7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

10 Dec 2019 Isfatu Fadhilatul

7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Pangandaran - Image from travelspromo.com

Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi Buat kamu yang gemar menjelajahi keasrian alam, cobain deh 7 tempat wisata di Pangandaran berikut ini!
Hamparan ombak yang eksotis, segarnya air curug, serunya berenang di sungai, itu semua bisa kamu dapatkan di Kabupaten Pangandaran. Nah, berikut ini 7 tempat wisata di Pangandaran yang wajib dikunjungi saat liburan.

Baca Juga :
1. 5 Wisata yang Tak Kalah Indah Dari Kebun Teh Puncak Bogor
2. 7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi
3. 7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Tempat wisata di Pangandaran dan Sekitarnya

Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Ibu kotanya adalah Parigi. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di sebelah utara, Kabupaten Cilacap di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah selatan, dan Kabupaten Tasikmalaya di sebelah barat.
Pangandaran terkenal akan keindahan wisata alamnya, pesona alam Pangandaran yang beragam menjadikannya sebagai salah satu tujuan traveling favorit tempat wisata di pangandaran, khususnya untuk kamu yang gemar menjelajahi keasrian alam.
Tertarik mengeksplor keindahan tempat wisata di Pangandaran? Berikut 7 rekomendasi tempat wisata di pangandaran ragam obyek wisata di Pangandaran yang bisa kamu jelajahi.
1. Pantai Batu Karas

7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Pantai Batu Karas - Image from www.instagram.com

Tempat wisata di pangandaran pertama adalah Pesona Pantai Batu Karas kini semakin populer, bahkan sudah mendunia. Hal itu setelah pantai ini terus berbenah dan selalu menawarkan atraksi terbaru bagi para wisatawan.
Tidak hanya panorama pantainya saja yang ciamik, disini kamu bisa menikmati atraksi wisata seperti memancing, surfing, banana boat, berenang, hingga menjelajahi hutan mangrove.
Pantai yang berlokasi di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran ini juga memiliki fasilitas yang cukup mumpuni, mulai dari restoran terapung, kafe, hotel, vila, hingga home stay. Paket yang lengkap banget kan? 

Nah, untuk masuk ke wisata Pantai Batu Karas, kamu perlu membayar HTM sebesar Rp. 14.000 jika membawa sepeda motor, dan Rp. 37.500 jika membawa mobil kecil. 

2. Pantai Batu Hiu

7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Pantai Batu Hiu - Image from www.instagram.com

Tempat wisata di Pangandaran 2019 selanjutnya adalah Pantai Batu Hiu, pantai ini menjadi salah satu obyek wisata Pangandaran yang paling favorit.
Berbeda dengan ombak di pantai Batu Karas, ombak di pantai Batu Hiu jauh lebih besar dan ganas, sehingga kamu hanya bisa menikmati keindahan panorama laut dari bibir pantai saja.
Selain menikmati keindahan pantai, disini kamu juga bisa melihat keindahan alam laut dari ketinggian tebing. Seru banget kan? Makanya, yuk segera kunjungi Pantai Batu Hiu di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 

Untuk masuk ke wisata Pantai Batu Karas, kamu akan dikenai biaya HTM sebesar Rp. 7.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 19.500 jika membawa mobil kecil.
3. Green Canyon

7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Green Canyon - Image from www.idntimes.com

Tempat wisata di pangandaran etis, ini bukan Green Canyon asli dari Amerika ya, ini hanya plesetannya saja, karena tempat wisata yang satu ini bisa dibilang hampir mirip dengan Green Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat.
Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah ini terkenal akan panoramanya yang asri dan eksotis.
Selain itu, tempat ini juga merupakan tujuan untuk melakukan body rafting menyusuri jeram-jeram diantara tebing tinggi dan pepohonan yang rimbun.
Tertarik? Yuk, segera kunjungi Green Canyon yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Kamu perlu menyiapkan budget Rp.150.000 untuk sewa sampan, dengan kapasitas maksimal 5 orang.
Catat jam bukanya ya, setiap hari mulai pukul 7.30 hingga 16.00 WIB.
4. Curug Luhur

7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Curug Luhur - Image from www.instagram.com

Tempat wisata di pangandaran Wisata Curug Luhur yang berlokasi di Dusun Cimanggu, Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini menyuguhkan panorama alam yang super duper indah, selain itu udaranya yang sejuk akan membuat kamu betah berlama-lama disini.
Dari kota Kabupaten Pangandaran ke Curug Luhur, kamu harus menempuh jarak kurang lebih 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.
Jika kamu ingin mengunjungi curug ini, disarankan ketika musim hujan, agar debit airnya besar sehingga terlihat menawan untuk di potret.
5. Goa Sinjang Lawang

7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Goa Sinjang Lawang - Image from www.instagram.com

Tempat wisata di pangandaran Goa Sinjang Lawang merupakan destinasi wisata di Pangandaran yang sangat cocok untuk kamu jiwa-jiwa petualang. Wisata satu ini memiliki rang yang sangat luas dengan formasi bebatuan yang apik.
Dengan panjang 500 meter, lebar sekitar 65 meter, dan tinggi 60 meter, membuat panorama alam di Goa Sinjang Lawang memang tak ada duanya, apalagi jika cahaya matahari menyelinap masuk dari celah bebatuan, dijamin deh akan menciptakan suasana yang lebih dramatis.
Tertarik mengunjunginya? Yuk, segera kunjungi Goa Sinjang Lawang yang berlokasi di Dusun Parinengan, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkap Lancar, Kabupaten Pangandaran.
Ingat ya, meskipun tiket masuk Goa Sinjang Lawang gratis, kamu tetap harus membawa uang secukupnya untuk menyewa beberapa alat, dan menyewa pemandu wisata lokal.
6. Pantai Pangandaran

7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Pantai Pangandaran - Image from idetrips.com

Tempat wisata di pangandaran Pantai yang ada di Desa Pananjung, Pangandaran ini bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Pangandaran yang menjadi favorit wisatawan.
Nggak cuma bersantai di bentangan pantai berpasir putih saja, disini kamu juga bisa menelusuri bibir pantai dengan menyewa perahu nelayan. Menarik banget kan?
Nah, untuk biaya masuk ke Pantai Pangandaran, kamu harus menyiapkan budget Rp. 13.500 jika kamu membawa sepeda motor, dan Rp. 34.000 jika membawa mobil kecil.
Oh iya update terbaru, pada tahun 2020 mendatang, jalur pantai dari Pangandaran menuju pantai Batu Karas sudah tersambung. Jadi bisa sekalian deh eksplor pantainya!
7. Cagar Alam Pananjung

7 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

Cagar Alam Pananjung - Image from www.instagram.com

Tempat wisata di pangandaran Tak jauh dari pantai Pangandaran, kamu akan menemukan wisata Cagar Alam Pananjung. Dengan luas area mencapai 530 hektar, wisata satu ini menjadi rumah bagi aneka flora dan fauna.
Hewan-hewan seperti banteng, rusa, beraneka jenis kera, biawak, tokek, ular, dan beraneka burung seperti cipeuw, cangehgar, jogjog, hingga si besar bunga Raflesia Arnoldi bisa kamu temukan di Cagar Alam Pananjung ini.
Selain bisa bertemu flora fauna langka, disini kamu juga bisa mengeksplor Gua Panggung, Gua Paraf, Gua Jepang dan beraneka eksotisme alam lainnya. Paket lengkap banget kan?
Jadi buruan deh, kunjungi Cagar Alam Pananjung di Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, atau sekitar 60 km dari Kota Banjar.
Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi Nah, dari beberapa referensi tempat wisata di Pangandaran 2020 yang sudah kita bahas ini, manakah yang akan jadi tujuan travelling kamu?

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa