali ini. Doa mengenai Teks Bacaan Doa Pembuka Acara lengkap bahasa arab dan artinya kali ini.

Doa pembuka acara diatas sangat cocok Bagaikan kalimat dan Perkataan pembuka suatu acara pengajian di karenakan memang sunnah yang diajarkan oleh Nabi SAW dan merupakan yang paling Generik, doanya pun cukup pendek dan ringkas. Semoga bermanfaat untuk kita semua. wallahu a’lam.