8 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

 22 Jun 2019  Wahyu Fajar
8 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat kulit jeruk via detik.com

Apa saja manfaat dari kulit jeruk? Seperti yang sudah kita ketahui secara umum, jeruk merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Tentunya hampir setiap orang pernah makan buah jeruk ini, karena punya rasa yang enak. Tapi tahukah Anda tentang apa manfaat kulit jeruk ini.

Buah jeruk memang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia terutama kandungannya yang kaya akan vitamin C didalamnya. Tapi jarang sekali orang mengetahui tentang manfaat kulit jeruk. Yang mereka tahu adalah buahnya saja yang memiliki manfaat untuk tubuh. Padahal kulit jeruk ini juga sama-sama punya manfaat luar biasa dengan buahnya.

Kulit jeruk yang identik dengan warna kuning atau orange ini sangat banyak memiliki manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Hal ini karena kulit jeruk juga memiliki kandungan fitonutrien serta flavonoid yang lebih banyak daripada daging buah jeruk.

Buah jeruk memang tidak perlu diragukan lagi akan manfaatnya, namun perlu diketahui juga bahwa bagian kulitnya menyimpan manfaat yang tidak terduga.

Nah, pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan membagikan beberapa daftar manfaat kulit jeruk yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Temukan segudang manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tubuh dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan dalam artikel berikut ini.

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

1. Mengatasi masalah pada kulit 

Apa manfaat kulit jeruk untuk wajah? Manfaat kulit jeruk yang bisa Anda dapatkan salah satunya adalah mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit. Anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai perawatan wajah dengan mengolahnya sebagai bubuk untuk digunakan sebagai masker, scrub dan toner.

Bubuk kulit jeruk ini bisa menjadi exfoliator yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah, menghilangkan noda hitam pada kulit wajah, mencerahkan kembali kulit yang kusam, serta dapat membuat kulit menjadi lebih lembut.

2. Memutihkan gigi

Apa manfaat kulit jeruk untuk gigi? Gigi yang menguning tentu sangat mengaganggu penampilan. Penyebab gigi menguning ini bisa juga karena penumpukan warna dari kopi dan teh. Saat ini memamng banyak produk yang bisa membuat gigi putih. Tapi apakah cara ini bisa memutihkan gigi secara aman?

Nah, maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi warna kuning pada gigi. Hal ini karena kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal.

Caranya sangat mudah, Anda cukup menggosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi kamu selama 2-3 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini dengan rutin dua kali sehari, agar gigi Anda kembali putih.

3. Mengurangi berat badan

Bagi Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi teh kulit jeruk ini. Kulit jeruk ini dipercaya karena kemampuannya yang efektif untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga dapat membakar kalori lebih banyak dalam membantu menurunkan berat badan.

Caranya mudah sekali, pertama keringkan kulit jeruk organik yang bersih. Kemudian masukan beberapa lembar kulit jeruk kering dalam 1 cangkir air panas, lalu tutup gelas dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, keluarkan kulit jeruk dari dalam cangkir lalu tambah beberapa sendok makan madu. Minumlah teh kulit jeruk ini 2 cangkir per hari secara rutin.

4. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Selain menjaga asupan makanan yang sehat, kamu juga bisa mengkonsumsi kulit jeruk. Selain dapat membantu mengurangi kolesterol, dan menurunkan tekanan darah tinggi, kulit jeruk juga memiliki kandungan flavonoid yang efektif untuk melawan kanker usus besar dan osteoporosis.

Caranya, Anda bisa menggunakan kulit jeruk yang sudah dikeringkan atau bubuk kulit jeruk yang diseduh dalam secangkir air panas. Selain itu Anda juga bisa menambahkan madu jika perlu. Minumlah teh kulit jeruk ini secara rutin sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

5. Mengatasi insomnia

Insomnia bisa terjadi pada siapa saja, untuk mengatasinya usahakan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menghilangkan insomnia. Tapi supaya tidak menjadi ketergantungan dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Anda bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi insomnia ini. Minyak esensial yang terkandung dalam kulit jeruk merupakan obat penenang alami sehingga dapat membantu untuk menenangkan saraf dan membantu proses tidur.

Anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai cara mengatasi insomnia dengan cara memasukkan kulit jeruk ke dalam bak mandi berisi air hangat pada saat mandi sore atau sebelum tidur malam. Selain itu Anda juga bisa merebusnya di dalam panci bersama beberapa butir kayu manis dan kapulaga sampai aroma keluar. Aroma yang muncul tadi dipercaya dapat menenangkan suasana hati sehingga dapat mengatasi masalah tidur Anda.

6. Mengatasi masalah pernapasan

Selain dapat mengatasi insomnia, kulit jeruk juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem pernapasan, contohnya seperti meringankan batuk dan asma. Kulit jeruk merupakan sumber vitamin C dan A yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kedua vitamin tersebut merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh. Bubuk kulit yang diminum dengan rutin bisa membantu memperbaiki sistem pernapasan, meringankan batuk, asma, dan bronkitis.

7. Mengatasi masalah pencernaan

Kulit jeruk memiliki sifat penyembuhan alami, sehingga bahan-bahan yang diekstrak dari kulit jeruk bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai gangguan fungsi pencernaan. Kulit jeruk mengandung serat makanan yang tinggi dan sangata bermanfaat untuk mencegah sindrom iritasi usus, termasuk sembelit dan kembung.

Selain itu, mengkonsumsi kulit jeruk ini juga mampu menghilangkan gas, mulas, muntah dan mengontrol kadar asam, serta meningkatkan nafsu makan dan menghilangkan mual. Hal ini karena kandungan minyak esensial yang terkandung dalam kulit jeruk memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi.

Baca Juga:

8. Mengatasi masalah rambut

Memiliki rambut yang indah pastinya diinginkan oleh setiap orang terutama wanita. Berbagai masalah rambut tentunya juga sangat mengganggu. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan rebusan kulit jeruk atau bubuk kulit jeruk yang ditambahkan sedikit madu sebagai kondisioner alami. Oleskan ramuan ini pada rambut, lalu pijat perlahan dan diamkan sejenak. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin. Perawatan ini dapat membuat rambut terasa lebih halus dan mengkilap.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tubuh dan kecantikan yang bisa Anda ketahui. Apabila Anda mengalami masalah kesehatan setelah mengkonsumsi kulit jeruk ini, Anda bisa menghentikan penggunaan kulit jeruk dan segeralah konsultasi kepada dokter.

Demikian penjelasan tentang apa manfaat kulit jeruk bagi kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR