7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

 20 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Reog Ponorogo - Image from id.pinterest.com

Ponorogo tidak hanya terkenal akan Reognya saja lho. Nah, berikut 7 wisata Ponorogo yang wajib banget kamu kunjungi!

Mendengar kata Ponorogo, yang terbesit dalam pikiran kita pasti kebudayaan Reog. Namun tahukah kamu, selain kental akan kebudayaan ternyata Ponorogo juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata.

Penasaran? Yuk, simak 7 destinasi wisata Ponorogo berikut ini yang mungkin bisa masuk dalam list liburan kamu!

Baca Juga :
1. Keren! Wisata Baturraden, Foto Disini Serasa Keliling Dunia
2. 7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan
3. 7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Wisata Ponorogo Terbaru

Ponorogo merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya  terletak di bagian barat provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah atau kurang lebih sekitar 220 km arah barat daya dari ibu kota provinsi Jawa Timur yaitu Surabaya.

Kabupaten Ponorogo mempunyai julukan Kota Reog atau Bumi Reog karena daerah ini adalah daerah asal kesenian Reog. Selain itu, Ponorogo juga dikenal sebagai Kota Santri lho, karena kabupaten ini memiliki banyak pondok pesantren, salah satu yang paling terkenal yaitu Pondok Modern Darussalam Gontor yang lokasinya di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak.

Meskipun dikenal sebagai kota santri, tidak berarti Ponorogo hanya dipenuhi wisata religi saja. Disini menyimpan banyak sekali wisata alam yang wajib banget kamu kunjungi. Nah, berikut beberapa referensi wisata di Ponorogo yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

1. Coban Lawe

7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Coban Lawe - Image from vebriansakti1.blogspot.com

Coban Lawe memang pintar sembunyi, letaknya ada di kaki lereng Gunung Wilis. Tapi nggak selamanya wisata ini bisa disembunyikan, buktinya sekarang banyak wisatawan yang datang untuk merasakan segarnya air terjun di Coban Lawe ini.

Selain air terjunnya yang eksotis dengan debit air yang cukup deras, sejuknya air dan hijaunya pemandangan di sekitar bakalan bikin kamu betah deh berlama-lama disini.

Tertarik? Yuk segera kunjungi Coban Lawe di Desa Krisik, Pegunungan, Krisik, Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu Rp. 3.000 saja.

2. Mloko Sewu

7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Mloko Sewu - Image from www.tripzilla.id

Siapa yang hobi foto-foto? Nah, buat kamu yang demen eksis di sosial media, kamu wajib banget datang ke Mloko Sewu. Tempat ini selain menawarkan pesona alam yang menakjubkan, juga menyediakan spot foto yang instagramable.

Disini kamu bakal dimanjakan dengan kebun bunga matahari, rumah pohon, pintu langit hingga spot selfie berpanorama Telaga Ngebel dari ketinggian. Jangan sampai kelewatan deh, yuk segera kunjungi Mloko Sewu yang berlokasi di Prumbon, Pupus, Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Dengan harga tiket masuk 5,000 IDR per orang.

3. Tumpak Pare

7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Tumpak Pare - Image from youtube.com

Ingin merasakan sensasi puncak? Tumpak Pare tempatnya. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata anti-mainstream di Ponorogo yang wajib banget kamu kunjungi.

Di Tumpak Pare kamu dapat melihat panorama alam Ponorogo yang berbukit dan hijau, serta deretan pepohonan di kejauhan yang istimewa. Selain itu, udara yang sejuk dijamin akan membuat pikiran kamu plong.

Lokasi Tumpak Pare : Slorok, Cepoko, Ngrayun, Ponorogo, Jawa Timur.

4. Air Terjun Sunggah

7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Air Terjun Sunggah - Image from www.youtube.com

Jika kamu suka dengan wisata alam yang masih asri, maka kamu wajib datang ke Air Terjun Sunggah.

Wisata yang terletak di Dukuh Sambi, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter, dengan menawarkan view alam dan nuansa hutan yang asri.

Selain itu, ada juga persawahan dengan sistem terasering, yang membuat tempat wisata ini makin unik. Tertarik? Yuk segera kunjungi Air Terjun Sunggah, kamu nggak perlu merogoh kocek sepeserpun, alias gratis!

5. Gunung Cumbri

7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Gunung Cumbri - Image from www.superadventure.co.id

Suka hiking? Jangan lewatkan Gunung Cumbri, ya! Gunung ini terletak di perbatasan antara Ponorogo, Jawa Timur dan Wonogiri, Jawa Tengah. Karena keistimewaan panorama alamnya, sepertinya tempat ini nggak perlu dipermasalahkan buat masuk ke destinasi wisata kamu.

Dari puncak Bukit Cumbri, kamu dapat menikmati gugusan perbukitan dengan nuansa yang super duper indah. Kamu juga bisa menjadikan tempat ini sebagai spot bercengkrama dengan sunset maupun sunrise dengan latar panorama perbukitan yang ciamik.

Lokasi Gunung Cumbri : Kepyar, Purwantoro, Ngudal, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

6. Air Terjun Kokok

7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Air Terjun Kokok - Image from www.reresepan.com

Wisata Air Terjun Kokok atau Air Terjun Mlaten merupakan salah satu wisata Ponorogo 2019 yang terbilang masih baru, karena tempat ini baru saja dikenal dalam beberapa bulan terakhir.

Kamu bisa melihat nuansa alam yang alami dari lingkungan sekitar air terjun ini. Selain itu, kontur air terjun yang bertingkat dengan air yang jernih dan sejuk bakalan bikin kamu ogah pulang.

Nggak cuma bisa mengagumi keindahan alamnya saja, tapi kamu juga bisa menikmati dinginnya air dengan berenang di aliran air terjunnya. Asyik banget deh!

Lokasi Air Terjun Kokok : Senarang, Temon, Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur

7. Gunung Masjid

7 Destinasi Wisata Ponorogo Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Gunung Masjid - Image from @farizal_hakim

Wisata yang satu ini mempunyai bentuk menyerupai kubah, sehingga disebut sebagai Gunung Masjid.

Disini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah dengan hamparan karpet alami yang hijau dan udara sejuk yang akan menyihir siapapun yang datang kesini. Tapi ingat ya, jangan sampai merusak alam disini karena bisa dibilang tempat ini masih sangat alami.

Lokasi Gunung Masjid : Perhutanan, Pandak, Balong, Ponorogo, Jawa Timur.

Nah, dari ketujuh wisata Ponorogo tersebut, mana yang akan masuk dalam list liburanmu?