Tips-tips Sebelum Membuat Seminar Bisnis

23 Dec 2019  Isfatu Fadhilatul

Tips-tips Sebelum Membuat Seminar Bisnis

Ilustrasi seminar bisnis - Image from www.freepik.es

Tips-tips Sebelum Membuat Seminar Bisnis Ingin membuat seminar bisnis? Ketahui dulu tips-tipsnya berikut ini.
Seminar bisnis mempunyai banyak sekali manfaat, oleh karena itu, selain memberikan ilmu dan manfaat bagi orang lain, membuat seminar bisnis juga akan mendatangkan keuntungan.
Nah, sebelum membuat seminar bisnis, ada hal-hal yang harus dipersiapkan agar seminar berjalan lancar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kiat-kiatnya berikut ini.

Baca Juga :
1. Cara Penetapan Harga Produk Baru
2. Ternyata Mudah dan Anti Ribet, Begini Cara Jualan di Lazada
3. Inilah 5 Ide Bisnis Jual Makanan Online yang Paling Laris

Tips Sebelum Mengadakan Seminar Bisnis

Pada zaman milenial seperti sekarang ini, terdapat banyak sekali acara seminar mulai dari seminar bisnis online, seminar bisnis digital, seminar bisnis properti, seminar bisnis internet kwet liung, dan sebagainya.
Umumnya, tolak ukur kesuksesan sebuah acara seminar selalu diukur dari berapa banyaknya audience (orang) yang datang ke seminar tersebut, ataupun bisa juga dilihat dari berapa banyak engagement yang mungkin ada pada acara seminar tersebut, bisa berupa penjualan produk dan lain-lain.
Apabila dihitung dalam kurun waktu tahunan, biasanya setiap orang setidaknya akan menghadiri 3-4 kali acara seminar dalam setahun.
Nah, dari informasi diatas, kita bisa mengetahui seberapa penting menyelenggarakan seminar yang sukses dan menarik orang untuk datang ke acara kita.
Selain itu, mengingat biaya untuk menyelenggarakan seminar juga sangat mahal, mulai dari biaya sewa ruangan, dekorasi, pencahayaan, konsumsi, pembicara, dan souvenir atau goodie bag seminar. Maka biaya tersebut akan membengkak jika tidak didukung dengan jumlah attendance yang tidak sesuai.
Lalu apa yang harus kita perhatikan dalam menyelenggarakan seminar itu? Kemudian apa yang membedakan acara seminar yang sukses dengan acara seminar yang gagal? Kita akan pelajari lebih lanjut dalam poin-poin berikut ini.

  1. Peserta
    Anda harus memastikan untuk siapakah seminar itu diadakan ? Apakah untuk level staff, middle management, top management atau mungkin secara general atau keseluruhan. Hal ini sangat penting agar Anda bisa mencari pembaca seminar atau narasumber yang sesuai untuk berkomunikasi dengan para audience.
  2. Tema
    Seminar yang sukses adalah seminar yang mampu memberikan informasi yang jelas dan tepat sesuai dengan tema seminar. Tema bertujuan agar narasumber dapat memberikan materi yang pas, tepat, cocok dan aplikatif (mudah untuk dipraktekkan).
    Contohnya seperti ini, jika Anda mengadakan seminar bisnis Jogja 2019, maka tema yang cocok adalah cara mengembangkan bisnis travel. Hal ini sangat sesuai mengingat Joga merupakan salah satu destinasi wisata, yang mana permintaan layanan travel selalu dibutuhkan.
    Selain itu, tema yang sesuai juga bertujuan agar seminar menjadi efisien, baik dari segi biaya maupun tepat sasaran dengan target audience.
  3. Promosi

    Promosi juga harus Anda lakukan agar dapat menarik banyak pengunjung, Anda bisa melakukan promosi mulai dari selebaran, sosial media, maupun media promosi tidak langsung seperti souvenir acara.
    Anda juga bisa memanfaatkan laman-laman di media sosial, ataupun paid promote di akun yang sudah terverifikasi. Ingat ya, Anda juga harus memperhatikan dari segi lokasinya. Misalnya seperti ini, jika Anda berencana membuat seminar bisnis Surabaya, maka Anda harus mempromosikannya di sekitar Surabaya, jangan jauh-jauh hingga ke Bali.
  4. Budget atau rincian biaya
    Lakukanlah alokasi budget khusus dan wajib untuk digunakan dalam jangka panjang, maksudnya seminar tersebut harus dilakukan secara berkala, bukan hanya sekali saja. Hal ini berguna agar audience mampu merefresh dan melakukan lagi hal-hal yang telah dipelajari dari seminar sebelumnya.
    Anda harus memperhitungkan budget secara detail, serta harus memiliki cadangan atau biaya tak terduga. Budget ini harus meliputi investasi biaya narasumber, tempat seminar, akomodasi, konsumsi, sertifikat dan lain sebagainya.
  5. Operasional pelaksanaan
    Anda harus merencanakan seluruh operasional seminar bisnis secara matang, mulai dari tempat, peralatan, susunan acara, MC, panitia dan lain sebagainya.
    Anda juga harus memastikan ada bagian atau panitia khusus yang menangani narasumber, hal ini agar narasumber bisa memberikan materi secara maksimal untuk para audience.
    Jadi, ketika audience merasa seminar yang Anda adakan itu bermanfaat, maka mereka akan mengikuti acara seminar yang Anda adakan selanjutnya. Bukan tak mungkin Anda akan mengadakan seminar-seminar serupa di berbagai kota.
    Misalnya tahun ini mengadakan seminar bisnis Malang, maka tahun depan Anda bisa berpindah ke wilayah Sidoarjo, Surabaya, dan seterusnya.
  6. Memberikan waktu istirahat
    Waktu istirahat atau jeda sangatlah penting bagi audience, hal ini karena pada dasarnya manusia tidak dapat berkonsentrasi secara terus menerus terutama di atas 2-3 jam.
    Oleh karena itu, ada baiknya Anda memberikan waktu istirahat agar audience bisa melepas kepenatan atau kebosanan, sehingga mereka dapat lebih fokus pada acara atau sesi selanjutnya. Faktanya, memaksakan acara yang terlalu padat dinilai tidak terlalu efektif bagi peserta acara.

Demikianlah artikel tentang tips-tips sebelum mengadakan seminar bisnis 2019 ini, semoga bermanfaat.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa