Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 12 Dec 2019

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

UNESCO Indonesia - Image from blog.misteraladin.com

Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini Yuk, kunjungi wisata-wisata yang termasuk dalam UNESCO Indonesia ini. Dijamin nggak bakal nyesel liburan kesini.

Liburan sebentar lagi, udah punya planning weekend belum? Nah, jika belum, nggak ada salahnya kamu mengunjungi wisata Indonesia yang masuk dalam warisan UNESCO.

Penasaran apa aja? Yuk, simak UNESCO Indonesia vacancy atau wisata Indonesia yang masuk dalam warisan UNESCO berikut ini.

Baca Juga :
1. 7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan
2. 7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi
3. 5 Tempat Wisata di Tasikmalaya Terbaru Cocok untuk Liburan

Apa sih UNESCO Indonesia Itu?

Nah, sebelum membahas wisata UNESCO di Indonesia, lebih baik kita ulas dulu yuk, apa itu UNESCO Indonesia.

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Ilustrasi UNESCO - Image from www.idpengertian.com

Selain keajaiban dunia, kamu pasti pernah dengar tentang UNESCO kan? Yap, UNESCO atau singkatan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization merupakan badan khusus PBB yang didirikan untuk mendukung perdamaian, dan keamanan antar bangsa dengan cara mempromosikan kerja sama melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya.

Nah, dari sini dapat kita simpulkan bahwa UNESCO Indonesia adalah lembaga yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang berfokus pada kinerja untuk pengembangan dan pengelolaan pengetahuan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

UNESCO Indonesia career atau karir Indonesia di UNESCO tidak bisa kita anggap remeh, khususnya di bidang kebudayaan dan pariwisata.

Pasalnya, UNESCO telah meresmikan 8 situs warisan dunia di Indonesia. Adapun seleksi yang dilakukan berdasarkan pada 10 kriteria, yaitu 6 kriteria untuk kategori warisan budaya, dan 4 kriteria untuk kategori warisan alam.

Beberapa situs disebut sebagai "situs warisan campuran," apabila melambangkan warisan alam sekaligus warisan budaya. Di Indonesia sendiri, terdapat 4 situs budaya, 4 situs alami, dan belum ada situs campuran.

Dilansir dari laman wikipedia.org, berikut wisata yang masuk dalam UNESCO Indonesia list.

  1. Candi Borobudur Magelang
  2. Tambang Batu Bara Ombilin, Sawahlunto, Sumatra Barat
  3. Lanskap kultur Provinsi Bali
  4. Taman Nasional Komodo NTT
  5. Taman Nasional Lorentz Papua
  6. Candi Prambanan Jawa Tengah
  7. Daerah manusia pra-sejarah Sangiran Jawa Tengah
  8. Hutan Hujan Tropis Sumatra
  9. Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Sedangkan situs alami dan budaya Indonesia berikut masih diajukan untuk menjadi situs warisan budaya UNESCO (situs yang termasuk kategori tentatif) :

  1. Kepulauan Banda Maluku
  2. Bawomataluo Nias Selatan
  3. Taman Nasional Betung Kerihun Kalimantan Barat
  4. Taman Nasional Bunaken Manado, Sulawesi Utara
  5. Kepulauan Derawan Berau, Kalimantan Timur
  6. Muara Takus Kampar, Riau
  7. Candi Muaro Jambi
  8. Gua Pettakere Maros, Sulawesi Selatan
  9. Kepulauan Raja Ampat Papua Barat
  10. Taman Nasional Taka Bone Rate Selayar, Sulawesi Selatan
  11. Toraja, Sulawesi Selatan
  12. Trowulan Mojokerto
  13. Taman Nasional Wakatobi Buton, Sulawesi Tenggara
  14. Sangkulirang Kalimantan Timur
  15. Kota Tua Jakarta
  16. Kota Lama Semarang
  17. Nagari Sijunjung Sijunjung, Sumatra Barat

UNESCO Indonesia List yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Setelah mengetahui objek wisata apa saja yang masuk dalam warisan UNESCO, pasti kamu ingin segera mengeksplornya kan?

Nah, berikut ini rangkuman beberapa UNESCO Indonesia yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

1. Candi Borobudur

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Candi Borobudur - Image from id.pinterest.com

Candi yang berlokasi di Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1991.

Nggak cuma menjadi salah satu tempat wisata favorit di Indonesia, Candi Borobudur juga merupakan candi Buddha terbesar di dunia.

Terdapat 3 zona yang ada di Candi Borobudur, yaitu zona Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Disini, kamu bisa melihat 2672 panel relief, 504 arca Buddha, dan 72 stupa yang menghiasi Candi Borobudur.

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Stupa Candi Borobudur - Image from id.pinterest.com

Kamu bisa mengunjunginya setiap hari, dari pukul 06.00 – 17.00 WIB.

HTM ke Candi Borobudur cukup ekonomis kok, yaitu 12,000 IDR untuk pelajar atau anak-anak, dan 30,000 IDR untuk dewasa. Tapi ingat ya, harga ini untuk wisatawan lokal, jadi HTM untuk wisatawan asing mungkin akan lebih mahal.

2. Candi Prambanan

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Candi Prambanan - Image from id.pinterest.com

Selain Situs Warisan Dunia versi UNESCO, Candi Prambanan juga merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, serta terindah di kawasan Asia Tenggara.

Ingat nggak, legenda Roro Jonggrang yang konon dibuatkan 1.000 candi oleh Bandung Bondowoso hanya dalam waktu semalam? Yap, itu adalah cerita legendaris yang selalu dikaitkan dengan Candi Prambanan .

Ketika memasuki halaman utama Candi Prambanan, kamu akan menemukan 3 candi yaitu candi Wisnu, Brahma dan Siwa. Ketiga candi itu dilambangkan sebagai trimurti dalam kepercayaan Hindu.

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Stupa Candi Prambanan - Image from id.pinterest.com

Candi yang memiliki total 240 candi, baik kecil maupun besar ini, bisa kamu kunjungi di Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan HTM yaitu 12,500 IDR untuk anak-anak, dan 30,000 IDR untuk dewasa.

Kamu bisa mengunjunginya setiap hari, Weekdays maupun Weekend, dan tidak mengenal hari libur nasional. Loket masuk candi dibuka pada pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Taman Nasional Ujung Kulon - Image from keepo.me

Sama seperti Candi Borobudur, Taman Nasional Ujung Kulon juga menjadi Situs Warisan Dunia pada tahun 1991. Wisata yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No.51 Kecamatan Labuan Pandeglang Banten ini memiliki salah satu satwa yang khas, yaitu badak Jawa atau Rhinoceros sondaicus.

Di Taman Nasional Ujung Kulon, terdapat lima jenis wisata yang bisa kamu jelajahi, mulai dari hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan tropis, dan padang rumput.

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Pulau Peucang TNUK - Image from www.instagram.com

Selain itu, terdapat pula beberapa pulau dengan pantai pasir putih di bagian ujung barat, yaitu Pulau Panaitan, Pulau Handeleum, Pulau Badul dan Pulau Peucang.

Tenang aja, kantong kamu nggak bakal bolong kok, karena HTM Taman Nasional Ujung Kulon cukup terjangkau. Menurut PP no. 12 Th 2014, berikut biaya yang harus kamu siapkan ketika berkunjung kesini.

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

HTM TNUK - Image from travelspromo.com

4. Taman Nasional Komodo

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Taman Nasional Komodo - Image from www.instagram.com

Tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Sedangkan sisanya hanya beberapa pulau kecil.

Nggak cuma melindungi komodo dan habitatnya saja, di tempat ini juga tumbuh 254 spesies tanaman yang berasal dari Asia dan Australia.

Selain bisa melihat komodo dari dekat, disini kamu juga bisa relaksasi di pantai dengan keindahan alam bawah laut yang luar biasa.

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Underwater Taman Nasional Komodo - Image from www.instagram.com

Tertarik mengunjunginya? Kamu perlu menyiapkan budget Rp 265.000 untuk weekdays, dan Rp 267.500 untuk weekend per orang per hari.

Ingat ya, harga diatas tidak termasuk diving. Menariknya, semakin banyak orang, maka harga tiket akan semakin murah. Untuk lebih jelasnya, cek di list harga berikut. 

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

HTM TN Komodo - Image from travel.detik.com

5. Situs Purbakala Sangiran

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Situs manusia pra-sejarah Sangiran - Image from keepo.me

Wisata yang berlokasi di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah ini dipilih oleh UNESCO pada tahun 1996. Hebatnya lagi, tempat ini dinilai sejajar dengan situs sejenis di negara lain. Diantaranya yaitu Zhoukoudian di Tiongkok, Willandra Lakes di Australia, Olduvai Gorge di Tanzania dan Sterkfontein di Afrika.

Situs ini merupakan situs yang secara khusus digunakan untuk perkembangan bermacam – macam bidang ilmu pengetahuan, diantaranya yaitu antropologi, arkeologi, paleoantropologi, biologi, dan geologi.

Yuk, Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini

Situs Purbakala Sangiran - Image from sains.kompas.com

Disini, kamu dapat mempelajari kehidupan manusia prasejarah, yang bisa dilihat dari fosil manusia purba, hasil – hasil kultur manusia purba, fosil flora dan fauna purba, dan ilustrasi stratigrafinya.

Terdapat 5 klaster museum di situs yang memiliki luas kurang lebih 59,21 km2 ini, yaitu :

  1. Museum Klaster Krikilan, yang menyajikan tentang kekayaan Sangiran, langkah-langkah kemanusiaan, dan masa kejayaan Homo erectus 500.000 tahun yang lalu.

  2. Museum Klaster Ngebung, yang menyajikan informasi tentang penggunaan fosil untuk pengobatan alternatif pada zaman purba, terutama di China.

  3. Museum Klaster Manyarejo, yang menyajikan potongan lapisan tanah yang dibuat saat kegiatan ekskavasi.

  4. Museum Klaster Bukuran, yang menyajikan teori evolusi, proses kepunahan, proses munculnya spesies baru, ragam hayati, dan proses adaptasi.

  5. Museum Klaster Dayu yang menyajikan ilmu geologi.

Meskipun menyajikan edukasi yang luar biasa, ketika mengunjungi kelima museum ini, kamu nggak perlu takut kantong bolong kok. Karena HTM untuk tiap klaster hanya 8,000 IDR, dan khusus untuk Klaster Dayu, kamu hanya dikenakan biaya 5,000 IDR.

Kamu bisa mengunjunginya setiap hari Selasa-Minggu (hari Senin libur) pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Kunjungi 5 Wisata UNESCO Indonesia Berikut ini Nah, dari rangkaian wisata UNESCO yang sudah kita bahas ini, manakah yang akan jadi tujuan wisata kamu?

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb