Kumpulan Teks Pidato dengan Tema Pidato yang Menarik

05 Feb 2020  Isfatu Fadhilatul

Kumpulan Teks Pidato dengan Tema Pidato yang Menarik

Ilustrasi tema pidato - Image from id.pinterest.com

Temukan berbagai tema pidato menarik lengkap dengan teksnya berikut ini.

Semua orang perlu belajar bagaimana cara berpidato. Kemampuan yang satu ini suatu saat nanti akan sangat berguna untuk menjelaskan suatu hal yang berkaitan dengan bidang masing-masing di masa depan.

Lalu bagaimana cara pidato yang baik itu? Berikut wajibbaca.com akan memberikan beberapa contoh tema pidato yang menarik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Tema Pidato

Bagaimana cara berpidato yang baik? Nah, pidato dapat dikatakan efektif jika dapat digunakan untuk klarifikasi, menjelaskan, dan juga mengajak orang agar sependapat dengan ide yang disampaikan. 

Pidato yang disampaikan pun juga tidak harus selalu panjang lebar. Pidato yang baik itu tidak membutuhkan waktu yang lama namun poin utama harus sudah tersampaikan secara efektif kepada para audiens.

Terdapat banyak sekali macam-macam teks pidato dengan judul dan tema yang berbeda-beda. Ada tema pidato bahasa Indonesia, tema pidato bahasa Inggris, tema pidato bahasa Jawa, bahkan tema pidato Islami.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari referensi contoh dari tema dan teks pidato, maka penting untuk membaca penjelasan yang akan kami ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks beserta tema pidato sebagai berikut.

1. Teks pidato dampak media sosial

Salah satu tema pidato yang menarik untuk dibahas adalah tentang dampak media sosial bagi kehidupan, terutama untuk anak muda. Berikut contoh teksnya:

Assalamu'alaikum wr.wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul pada hari ini dengan keadaan yang sehat walafiat. 

Yang terhormat Bapak Samsul selaku kepala sekolah SMP 1 Malang, dan teman-teman semua yang saya banggakan. Pada kesempatan kali ini, saya Aldo akan menyampaikan pidato dengan tema "Dampak negatif penggunaan sosial media pada pelajar".

Seperti yang kita ketahui bersama, pada zaman globalisasi yang semakin modern ini, kehidupan sehari-hari kita tak luput dari teknologi informasi dan sosial media.

Sosial media sendiri merupakan alat atau sarana komunikasi untuk bersosialisasi, yang dapat mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. 

Macam-macam sosial media yaitu, facebook, twitter, path, line, instagram, whatsapp, dan lain-lain. Nah, dengan seringnya kita menggunakan sosial media ini, pasti ada dampak negatif penggunaannya.

Memang benar sosial media berperan sebagai sarana atau tempat yang dapat membantu kita dalam proses belajar, selain itu sosmed juga menjadi sarana atau tempat yang memungkinkan kita untuk mengetahui berita-berita yang sedang ngetrend saat ini.

Akan tetapi sayangnya, sosial media ini menjadikan kita ketergantungan. Layaknya makanan yang jika kita tidak mengkonsumsinya sehari saja, maka kita merasa ada yang kurang.

Seperti kita ketahui, banyak sekali hal-hal berbau pelecehan seksual, penculikan, ataupun penipuan yang terjadi karena pengaruh sosial media.

Oleh karena itu, disini saya ingin memberitahukan kepada kalian semua, perlu adanya pengawasan dalam penggunaan internet atau sosial media ini. Berhati-hatilah dalam memilih internet agar kita semua terhindar dari tindakan dan pergaulan yang tidak baik.

Demikian pidato dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada salah kata, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata, wabillahi taufik walhidayah.

Wassalamu’alaikum wr.wb

2. Teks tema pidato maulid Nabi

Kumpulan Teks Pidato dengan Tema Pidato yang Menarik

Ilustrasi tema pidato maulid Nabi - Image from id.pinterest.com

Salah satu bahasan Islami yang bisa digunakan sebagai tema pidato adalah peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Berikut contoh teksnya:

Assalamualaikum wr.wb
Kaum muslimin dan juga muslimat sekalian, pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan rejeki dan rahmat-Nya kepada kita, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul tanpa adanya hambatan sedikitpun .

Kemudian tak lupa, shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang membawa umat manusia kepada Islam dan jalan kebenaran.

Hari ini adalah bulan Rabiul Awal yang mana merupakan bulan yang sangat penting bagi umat Islam. Pada bulan ini, terdapat peristiwa gajah dan kemudian dilahirkannya nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW. 

Berkat beliau, kita semua dapat berjalan dari jalan yang gelap atau kekafiran menuju jalan yang benar yaitu agama Islam.

Berkat beliau SAW, kita jadi mengerti berbagai macam tindakan yang baik dan benar, serta bisa terlepas dari zaman jahiliyah atau zaman pembodohan. 

Berkat beliau, kita semua dibimbing untuk dapat berjalan ke jalan penuh cahaya iman dan juga meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Pada bulan ini, marilah kita semua menambahkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 6 yang artinya, ”Nabi itu lebih utama bagi orang-orang yang beriman dari diri mereka sendiri.”

Oleh karena itu, sebagai umat Islam kita diharuskan untuk mendahulukan kecintaan kita terhadap Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW dibandingkan dengan hal-hal lainnya yang bersifat duniawi. 

Ingatlah bahwa hidup di dunia ini hanya sementara dan akhirat adalah yang lebih kekal. Akhir kata, wabillahi taufik walhidayah.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Baca Juga:
1. Khutbah Jum`at Isra Mi`raj Terbaru
2. Contoh Khutbah Jum`at Keutamaan Bulan Sya`ban
3. Contoh Khutbah Jum`at Keutamaan Bulan Rajab

3. Teks pidato pentingnya pendidikan moral

Salah satu tema pidato singkat dan cepat yang mudah diserap oleh audiens adalah tentang pentingnya pendidikan moral. Berikut contoh teksnya:

Assalamualaikum wr.wb
Yang terhormat para hadirin sekalian di tempat ini.

Pada hari ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkah dan rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul di sini untuk lebih memahami mengenai pentingnya pendidikan moral. 

Nah, pada perjumpaan kali ini, kita harapkan untuk dapat berkontribusi dalam membangun karakter atau moral dari generasi muda berikutnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, lewat berita maupun sosial media, sering sekali terjadi tawuran antar pelajar, kasus pencurian, perampokan, bahkan pembunuhan yang dilakukan oleh anak di bawah umur.

Sebagai generasi masa kini, Anda pun dapat turut berkontribusi dalam mengurangi angka kriminalitas ini.

Caranya adalah dengan memperkuat serta menggencarkan pelajaran moral kepada anak bangsa saat ini. Mengubah generasi yang sudah terlanjur tua akan lebih sulit dibandingkan membentuk moral generasi yang lebih muda.

Jadi Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian, kini saatnya bagi Anda untuk lebih memberikan pendidikan moral sejak dini. Anak-anak Anda adalah harapan bangsa di masa depan. Yang jelas, pendidikan moral ini merupakan tanggung jawab kedua orang tua.

Cara yang paling mudah untuk menanamkan moral pada anak adalah dengan menceritakan berbagai macam cerita yang berisikan moral. Salah satunya yaitu cerita rakyat Malin Kundang. Di dalam kisah Malin Kundang tersebut, anak akan memahami bahwa hormat kepada orang tua adalah hal yang sangat penting.

Selain itu, Anda yang gemar dengan dongeng luar negeri, juga dapat menceritakan tentang kisah Tikus dan Burung Hantu dari cerita rakyat Jepang. Cerita ini memiliki pendidikan moral berupa jangan pernah mengambil sesuatu yang merupakan hak orang lain.

Meskipun tujuannya hanya meminjam, perlu untuk terlebih dahulu meminta izin. Selain itu, cerita tadi juga mengajarkan moral kepada anak-anak akan pentingnya untuk menepati janji. 

Nah, dengan menceritakan berbagai macam dongeng setiap harinya, maka akan banyak sekali pendidikan moral yang dicerna oleh anak-Anda

Sekian pidato dari saya tentang pentingnya pendidikan moral ini. Bila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah tadi beberapa referensi tema pidato yang bermanfaat ini. Selamat berlatih.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa