Penyebab, Gejala, dan Obat Trigliserida yang Ampuh

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 04 Dec 2019

Penyebab, Gejala, dan Obat Trigliserida yang Ampuh

Ilustrasi Trigliserida - Image from www.honestdocs.id

Penyebab, Gejala, dan Obat Trigliserida yang Ampuh Berikut daftar obat trigliserida mulai dari bahan alami hingga obat medis yang bisa Anda temukan di apotek.

Seperti halnya kolesterol, orang yang mempunyai kadar trigliserida tinggi akan lebih beresiko terserang penyakit mematikan, misalnya seperti masalah jantung dan pankreas.

Dan berikut penyebab, gejala dan obat trigliserida untuk ibu hamil mulai dari bahan alami hingga obat medis yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi kadar trigliserida yang tinggi.

Baca Juga :
1. Pengentalan Darah: Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya
2. Cara Mengatasi Vertigo 100% Ampuh
3. Difteri: Penyebab, Gejala, Pencegahan dan Penanganannya

Apa Itu Trigliserida?

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah. Lemak trigliserida dihasilkan oleh organ hati, akan tetapi sebagian besar berasal dari makanan berlemak, misalnya seperti daging, keju, susu, minyak goreng, dan mentega.

Setiap lemak dari makanan yang dikonsumsi akan dipecah dan diubah menjadi energi. Dan setiap lemak yang tidak digunakan oleh tubuh, maka akan diubah menjadi trigliserida, yang kemudian disimpan di sel lemak. Dan saat dibutuhkan, trigliserida tersebut akan dilepaskan untuk digunakan sebagai energi.

Ketika asupan trigliserida yang berasal dari makanan melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, maka akan terjadi peningkatan kadar trigliserida dalam darah.

Trigliserida yang tinggi ini diduga bisa memicu penebalan pada dinding pembuluh darah, sehingga berisiko menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Penyebab Tingginya Trigliserida

Tingginya trigliserida selain disebabkan karena asupan lemak yang berlebihan, juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya, antara lain :

  1. Menderita penyakit keras, misalnya seperti diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit liver.
  2. Mempunyai kadar hormon tiroid yang rendah (hipotiroidisme).
  3. Mempunyai kelainan genetik yang disebut familial hypertriglyceridemia.
  4. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya seperti obat yang mengurangi cairan tubuh (diuretik), obat penekan sistem kekebalan tubuh (imunosupresif), obat antiradang jenis kortikosteroid, Vitamin A jenis retinoid, obat penyakit jantung jenis penghambat beta, dan obat HIV.
  5. Hormon estrogen dan progesteron.

Gejala Trigliserida

Trigliserida yang tinggi tidak menimbulkan gejala apapun. Namun jika muncul gejala, maka gejala tersebut berasal dari penyebab yang mendasarinya.

Maka sebagai pencegahan dini, sebaiknya Anda mengecek kadar trigliserida melalui tes trigliserida saat pemeriksaan darah. Tes ini merupakan rangkaian dari cek kolesterol atau profil lemak.

Pemeriksaan profil lemak sendiri sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 4-6 tahun sekali, guna memantau kadar lemak yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan juga stroke.

Guna mendapatkan hasil tes yang akurat, Anda dianjurkan untuk berpuasa selama 8-12 jam sebelum pengambilan darah. Kadar trigliserida diukur dalam satuan millimeter per desiliter (mg/dL), dan berikut kategori trigliserida berdasarkan jumlahnya.

  1. Normal : Kurang dari 150 mg/dL, atau kurang dari 1,7 mmol/L
  2. Batas tinggi : 150-199 mg/dL atau 1,8-2,2 mmol/L
  3. Tinggi : 200-499 mg/dL atau 2,3-5,6 mmol/L
  4. Sangat tinggi : 500 mg dL atau di atas 5,7 mmol/L

Pada orang yang mempunyai kadar trigliserida lebih dari 1.000 atau 2.000 mg/dL, atau yang disebut sebagai penderita hipertrigliseridemia, maka mereka akan mengalami gejala-gejala yang dapat dirasakan, antara lain :

1. Masalah pencernaan

Beberapa penderita hipertrigliseridemia mengeluhkan adanya rasa sakit atau nyeri pada bagian perut atau punggung. Selain itu, orang dengan kadar trigliserida lebih dari 2000 mg/dL juga menunjukkan gejala-gejala lainnya, seperti :

  1. Sakit perut
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Sesak napas
  5. Muncul gejala pankreatitis

2. Masalah pada kulit

Pada beberapa kondisi hipertrigliseridemia akut, mungkin akan muncul masalah kulit berupa timbunan lemak yang ada di bagian bawah kulit. Kondisi tersebut disebut dengan xanthoma. Beberapa jenis xanthoma yang diderita oleh pasien hipertrigliseridemia antara lain :

  1. Xanthoma striata palmaris
  2. Xanthoma tuberoeruptif
  3. Tuberous xanthoma
  4. Xanthoma tendon
  5. Xanthoma eruptif

Ada pula gejala lain yaitu munculnya corneal arcus atau noda keputihan di bagian depan kornea. Akan tetapi gejala ini sangat jarang terjadi.

Tidak menutup kemungkinan akan muncul tanda-tanda atau gejala yang tidak disebutkan di atas. Jadi apabila Anda memiliki kekhawatiran akan timbulnya gejala tertentu, maka segera periksakan ke dokter.

Obat Trigliserida Alami

Kadar trigliserida yang tinggi dapat diturunkan dengan bahan-bahan alami berikut ini :

  1. Alpukat

    Asam folat, asam pantotenat, niacin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation yang terkandung dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.

  2. Kubis

    Kubis atau yang juga disebut kol ini memiliki kandungan air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Selain itu, kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang dapat merangsang pembentukan glutation.

  3. Bawang merah

    Bawang merah mempunyai kandungan senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, serta gula darah.

  4. Bawang putih

    Bawang putih memiliki bahan aktif s-allyl cysteine, yaitu suatu komponen thioallyl yang berkhasiat sebagai hipolipidemik dan antitrombotik.

  5. Jati belanda

    Jati belanda bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah melalui kandungan lendir, tanin, dan alkaloid nya. Ketiga zat tersebut meskipun memiliki mekanisme kerja yang berbeda, akan tetapi ketiganya saling menunjang dalam menurunkan kadar lemak dan kolesterol darah.

  6. Kunyit

    Kunyit dipercaya mempunyai khasiat untuk melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, mempermudah persalinan, sebagai antibakteri dan antiinflamasi, serta memperlancar pengeluaran empedu ke usus.

  7. Seledri

    Akar seledri mengandung asparagin, pentosan, glutamin, tirosin, manit, zat pati, lendir, dan minyak atsiri yang berkhasiat untuk memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing.

  8. Angkak

    Angkak atau yang sering disebut dengan beras merah Cina ini merupakan sejenis cendawan berwarna merah. Berdasarkan penelitian, angkak dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

Selain obat alami juga dapat dengan obat trigliserida di apotik atau obat trigliserida resep dokter, berikut ini daftarnya:

Obat Medis Trigliserida

Selain menggunakan bahan alami, trigliserida juga dapat diturunkan dengan obat-obatan medis dan obat trigliserida yg bagus, diantaranya :

  1. Fibrat

    Fibrat biasa ditemukan dalam obat trigliserida fenofibrate dan gemfibrozil. Obat ini berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Akan tetapi, dokter tidak merekomendasikan obat ini kepada orang yang mempunyai penyakit hati atau penyakit ginjal.

  2. Statin

    Satin biasa ditemukan dalam obat trigliserida rosuvastatin dan atorvastatin. Obat ini selain menurunkan kadar kolesterol jahat, juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar trigliserida serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

  3. Asam nikotinat (niacin)

    Asam nikotinat berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL).

  4. Minyak ikan (asam lemak omega-3)

    Suplemen yang mengandung omega-3 atau minyak ikan berfungsi untuk menjaga kadar trigliserida tetap normal.

  5. Lipanthyl Supra 160

    Obat trigliserida lipanthyl yang satu ini mengandung fenofibrate dan agen hipolipidemia yang termasuk golongan fibrat, yang mampu mengurangi kolesterol dan trigliserida (asam lemak) dalam darah.

Nah, itulah Penyebab, Gejala, dan Obat Trigliserida yang Ampuh tadi beberapa obat trigliserida, mulai dari bahan alami hingga obat medis yang bisa Anda dapatkan di apotek. Semoga bermanfaat.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb