7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

 13 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Tempat wisata Jepara - Image from iradiofm.com

Selain kerajinan ukiran, Jepara juga terkenal akan wisatanya lho. Yuk simak referensi tempat wisata Jepara berikut ini.

Jika kita mendengar kata Jepara, pasti yang terlintas di benak kita ialah ukiran mebel. Ya, keindahan ukiran Jepara sudah terkenal ke seluruh pelosok Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara.

Tapi tau gak sih? Selain ukiran mebel, ternyata Jepara juga punya segudang tempat wisata lho. Yuk simak tempat wisata Jepara berikut ini.

7 Tempat Wisata Jepara Terbaru

Jepara adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Jepara berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan.

Kabupaten Jepara dikelilingi oleh Kepulauan Karimunjawa yang sangat terkenal, selain itu Jepara juga dibentengi oleh Pegunungan Muria. Wah, kamu bisa bayangin kan betapa indahnya kabupaten ini?

Karena banyaknya pantai, gunung, dan air terjun membuat Kabupaten Jepara menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib banget kamu kunjungi.

Nah, berikut rangkuman beberapa tempat wisata Jepara terbaru yang bisa kamu masukkan ke dalam rencana liburanmu.

Baca Juga destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia :
1. 5 Tempat Wisata Bali Anti Mainstream
2. Waterboom Lippo Cikarang dan 4 Destinasi Wisata Keren di Cikarang
3. Wisata Iman, Taman Wisata 5 Agama di 'Dairi Sumatera Utara'

1. Karimunjawa

Karimunjawa dijuluki dengan The Paradise of Java, karena kabupaten inii memiliki segudang hal menarik mulai dari wisata pantai, wisata bahari bawah laut, hutan mangrove, hingga kearifan budaya yang sayang untuk dilewatkan.

7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Karimunjawa Jepara - Image from worldfortraveller.wordpress.com

Kegiatan asyik yang dapat kamu lakukan disana antara lain menjelajahi pulau, menelusuri kapal karam di Pulau Kemojan, merasakan sensasi keindahan pulau pasir, berenang bersama hiu di pulau Menjangan Besar, menyaksikan sunset dan sunrise, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menuju Karimunjawa dengan cara menggunakan kapal laut dari Semarang dan Jepara, waktu yang dibutuhkan kira-kira 2 hingga 4 jam.

2. Pantai Kartini

Pantai kartini merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal di Jepara, letaknya berada di pesisir kota Jepara.

Jika kamu berencana mengajak adik kecilmu, jangan khawatir karena Pantai kartini ini cocok untuk bermain anak-anak, karena mempunyai wahana bermain dan ombak pantainya pun tenang.

7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Kartini Jepara - Image from www.pantainesia.com

Ikon yang paling menonjol di Pantai Kartini adalah bangunan berbentuk kura-kura raksasa, ditambah lagi adanya jembatan permanen dengan banyak gazebo yang menambah keindahan Pantai Kartini, selain itu di sore hari kamu juga bisa menikmati sunset lho. Wah, benar-benar komplit deh.

Kamu bisa menuju pantai ini dengan cara berkendara sejauh 3 KM saja. Tenang, perjalanan dari Jepara ke Pantai kartini tidaklah sulit karena nanti kamu akan dibantu dengan petunjuk jalan yang tersebar di sepanjang jalan.

3. Pantai Empu Rancak

Seperti pantai-pantai di kawasan Jepara lainnya, pantai Empu Rancak juga mempunyai ombak yang tenang dengan air yang sangat bersih.

Salah satu pemandangan indah yang dimiliki oleh Pantai Empu Rancak adalah pohon pandan yang menjulang tinggi yang tumbuh di pinggiran pantai. Selain itu, salah satu sudut di pantai ini juga digunakan sebagai pelabuhan mini bagi nelayan yang tinggal di sekitar kawasan Karanggondang.

7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Empu Rancak Jepara - Image from www.lokasipantai.com

Alternatif lainnya yang dapat kamu lakukan di sana adalah menikmati sunset dan sunrise. Dan buat kamu yang berjiwa sporty, kamu bisa olahraga jogging track ataupun bersepeda sambil menikmati pemandangan pantai yang menawan.

Nah buat kamu yang doyan makan, pantai yang satu ini juga terkenal dengan kuliner seafoodnya lho. Salah satu menu andalannya adalah ikan pindang serani.

4. Pantai Pulau Panjang

Belum banyak orang yang mengetahui tentang Pulau Panjang, jadi wisatawan yang datang ke pantai ini lebih sedikit dibandingkan wisata lainnya yang ada di Jepara. Jadi buat kamu yang tidak suka keramaian, pantai yang satu ini sangat cocok dijadikan destinasi liburanmu.

7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pulau Panjang Jepara - Image from www.pegipegi.com

Ada dua dermaga yang akan mengantarkanmu ke Pulau Panjang yaitu dermaga Pantai Kartini dan Pantai Bandengan. Dengan tarif 20 ribu Rupiah per orang, dan waktu tempuh selama 15-20 menit.

Memasuki dermaga pulau ini, kamu akan disambut dengan pepohonan rindang yang mengelilingi pulau dan hamparan pasir putih yang lembut.

Suasana yang sejuk di Pulau Panjang ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Apalagi disana juga tersedia persewaan sepeda yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi pulau. Jadi kamu gak perlu lagi deh keringatan saat mengeksplor pulau ini.

5. Benteng Portugis

Nah, jika kamu mencari destinasi wisata yang kaya akan wisata edukasi, ada tempat wisata Jepara selain pantai yang bisa kamu jadikan sebagai referensi, salah satunya yaitu Benteng Portugis.

Benteng portugis adalah bangunan menjulang tinggi yang dibangun oleh masa kolonial Belanda. Bangunan benteng ini dulunya berfungsi sebagai tembok penjagaan dari serangan orang Portugis.

7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Benteng Portugis Jepara - Image from situsbudaya.id

Selain mendapatkan edukasi, kamu juga bisa menemukan berbagai macam spot foto yang ciamik, karena Benteng portugis ini dibangun di atas bukit yang mengarah ke pulau Mandalika.

Benteng Portugis berlokasi di Jl. Benteng Portugis – Tayu Km. 48, Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan jam buka mulai pukul 07.00 hingga 18.00. Harga tiket masuk ke Benteng Portugis adalah Rp. 5000 untuk hari biasa, dan Rp. 10.000 untuk hari libur.

6. Museum Kartini

Seperti namanya, Museum Kartini menyimpan berbagai macam peninggalan R.A Kartini, diantaranya yaitu foto-foto dan benda yang digunakan beliau semasa hidup.

Selain itu, Museum Kartini juga menyimpan benda-benda peninggalan RMP Sosrokartono, kemudian benda-benda bernilai sejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara seperti arkeologi, keramik, dan masih banyak lagi.

7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Museum Kartini Jepara - Image from id.wikipedia.org

Museum Kartini berlokasi di Desa Panggang, Kecamatan Jepara, tepatnya di Alun-alun No.1 Jepara, di sebelah utara Pendopo Kabupaten Jepara.

Museum Kartini buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB di hari Senin – Sabtu dan pukul 09.00 – 17.00 WIB di hari Minggu.

Harga tiket masuk Museum Kartini pada hari Senin – Jumat sebesar Rp. 1.000,00 untuk dewasa, dan Rp. 600,00 untuk anak-anak. Sementara pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur sebesar Rp. 1.500,00 untuk dewasa, dan Rp. 750,00 untuk anak-anak.

7. Jepara Ourland Park

Tempat wisata Jepara Ourland Park disebut juga dengan Jateng Park 1, adalah taman wisata terpadu satu-satunya di Jawa Tengah yang termegah, dibangun di atas lahan seluas 11 HA di pinggir Pantai Mororejo Jepara dengan mengusung konsep Timur Tengah-Eropa-India. 

Kamu yang berkunjung ke Jepara Ourland park akan merasakan sensasi menara seluncuran air yang unik dan berbeda dari seluncuran air lainnya. 

7 Tempat Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Jepara Ourland Park - Image from www.jejakpiknik.com

Meskipun letaknya di pesisir pantai utara Jawa Tengah, Jepara Ourland Park menghadirkan suasana yang sejuk dan rindang dengan penataan area hijau yang menawan.

Jepara Ourland Park buka tiap hari mulai pukul 09.00-17.00 dengan harga tiket Rp. 60.000 di hari biasa, dan Rp. 75.000 di hari libur.

Jadi, tempat wisata Jepara mana nih yang akan mengisi planning liburanmu?