7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

 19 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai baru di Jogja - Image from travel.detik.com

Pantai di Jogja tidak hanya Parangtritis aja lho. Yuk, intip 7 pantai baru di Jogja berikut ini!

Buat kamu yang hobby banget travelling, pasti nggak asing lagi deh dengan pantai Parangtritis di Yogyakarta. Namun tahukah kamu, selain Parangtritis, Jogja juga punya puluhan pantai lainnya yang masih baru dan belum terjamah wisatawan.

Penasaran? Yuk, simak 7 referensi pantai terbaru di Jogja yang pastinya wajib banget kamu kunjungi. 

Baca Juga :
1. 5 Hal yang Membuat Kamu Tidak Bisa Melupakan atau Meninggalkan Daerah Istimewa Yogyakarta, Benarkah Menurutmu?
2. Bakpia Pathok 25 dan Oleh Oleh Khas Jogja Hits Lainnya
3. Cicipi Citarasa Masa Lalu, Kuliner Jogja Ini Bisa Bikin Kamu Ingat Kenangan Dulu! 

Pantai Terbaru di Yogyakarta

Kebanyakan dari pantai baru ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, jaraknya dari pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 1 hingga 2 jam. Kamu akan kesulitan jika menuju Gunung Kidul menggunakan kendaraan umum, oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi.

Atau kamu bisa menyiapkan sedikit dana ekstra untuk menyewa mobil atau sepeda motor. Dijamin kamu nggak bakal jenuh deh di perjalanan, karena sepanjang perjalanan menuju pantai kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pedesaan tradisional yang eksotis, perbukitan, hingga melintasi hutan yang segar dan hijau.

Begitu banyaknya pantai indah yang bisa dikunjungi, kamu mungkin nggak akan punya waktu yang cukup untuk menghabiskan malam di salah satunya. Jadi, jangan buang-buang waktu di satu pantai aja ya!

Nah, daripada makin penasaran, berikut daftar pantai baru di Yogyakarta yang bisa jadi rangkaian liburanmu.

1. Pantai Nguluran

7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Nguluran - Image from www.travelingbae.com

Pantai Nguluran disebut juga dengan 'Uluwatu mini'. Kenapa bisa begitu? Yap, karena di pantai ini kamu bakal dimanjakan dengan pesona laut nan eksotik dari atas tebing.

Menariknya lagi, ada teras kaca tembus pandang yang menjorok ke laut, yang bisa kamu jadikan sebagai bahan uji nyali. Tenang aja, teras kaca ini safety kok. Kamu cukup bayar Rp. 10.000 aja kalau mau foto disini.

Tertarik? Yuk segera datang ke Dusun Bolang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan tiket masuk yaitu Rp 5.000 per orang, plus Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

2. Pantai Ngrumput

7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Ngrumput - Image from www.kotajogja.com

Pantai ini menjadi satu-satunya pantai di Jogja yang mempunyai ombak menembus lubang tepat di tengah batu karang. Karena itu, batuan karang di pantai ini disebut dengan karang bolong.

Suasana alam yang indah dengan kicauan burung akan membuat hati kamu jadi adem! Maka tak heran jika banyak orang menjadikan pantai ini, sebagai tempat berkemah untuk menikmati indahnya matahari terbenam dan mencari kedamaian malam.

Nah, untuk tiket masuk yaitu Rp 10.000 per orang, plus Rp 3.000 untuk parkir sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Lokasi pantai ngrumput : Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

3. Pantai Grewang

7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Grewang - Image from www.simplyhomy-guesthouse.com

Kamu mencari pantai perawan nan cantik sekaligus eksotis? Pantai Grewang tempatnya. Pantai Grewang ini berada di teluk kecil sehingga mempunyai ombak yang cukup tenang. Di sini kamu juga bisa menjumpai hutan bakau yang menjadi kediaman berbagai ikan dan kepiting.

Di pantainya sendiri terdapat muara sungai kecil berair jernih. Dan di jalan menuju kemari, kamu akan menemukan sebuah gua yang konon menjadi tempat pertapaan Nyi Roro Kidul.

Penasaran? Yuk langsung datang saja ke Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan tiket masuk Rp 5.000 per orang, plus Rp 5.000 untuk parkir sepeda motor, dan Rp 10.000 untuk parkir mobil.

4. Pantai Ngrawah

7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Ngrawah - Image from www.vitamerisia.com

Pantai cantik nan eksotis ini memang ahli bersembunyi, lokasinya berada di balik perkebunan penduduk. Namun pesona Pantai Ngrawah ini memang tidak akan bisa disembunyikan selamanya.

Jika dilihat dari atas, Pantai Ngrawah tampak seperti dataran landai yang diapit dua tebing kokoh di kanan kirinya. Namun jika sudah sampai di bibir pantainya, kamu bakalan ngerasa adem banget deh!

Daripada penasaran yuk segera kunjungi pantai yang jarang diketahui banyak orang ini, lokasinya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dengan tiket masuk Rp 10.000 per orang, plus Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk parkir mobil (Parkir di Pantai Ngrenehan)

5. Pantai Wedi Ombo

7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Wedi Ombo - Image from visitingjogja.com

Kamu ingin berendam di laut tapi takut tersapu ombak? Tenang aja, kamu bisa melakukannya di Pantai Wedi Ombo yang terletak di Gunung Kidul ini. Di sini kamu bisa bersantai di dalam air laut dengan tenang sambil menunggu matahari terbenam.

Pantai ini dikelilingi oleh gugusan karang yang berjajar rapi. Saking rapinya, laguna alami di Pantai Wedi Ombo ini tampak seperti sengaja dibuat oleh manusia.

Tapi kamu harus tetap hati-hati dan waspada karena ombak yang tinggi masih bisa mencapai kolam alami tersebut dan bisa menyeretmu ke laut.

Tertarik? yuk langsung aja ke Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dengan tiket masuk Rp 5.000 aja.

6. Pantai Timang

7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Timang - Image from www.superadventure.co.id

Kamu ingin mencari pantai yang anti mainstream? Pantai Timang tempatnya. Selain menawarkan pemandangan menakjubkan ombak yang menghantam tebing dan batu karang, disini kamu juga bisa menguji nyali dengan menyeberang ke Pulau Watu Panjang menggunakan kereta gantung sederhana yang terbuat dari kayu.

Uniknya, kamu bukannya meluncur di kabel berbahan baja, melainkan tali tambang biasa! Penasaran gimana sensasinya? Yuk segera kunjungi Pantai Timang di Tepus, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

7. Pantai Jogan

7 Pantai Baru di Jogja yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pantai Jogan - Image from www.alodiatour.com

Pantai anti mainstream selanjutnya yaitu Pantai Jogan. Disini kamu bisa menemukan air terjun yang langsung jatuh dari tebing ke bibir laut.

Buat kamu yang membutuhkan sedikit privasi, wajib banget deh datang ke Pantai Jogan! Karena letaknya yang tersembunyi di balik perbukitan kapur di kawasan geopark Gunung Sewu, dan berada di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Air terjun bukanlah satu-satunya pemandangan menakjubkan yang bisa kamu temukan di sini, buat kamu yang bernyali tinggi kamu bisa nyoba menikmati guyuran air terjun dari bawah tebing dengan cara canyoning atau rappelling.

Tentu saja dengan peralatan memadai dan kemampuan yang mumpuni untuk melakukannya, karena meskipun telah tersedia kayu-kayu untuk pegangan, bebatuan yang harus kamu lalui cukup curam dan licin. Selain itu kamu masih harus berhadapan dengan ribuan kepiting yang siap mencapit kaki dan tanganmu!

Gimana, tertantang untuk mencobanya? Yuk segera datang ke Tepus, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

Dari ketujuh referensi pantai baru di Jogja ini, mana yang sudah pernah kamu kunjungi?