Penyakit TBC: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 13 Dec 2019

Penyakit TBC: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Ilustrasi TBC - Image from id.pinterest.com

Penyakit TBC: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Apa sih yang dimaksud dengan penyakit TBC itu? Berikut selengkapnya.

Penyakit TBC atau Tuberkulosis merupakan penyakit yang biasa terjadi di Indonesia. Lalu bagaimana sih gejalanya? Berikut penjelasan lengkap mengenai gejala, penyebab, pencegahan, dan pengobatan TBC. 

Apa Itu Penyakit TBC?

Penyakit TBC adalah penyakit paru-paru yang akan menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama atau lebih dari 3 minggu. Batuk ini biasanya berdahak, dan terkadang sampai mengeluarkan darah.

TBC tidak hanya berupa penyakit TBC paru saja, akan tetapi juga penyakit TBC tulang, usus, bahkan TBC kelenjar.

Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri atau kuman Mycobacterium tuberculosis. Kuman ini menyebar di udara melalui percikan ludah penderita TBC, misalnya ketika berbicara, batuk, atau bersin. 

Apakah penyakit TBC menular? Jawabannya adalah iya, akan tetapi meskipun demikian, penularan TBC tidak semudah penyebaran flu, penularannya membutuhkan kontak yang cukup dekat dan cukup lama dengan penderita.

Semakin lama seseorang berinteraksi dengan penderita TBC, maka semakin tinggi pula resiko untuk tertular. Misalnya seperti anggota keluarga yang tinggal bersama dengan penderita TBC.

Selain itu, penyakit TBC juga lebih rentan terkena pada seseorang yang mempunyai kekebalan tubuh yang rendah, misalnya seperti penderita HIV dan AIDS.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, penyakit TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri, dan penularannya tidak semudah flu, sehingga Anda tidak akan langsung tertular jika hanya sekedar berjabat tangan dengan penderita TBC. 

Akan tetapi, ada beberapa orang yang rentan tertular penyakit ini, yaitu :

  1. Orang yang hidup di pemukiman padat dan kumuh.
  2. Petugas medis yang kerap berhubungan dengan penderita TBC.
  3. Lansia dan anak-anak.
  4. Pengguna NAPZA.
  5. Orang yang kecanduan alkohol.
  6. Perokok aktif.
  7. Orang yang menderita penyakit ginjal stadium lanjut.
  8. Orang yang menderita diabetes dan kanker.
  9. Orang yang kekurangan gizi.
  10. Orang yang mengkonsumsi obat jenis imunosupresif, obat ini umumnya digunakan untuk mengobati penyakit lupus, psoriasis, rheumatoid arthritis, dan crohn.

Gejala TBC​

Selain gejala yang bisa dilihat yaitu berupa batuk yang berlangsung lama, penyakit TBC disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis ini, juga akan menimbulkan beberapa gejala lainnya, seperti :

  • Demam.
  • Lemas.
  • Berat badan turun.
  • Nafsu makan menurun.
  • Nyeri dada.
  • Berkeringat di malam hari.

Baca Juga :
1. Penyebab, Gejala, dan Obat Trigliserida yang Ampuh
2. Difteri: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Penanganannya
3. Pengentalan Darah: Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya

Pengobatan TBC

TBC bisa dideteksi dengan pemeriksaan dahak. Selain itu, beberapa tes lain yang dapat dilakukan untuk mendeteksi penyakit TBC adalah foto Rontgen dada, tes darah, dan tes kulit (Mantoux).

TBC bisa disembuhkan apabila penderitanya rutin mengkonsumsi obat sesuai dengan resep dokter. Nah, untuk pengobatan TBC sendiri, penderita diharuskan minum beberapa jenis obat dalam jangka waktu yang cukup lama, atau minimal 6 bulan. Obat tersebut umumnya berupa :

  1. Isoniazid.
  2. Rifampicin.
  3. Pyrazinamide.
  4. Ethambutol.

Meskipun penyakit menular, TBC bisa dicegah dengan cara pemberian vaksin, sebaiknya vaksin ini dilakukan sebelum bayi berusia 2 bulan. Selain itu, pencegahan terhadap TBC juga dapat dilakukan dengan cara berikut :

  1. Menggunakan masker ketika berada di tempat ramai.
  2. Menutup mulut saat bersin, batuk, dan tertawa.
  3. Tidak membuang dahak dan ludah di sembarang tempat.

Penyakit TBC: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan Itulah pembahasan tentang penyakit TBC disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb