7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

 10 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Tempat wisata di Bengkulu - Image from www.instagram.com

Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Kamu berencana liburan ke Bengkulu? Yuk, cari tahu 7 tempat wisata di Bengkulu berikut ini.

Bosan berwisata ke pulau Jawa? Maka tidak ada salahnya kamu mencoba meng-eksplor provinsi Bengkulu. Yap, provinsi yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatra ini mempunyai segudang tujuan wisata yang bisa kamu sambangi. Penasaran apa aja? Simak 7 objek wisata di Bengkulu berikut ini.

Baca Juga :
1. 5 Tempat Wisata di Tasikmalaya Terbaru Cocok untuk Liburan
2. 7 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan
3. 7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Bengkulu, lokasi wisata di Bengkulu, objek wisata di Bengkulu utara tahukah kamu? Provinsi Bengkulu mendapat julukan Bumi Rafflesia karena di provinsi inilah asal habitat bunga bangkai atau Rafflesia Arnoldi yang merupakan spesies bunga terbesar di dunia.

Meskipun pamor provinsi Bengkulu masih belum melampaui Lampung, namun Bengkulu memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik. Dan berikut 7 destinasi tempat wisata di Bengkulu, objek wisata di Bengkulu tengah, obyek wisata di Bengkulu yang wajib kamu kunjungi saat liburan. 

1. Bukit Kaba

7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Bukit Kaba - Image from www.instagram.com

Tempat wisata di Bengkulu yang pertama buat kamu pecinta alam, kamu wajib banget menyambangi Bukit Kaba. Bukit ini sebenarnya adalah gunung berapi yang masih aktif dan termasuk dalam kawasan Taman Wisata Alam tempat konservasi bunga raksasa Rafflesia Arnoldi. Jangan khawatir, untuk pendaki pemula, kalian bisa dengan mudah mencapai puncak bukit di ketinggian 1,937 mdpl saja. 

7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Bukit Kaba - Image from www.instagram.com

Di puncak bukit, kamu bisa menemukan area perkemahan yang selalu penuh saat liburan tiba. Area kawah hidup, kawah mati dan panorama alam hutan Bengkulu yang spektakuler menjadi daya tarik utama bukit ini.

Nah, untuk kamu yang ingin mengeksplor Bukit Kaba, kamu harus membayar biaya masuk sebesar Rp 12.500 pada hari biasa dan Rp 13.750 pada weekend. Biaya ini sudah termasuk asuransi para wisatawan.

Tertarik? Yuk, segera kunjungi Bukit Kaba di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

2. Bukit Batu Kandis

7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Bukit Batu Kandis - Image from www.tuntasonline.com

Nah, jika adrenalin kamu belum terpacu setelah mengeksplor Bukit Kaba, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Bukit Batu Kandis yang terletak di Desa Durian Demang, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Untuk mencapai puncak Bukit Batu Kandis, kamu harus melakukan panjat tebing setinggi 125 meter. Wah, udah cukup bikin keringetan kan?

Bukit Batu Kandis memiliki keunikan tersendiri, yaitu di puncaknya terdapat sebuah kolam berair jernih yang tidak pernah kering. Selain panjat tebing, kamu juga bisa melakukan aktivitas outdoor sport lainnya, misalnya seperti motor cross dan off-road.

3. Pantai Panjang

7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Panjang - Image from semarakpost.com

Nah, jika kamu mencari tempat wisata di Bengkulu kota, maka kamu wajib banget mengunjungi Pantai Panjang yang terletak di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, dan Kecamatan Ratu Samban Bengkulu ini.

Kok bisa banyak banget tempatnya? Yap, pantai ini memiliki garis pantai yang panjangnya yaitu sekitar 7 kilometer, dan lebar pantai sekitar 500 meter. Maka tak heran jika mencapai 3 kecamatan sekaligus. Kamu bisa menempuh pantai ini hanya dalam waktu 9 menit saja dari pusat Kota Bengkulu.

Pasir pantai yang putih, serta deretan pohon cemara di area bibir pantai menjadi keunggulan tersendiri. Fasilitas disini juga sangat lengkap. Disini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan olahraga, misalnya seperti volly pantai, jogging, dan berselancar.

4. Pantai Lais

7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Lais - Image from www.bangmamad.com

Untuk kamu yang sedang ada di Bengkulu Utara, dan sedang mencari tempat wisata di Bengkulu Utara yang asyik, maka kamu harus memasukkan Pantai Lais di list liburan kamu.

Yap, pantai yang berada di Tebing Kandang, Air Napal, Kabupaten Bengkulu Utara ini memang menjadi tempat favorit para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Lokasi pantai ini tepat berada di pinggir jalan raya Lintas Barat Sumatera, sehingga begitu mudah bagi wisatawan untuk menjangkaunya.

Kalau kamu berangkat dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu, maka untuk menjangkau Pantai Lais, kamu akan membutuhkan sekitar 60 km, kamu bisa menuju kesana menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, tempat wisata di bengkulu selatan.

5. Sungai Manna

7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Sungai Manna - Image from indolah.com

Jika kamu mencari wisata selain pantai, maka kamu harus mengunjungi Sungai Manna, apalagi kalau kamu mempunyai jiwa petualang.

Meskipun hanya sebuah sungai, namun sungai yang satu ini cukup menarik perhatian pecinta olahraga ekstrim. Selama menyusuri sungai, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar Sungai Manna yang menakjubkan.

Tapi ingat ya, buat kamu yang belum punya nyali, disarankan untuk tidak melakukan arung jeram di sungai yang satu ini. Bisa-bisa kamu nangis lho!

6. Curug Sembilan Tingkat

7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Curug Sembilan Tingkat - Image from www.merdeka.com

Nah, jika biasanya curug mempunyai satu hingga tingkat air terjun, maka tempat wisata di Bengkulu ini punya sembilan tingkat sekaligus! Kebayang nggak sih seberapa eksotisnya?

7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Curug Sembilan Tingkat photo 2 - Image from www.merdeka.com

Sebelum sampai ke Curug Sembilan Tingkat, kamu sudah dimanjakan dengan panorama hutan lindung yang dipenuhi kekayaan alam flora dan fauna. Perhatikan kanan kirimu ya, siapa tahu kamu bisa bertemu dengan si bunga raksasa, Rafflesia Arnoldi.

Tertarik? Yuk, kunjungi Curug Sembilan Tingkat di Desa Tanah Hitam Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara.

7. PLTA Musi Ujan Mas

7 Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

PLTA Musi Ujan Mas - Image from wisatalengkap.com

Nah, wisata yang satu ini anti mainstream banget, karena bukan pantai, sungai, dan bukan pula curug. Yap, PLTA Musi Ujan Mas .

PLTA ini mempunyai desain yang megah, dan panorama yang ciamik. Berasa di negeri dongeng deh!

Tahukah kamu? PLTA Musi Ujan Mas terletak di hulu Sungai Musi. Ya, Sungai Musi yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia dan lebih banyak dikenal berlokasi di Palembang ini, ternyata mempunyai hulu sungai di Bengkulu.

Jadi jangan lupa ya, saat kamu ada di Bengkulu, sempatkanlah mengunjungi PLTA Musi Ujan Mas yang terletak di Desa Ujan Mas Atas, Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Nah, dari rangkaian tempat wisata di Bengkulu yang sudah kita bahas diatas, manakah yang akan jadi tujuan wisata kamu?