10 Manfaat Seledri untuk Tubuh dan Kecantikan

 20 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

10 Manfaat Seledri untuk Tubuh dan Kecantikan

Manfaat seledri - Image from id.pinterest.com

Berikut ini beberapa manfaat seledri selain untuk taburan makanan yang tidak banyak orang tahu.

Kebanyakan dari kita memanfaatkan seledri sebagai bahan taburan makanan, misalnya bakso, mie, dan sup. Namun tahukah Anda bahwa ternyata seledri mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh? Berikut dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang manfaat seledri manfaat seledri bagi kesehatan dan manfaat seledri untuk wajah berikut ini.

Baca Juga : 10 Jenis Tanaman Obat Asli Indonesia Beserta Manfaatnya

Manfaat Seledri Apa Saja Sih?

Seledri adalah salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi. Tidak hanya sumber magnesium dan kalium, seledri juga mengandung banyak vitamin A, B, C, dan K yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, seledri juga sangat kaya akan fitonutrien yang berguna sebagai anti-inflamasi, antioksidan, dan penguat sistem kekebalan tubuh.

Kebanyakan dari kita hanya mengkonsumsi seledri ketika masak masakan tertentu saja, karena kita hanya menggunakan seledri sebagai bahan taburan. Namun penelitian membuktikan, bahwa mengkonsumsi seledri setiap hari dapat memelihara kesehatan secara menyeluruh.

Dan berikut beberapa manfaat mengkonsumsi seledri bagi kesehatan, dan kecantikan.

  1. Menurunkan tekanan darah

    Hasil penelitian meyakini bahwa ekstrak seledri mampu membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Cara mengolahnya yaitu bisa dalam bentuk jus, hingga suplemen.
                                  
  2. Mencegah kanker

    Ekstrak daun seledri juga kerap dimanfaatkan sebagai obat antikanker. Dalam suatu hasil penelitian, menyebutkan bahwa ekstrak daun seledri berpotensi untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker di sekitar perut.

  3. Melancarkan pencernaan

    Daun seledri mengandung polisakarida berbasis pektin yang mampu membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung yang rusak, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan.

    Baca Juga : Begini Proses Pencernaan dan Penyerapan Makanan di Dalam Tubuh

  4. Meredakan nyeri haid

    Beberapa studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi produk yang mengandung biji seledri dengan campuran beberapa bahan lain, mampu mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan oleh wanita ketika sedang haid.

    Baca Juga : Nyeri Haid Berlebihan dan Cara Mengobatinya

  5. Mengusir nyamuk

    Gel pengusir nyamuk yang mengandung ekstrak seledri dapat bekerja hingga lebih dari 4 jam. Hal ini dikarenakan efektivitas seledri yang dicampur dengan bahan anti nyamuk lainnya cukup tinggi dalam mengusir nyamuk.

  6. Menurunkan berat badan

    Seledri dipercaya sangat rendah kalori, selain itu seledri juga mampu menyediakan nutrisi penting seperti antioksidan, elektrolit, vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B, dan kalium yang dapat membantu mengatur metabolisme lemak, sehingga seledri sangat bagus untuk dijadikan makanan pilihan saat Anda sedang diet.

    Baca Juga : Agar Diet Sukses, Hindari 10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Ini

  7. Menurunkan kolesterol dan mengatur tekanan darah

    Seledri berperan sebagai penurun kolesterol, sehingga seledri berguna untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, seledri juga mengandung senyawa unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BuPh) yang mampu menurunkan lipid.

  8. Baik untuk mata

    Seledri mengandung banyak vitamin A, yang mana mampu meningkatkan penglihatan, mengobati mata kering, serta melindungi kornea mata.

  9. Membersihkan gigi

    Seledri juga bisa Anda gunakan sebagai pembersih gigi, karena layaknya dental floss atau benang gigi, seledri membelah untaian serat saat dikunyah.

  10. Mencegah infeksi saluran kemih

    Seledri mampu membantu mengurangi asam urat serta merangsang produksi urine, sehingga seledri bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri yang ada di dalam saluran pencernaan dan juga organ reproduksi.

    Selain itu, seledri juga dipercaya mampu membantu mencegah infeksi saluran kemih serta gangguan kandung kemih hingga masalah yang kronis yaitu masalah ginjal.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, masih banyak manfaat seledri lainnya seperti  manfaat seledri untuk rambut bayi, manfaat seledri untuk rambut, manfaat seledri untuk diet.

Seledri juga diduga mampu membantu mengatasi sakit kepala dan migrain, meningkatkan nafsu makan, mengatasi kelelahan, melancarkan buang air besar, dan diyakini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak, karena seledri mampu bekerja sebagai pelemas atau relaksan otot.

Tidak hanya disitu saja, karena sampai sekarang masih banyak penelitian yang meneliti manfaat-manfaat lainnya yang terkandung dalam seledri. Sehingga tidak menutup kemungkinan, manfaat seledri akan semakin banyak. 

Cara Mengolah Seledri

Nah, setelah mengetahui segudang manfaat yang dimiliki seledri, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mengkonsumsi seledri selain sebagai taburan makanan. Dan berikut beberapa cara mengolah seledri :

1. Dijadikan jus

Bahan yang Anda butuhkan :

  • Secukupnya seledri.
  • Secukupnya buah-buahan misalnya apel atau pisang.
  • Secukupnya air perasan lemon.
  • Secukupnya es batu.

Langkah membuat jus seledri :

  1. Potong kecil-kecil seledri dan bahan lainnya seperti pisang.
  2. Haluskan menggunakan blender.
  3. Tambahkan air perasan lemon dan es batu. 
  4. Saring jus yang sudah diblender.
  5. Sajikan.

2. Dijadikan minuman segar seperti sparkling

Bahan yang Anda butuhkan :

  • Secukupnya daun seledri.
  • Secukupnya daun ketumbar.
  • Secukupnya air perasan lemon atau soda.
  • Secukupnya gula cair.
  • Secukupnya es batu.

Langkah membuat sparkling seledri :

  1. Masukkan daun seledri dan daun ketumbar ke dalam gelas.
  2. Tambahkan gula cair. 
  3. Tambahkan air perasan lemon atau soda.
  4. Tambahkan es batu.
  5. Aduk rata, sajikan.

3. Dijadikan camilan sehat

Bahan yang Anda butuhkan :

  • 1 batang seledri segar
  • Secukupnya selai kacang

Langkah membuat camilan seledri :

  1. Siapkan batang seledri segar. 
  2. Potong dengan ukuran sedang, belah menjadi dua. 
  3. Tambahkan dua sendok selai kacang pada batang seledri.
  4. Siap untuk dinikmati.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan ketika ingin mengkonsumsi seledri.

Perlu Anda garis bawahi bahwa meskipun memiliki banyak manfaat, Anda tetap harus berhati-hati jika ingin mengkonsumsi suplemen ekstrak seledri, terutama jika Anda sedang hamil, menyusui, memiliki riwayat alergi terhadap bahan seledri, menderita kelainan darah, gangguan ginjal, atau tekanan darah rendah.

Jika Anda termasuk dalam kondisi diatas, maka sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke dokter ketika ingin mengkonsumsi seledri. Semoga bermanfaat.