10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

 25 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Bekas jerawat - Image from kleresca.com.au

Bingung gimana caranya menghilangkan bekas jerawat? Yuk, simak beberapa masker untuk menghilangkan bekas jerawat berikut ini.

Meskipun bukan masalah besar, akan tetapi bekas jerawat seringkali bikin kamu nggak pede. Mau nyoba pakai produk kecantikan, takut alergi. 

Mau perawatan wajah di klinik kecantikan, nggak ada waktu. Sebenarnya kamu bisa aja sih, mengakalinya dengan foundation. Tapi ingat ya girls, terlalu sering memakai make up juga nggak baik buat kulit wajah kamu.

Nah, daripada repot-repot. Cobain deh beberapa referensi masker untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat berikut ini. Bahan-bahannya mudah, penggunaannya pun nggak ribet.

Baca Juga :
1. Apakah Bekas Jerawat Bisa Hilang Sempurna, Jawabnya Bisa dan Ada Disini
2. Tinjau Kesehatanmu dengan Melihat Letak Jerawat di Wajah!
3. 18 Makanan Penyebab Jerawat

Masker untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Mempunyai kulit wajah yang bersih dan sehat adalah dambaan semua wanita, namun nggak jarang beberapa wanita khususnya di Indonesia memiliki beberapa masalah kulit wajah. Misalnya berminyak, berkomedo, dan mempunyai banyak jerawat.

Jerawat emang bikin gemes, tanpa pikir panjang kita selalu memencetnya dengan anggapan agar cepat hilang. Namun itu adalah kesalahan besar! Memencet jerawat malah bikin jerawat makin meradang, hingga menimbulkan bekas jerawat yang susah dihilangkan. Bukannya bersih, eh makin kotor deh.

Tapi jangan khawatir girls, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami. Bahan alami ini selain mudah didapat, juga cenderung lebih murah dan minim efek samping.

Tapi kamu harus sabar, karena menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan-bahan alami akan memakan waktu yang cenderung lebih lama dibandingkan dengan perawatan dokter yang instan.

Nah, berikut ini bahan-bahan alami yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

1. Aloe Vera 

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Aloe vera - Image from id.pinterest.com

Masker aloe vera atau lidah buaya sangat cocok digunakan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Aloe vera ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, baik oily maupun kulit wajah yang cenderung kering.

Sensasi dingin dari aloe vera mampu memberikan efek relaksasi pada kulit saat penggunaan masker. Aplikasikan masker aloe vera setiap hari untuk membuat pori-pori kulit kamu mengecil, sehingga dapat membuat noda hitam bekas jerawat menghilang secara perlahan.

2. Kayu Manis

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Kayu Manis - Image from id.pinterest.com

Mungkin kebanyakan orang memakai kayu manis sebagai obat asam urat, tapi tahukah kamu? ternyata kayu manis juga bisa digunakan sebagai masker penghilang jerawat lho.

Caranya mudah banget, cukup kombinasikan kayu manis bubuk dengan air lemon, lalu aplikasikan pada bagian yang berjerawat seperti di wajah, leher, dan punggung.

Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan perawatan dengan masker kayu manis dan lemon ini secara rutin, minimal seminggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Putih Telur

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Putih Telur - Image from id.pinterest.com

Nah, buat kamu yang punya masalah pori-pori besar, putih telur merupakan pilihan yang bagus sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat dan komedo. Selain itu, pemilik tipe kulit berminyak juga sangat cocok menggunakan masker ini.

Cara membuat masker putih telur juga sangat mudah, yaitu :

  1. Campurkan putih telur dengan madu, aduk hingga rata.
  2. Aplikasikan pada kulit wajah secara merata. 
  3. Diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah mengering, bilas wajah menggunakan air hangat.
  5. Masker putih telur ini membantu mengangkat sel kulit mati sehingga secara perlahan dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

4. Masker charcoal

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Masker charcoal - Image from id.pinterest.com

Charcoal mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membuat wajah kamu terlihat lebih bersih. Cara menggunakan masker charcoal juga mudah banget.

  1. Gunakan toner sebelum memakai masker charcoal.
  2. Aplikasikan masker charcoal pada wajah.
  3. Diamkan 15 menit, jangan sampai membiarkan masker terlalu lama di wajah.
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Aplikasikan pelembab atau moisturizer setelah menggunakan masker ini, untuk menghindari kulit terlalu kering.

5. Lemon

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Masker lemon - Image from id.pinterest.com

Buat kamu yang mencari masker untuk menghilangkan bekas jerawat dan memutihkan wajah, maka lemon merupakan pilihan terbaik. Lemon mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk mengurangi bintik-bintik hitam dan masalah kulit lainnya yang disebabkan karena efek sinar matahari.

Lemon juga mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk mengelupas sel mati, dan menghilangkan jerawat sehingga membuat kulit wajah kamu jadi lebih putih.

Nah, berikut cara menggunakan masker lemon :

  1. Potong-potong lemon dan peras sehingga menjadi jus. 
  2. Tambahkan 1/2 sdm air dan aplikasikan ke wajah kamu menggunakan kapas.
  3. Diamkan 10-15 menit.
  4. Cuci dengan air bersih.
  5. Gunakan pelembab atau moisturizer harian kamu. 
  6. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Atau kamu juga bisa menggunakan cara ini :

  1. Campurkan 1 sdm jus lemon segar dengan 2 sdm madu.
  2. Oleskan pada wajah yang sudah bersih untuk menghilangkan kulit gelap. 
  3. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

6. Baking Soda 

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Baking Soda - Image from lifestyle.kompas.com

Jika biasanya baking soda dipakai untuk bahan makanan, maka sekarang baking soda juga bisa digunakan untuk masker penghilang jerawat. Baking soda berfungsi sebagai pengelupas sel kulit mati sehingga dapat membantu mengurangi bekas jerawat.

Cara menggunakan baking soda sebagai masker :

  1. Campurkan 2 sdm baking soda dan air hingga membentuk pasta. 
  2. Aplikasikan ke wajahmu, sambil pijat lembut dengan gerakan melingkar. 
  3. Diamkan selama 10-15 menit.
  4. Bilas dengan air hingga bersih.
  5. Aplikasikan pelembab setelah melakukan perawatan ini, agar kulit kamu tidak kering. 
  6. Jangan lakukan perawatan ini lebih dari dua kali dalam seminggu. 

7. Mentimun

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Mentimun - Image from id.pinterest.com

Mentimun bisa kamu jadikan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat dan bopeng. Hal ini karena mentimun mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kulit. Selain mengandung vitamin, mentimun juga kaya akan kandungan mineral, magnesium, dan kalium. Ketiga kandungan ini sangat bermanfaat untuk mengatasi bekas jerawat dan juga bopeng.

Cara menggunakan masker mentimun :

  1. Iris tipis-tipis mentimun.
  2. Letakkan di bagian wajah yang mempunyai bekas jerawat.
  3. Diamkan selama 30 menit.
  4. Bilas hingga bersih.
  5. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih cepat.

8. Tomat

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Masker tomat - Image from id.pinterest.com

Tomat mengandung antioksidan, solanin, saponin, vitamin C, dan likopen, sehingga bahan yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai masker penghilang bekas jerawat. Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Iris tipis-tipis tomat, kemudian tempelkan pada seluruh wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas bersih dengan air. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakannya secara rutin, minimal 2-3 kali dalam seminggu.

9. Belimbing wuluh

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Belimbing wuluh - Image from id.pinterest.com

Tidak banyak yang tahu jika belimbing wuluh kaya akan vitamin C yang terbukti ampuh dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Cara penggunaan belimbing wuluh sebagai masker sangat simpel dan mudah. Berikut ini cara penggunaannya :

  1. Siapkan 3 buah belimbing wuluh, cuci bersih.
  2. Haluskan belimbing wuluh.
  3. Oleskan pada bagian wajah yang mempunyai bekas jerawat.
  4. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

10. Bawang Putih

10 Masker Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Bawang Putih - Image from id.pinterest.com

Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon, dan sulfur yang mengandung anti bakteri, sehingga bahan dapur yang satu ini juga bisa kamu gunakan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Cara menggunakannya :

  1. Siapkan secukupnya bawang putih, haluskan.
  2. Oleskan pada wajah yang mempunyai bekas jerawat.
  3. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih.
  4. Ulangi cara di atas sebanyak 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari.

Nah, ternyata menghilangkan bekas jerawat secara alami tidak sesulit yang kamu bayangkan bukan? Sebaiknya lakukanlah perawatan dengan rutin agar bekas jerawat dapat segera hilang.

Namun jika menghilangkan bekas jerawat secara alami sudah kamu lakukan, tapi noda bekas jerawat nggak kunjung hilang, kamu bisa mencoba perawatan secara medis, misalnya seperti chemical peeling, dermabrasi, laser pada wajah, atau needling.

So girls, jangan lupa konsultasikan kepada dokter kulit mengenai jenis perawatan yang tepat untuk kondisi kulit kamu. Selamat mencoba.