7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

 02 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Wisata di Bangka Belitung - Image from id.pinterest.com

Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Bosan berwisata ke pulau Jawa? Cobain deh 7 referensi tempat wisata di Bangka Belitung berikut ini.

Provinsi Bangka Belitung merupakan destinasi wisata yang mungkin tidak banyak orang tahu. Eits tapi jangan salah, provinsi ini menawarkan wisata yang nggak kalah bagus dari Bali maupun Yogyakarta.

Mulai dari pantainya yang menawan, gurun pasir ala Chile, hingga tempat bersejarah ada disini. Penasaran? Yuk, simak 7 tempat wisata di Bangka.

Belitung berikut ini yang mungkin bisa mengisi list liburan kamu.

Baca Juga :
1. 7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan
2. 7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi
3. 7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama, yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Selain itu, provinsi ini juga mempunyai ratusan pulau-pulau kecil, dengan total pulau yang telah mempunyai nama berjumlah 470 buah dan yang pulau berpenghuni hanya 50 pulau saja.

Bangka Belitung berada di bagian timur Pulau Sumatera, dan berdekatan dengan Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi ini dikenal sebagai daerah penghasil timah, serta memiliki kerukunan antar etnis. Selain itu, provinsi ini juga mempunyai pantai yang sangat indah, dam banyak tempat wisata yang ciamik.

Nah, berikut wisata di Bangka Belitung yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

1. Pantai Parai Tenggiri

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Parai Tenggiri - Image from sengpaku.blogspot.com

Pantai Parai Tenggiri berjarak sekitar 40 km dari ibukota Provinsi Bangka Belitung, yaitu Pangkalpinang. Pantai ini merupakan pantai paling indah di Bangka Belitung karena karakter ombaknya yang lembut dan permukaan yang landai.

Pantai yang satu ini juga mempunyai panorama yang eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas dan unik, dijamin beda dari yang lain deh!

Ketika kamu menaiki bebatuan granit tersebut, kamu akan dimanjakan keindahan Laut Cina Selatan yang teduh. Selain bersantai, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti banana boat, parasailing, hingga snorkeling.

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Parai Tenggiri - Image from id.pinterest.com

Nah, buat kamu yang suka mancing, disini tersedia penyewaan perahu pancing lengkap dengan peralatannya. Kalau kamu nggak yakin bisa mengeksplor pantai ini dalam satu hari, nggak usah khawatir, karena fasilitas akomodasi disini sangat lengkap, tersedia hotel sampai resort yang bisa kamu gunakan sebagai tempat menginap.

Harga tiket masuk Pantai Parai Tenggiri juga cukup terjangkau, yaitu sebesar 25 ribu rupiah per orang. Menariknya lagi, tiket ini bisa kamu tukarkan dengan makanan atau minuman yang ada di restoran yang terletak di pinggir pantai.
 
Tunggu apa lagi? Yuk segera kunjungi Pantai Parai Tenggiri di Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung.

2. Pulau Memperak

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pulau Memperak - Image from www.ayotraveling.co.id

Pulau Memperak merupakan tempat wisata di Pulau Belitung yang belum diketahui banyak wisatawan, eits tapi jangan salah, sepi pengunjung bukan berarti pantai ini tidak memiliki daya tarik.

Sebaliknya, pantai ini mempunyai panorama yang sangat eksotis. Salah satunya yaitu air laut yang biru kehijauan dan bersih, sehingga Pulau Memperak ini menjadi salah satu tempat snorkeling yang paling kece di Bangka Belitung.

Kamu bisa menikmati spot snorkeling terbaik untuk menikmati keindahan terumbu karang, dan aneka makhluk hidup lainnya di bagian utara, timur, dan barat Pulau Memperak.

Pulau Memperak termasuk pulau yang sepi, hanya ada penjaga pulau saja yang tinggal di sana. Oleh karena itu, kamu wajib membawa perbekalan yang cukup untuk menikmati pesona wisata Bangka Belitung yang satu ini.

Tertarik? Yuk, segera kunjungi Pulau Memperak di Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

3. Danau Kaolin Aek Biru

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Danau Kaolin Aek Biru - Image from camerawisata.com

Danau Kaolin merupakan danau yang tercipta karena penggalian tambang timah. Nah, setelah kandungan timahnya habis, danau ini pun merefleksikan warna langit biru yang sangat eksotis.

Kamu nggak usah khawatir akan mencium bau belerang yang menyengat, karena di danau ini tidak ada bau belerang sedikitpun. Kenapa bisa begitu? Yap, karena danau ini tidak terbentuk dari sebuah kawah. Jadi betah deh berlama-lama disini.

Jika kamu ingin merasakan suasana yang berbeda, maka disarankan untuk datang pada pagi maupun sore hari, karena kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau.

Lokasi Danau Kaolin Aek Biru: Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

4. Pelawan Namang

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pelawan Namang - Image from www.rmolbabel.com

Nah, seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, Bangka Belitung mempunyai gurun pasir ala Chile, yaitu Pelawan Namang.

Tempat wisata yang satu ini juga merupakan bekas aktivitas tambang, namun letaknya di Pulau Bangka. Bukit dan Gurun yang terletak di kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung ini akhir-akhir ini memang menjadi destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pelawan Namang - Image from www.pakettourbelitung.net

Lokasi perbukitan yang menyatu dengan gurun pasir ini hanya berada sekitar 800 meter dari Hutan Pelawan. Teriknya mentari yang menyinari Pulau Bangka semakin menambah eksotisme tempat ini, sehingga nggak berlebihan kalau menyebutnya mirip dengan Gurun Atacama yang ada di Chile.

Oh iya, kalau kamu tertarik kesini, kamu nggak perlu khawatir merogoh kocek yang dalam. Karena harga tiket masuk kesini 0 Rupiah alias gratis!

5. Pantai Matras

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Matras - Image from www.triptrus.com

Jika kamu sedang mencari tempat wisata di Bangka, maka kamu wajib banget mengunjungi Pantai Matras, pantai terpanjang di pulau Bangka.

Pantai Matras berlokasi di Kecamatan Sungai Liat yang berjarak hanya sekitar 33 kilometer dari Pangkal Pinang. Pantai ini adalah pantai terpanjang di Pulau Bangka, maka nggak heran jika kamu bisa memandang ke arah lautan seakan luas tak terbatas.

Dari Pangkal Pinang, kamu hanya perlu berkendara sekitar 30 menit untuk bisa menikmati air laut yang biru, jernih dan menawan di Pantai Matras. Halusnya pasir pantai dan megahnya bebatuan granit di sepanjang bibir pantai, juga menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Lokasi Pantai Matras : Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, sebelah timur laut Pulau Bangka.

6. Pantai Tikus

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Tikus - Image from ketahui.com

Jika kamu berwisata ke Pulau Bangka, maka kamu wajib banget mengunjungi Pulau Tikus. Tenang aja, kamu nggak bakal menjumpai ribuan tikus seperti yang ada di pikiranmu ketika mendengar nama tempat wisata ini.

Dinamakan Pantai Tikus karena ada banyak jalan tikus di area pantai yang konon merupakan jalan bagi para penambang gelap untuk membawa curian timah. Pantai Tikus ini diapit oleh dua pantai terkenal lainnya, yaitu Pantai Rebo dan Pantai Tikus Emas.

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Tikus - Image from aprerisalim.blogspot.com

Pantai Tikus juga dikenal dengan Pantai Vihara karena terdapat Vihara megah di sisi atas bukit area pantai. Kamu bisa mencoba naik ke Vihara Puri Agung ini, sambil menikmati pemandangan Pantai Tikus yang luar biasa indah.

Karena posisinya yang terletak di Timur Laut Pulau Bangka, pantai ini menjadi tempat favorit untuk berburu sunset maupun sunrise yang berpendar syahdu.

Lokasi Pantai Tikus: Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung.

7. Gunung Menumbing 

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Gunung Menumbing - Image from www.tripadvisor.co.id

Nah, jika kamu mencari tempat wisata di Bangka Belitung selain pantai, maka Gunung Menumbing adalah pilihan terbaik.

Berlokasi di daerah Mentok pada arah Barat Laut Pulau Bangka, Gunung Menumbing ini mempunyai ketinggian sekitar 355 meter dpl. Selain pemandangannya yang ciamik, Gunung Menumbing juga merupakan tempat bersejarah lho!

Gunung Menumbing ini merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan juga Bung Hatta oleh Belanda di tahun 1948-1949. Terdapat sebuah wisma yang masih terawat hingga kini yang menjadi tempat dua Proklamator RI tersebut diasingkan.

7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Gunung Menumbing - Image from sengpaku.blogspot.com

Wisma pengasingan tersebut dijaga oleh keluarga yang juga merupakan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dari generasi ke generasi, yang sedari awal memiliki tugas untuk menjaga Bung Karno dan Bung Hatta selama menjalani pengasingan di Pulau Bangka.

Nggak cuma kaya akan sejarah, Gunung Menumbing juga menjadi tempat kece untuk kamu para pencari spot foto.

Lokasi Gunung Menumbing : Desa Air Belo, Mentok, Kab. Bangka Barat, Bangka Belitung.

Nah, dari ketujuh referensi tempat wisata di Bangka Belitung ini, mana tempat yang akan kamu kunjungi? Itulah Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan.