10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak dan Ibu Hamil

 16 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak dan Ibu Hamil

Manfaat minyak ikan - Image from minyakikansalmon.com

Minyak ikan menjadi salah satu bahan dasar pembuatan suplemen. Tapi tahukah Bunda apa saja manfaat minyak ikan itu?

Ketika Bunda membeli suplemen baik untuk diri sendiri maupun untuk si Kecil, pasti akan menemukan salah satu ingredient yaitu minyak ikan. Namun selain dalam bentuk suplemen, Bunda juga bisa mendapatkan minyak ikan dengan cara mengkonsumsi ikan secara langsung.

Lalu apa saja manfaat minyak ikan itu? Nah, berikut kita akan membahas tentang manfaat minyak ikan untuk anak. 

Baca Juga : Haruskah Setiap Hari Kita Konsumsi Multivitamin ?

Manfaat Minyak Ikan 

Minyak ikan menjadi salah satu bahan yang spesial karena mengandung omega-3, yaitu sejenis asam lemak esensial yang diperlukan untuk kesehatan, namun sayangnya tidak diproduksi secara alami oleh tubuh manusia.

Minyak ikan mengandung dua jenis asam lemak omega-3, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Contoh ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yaitu ikan tuna, salmon, gabus, dan makarel. Tiap 100 gram dari ikan-ikan tersebut mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega-3. 

Diantara manfaat minyak ikan salmon adalah : 

  • Mengurangi dan meredakan peradangan.
  • Meningkatkan kesehatan jantung.
  • Meningkatkan kesehatan otak.
  • Meningkatkan kesehatan kulit dan mata.
  • Berguna untuk menjaga berat badan.
  • Mengurangi akumulasi lemak tubuh.

Sedangkan beberapa manfaat minyak ikan gabus adalah :

  • Mempercepat pembentukan dan pertumbuhan otot.
  • Mempercepat penyembuhan luka.
  • Menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh.
  • Memperbaiki kekurangan gizi atau gizi buruk.
  • Melancarkan pencernaan.

Manfaat minyak ikan tidak hanya berguna untuk manusia saja, akan tetapi terdapat pula manfaat minyak ikan untuk kucing, manfaat minyak ikan untuk burung, bahkan manfaat minyak ikan untuk ayam.

Akan tetapi, yang akan kita bahas kali ini adalah manfaat minyak ikan untuk manusia mulai dari anak-anak, dewasa, hingga ibu hamil, diantaranya yaitu :

  1. Mengurangi kadar trigliserida

    Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah. Minyak ikan terbukti secara medis dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Risiko terkena penyakit jantung pun akan semakin menurun seiring dengan menurunnya kadar trigliserida di dalam tubuh.

  2. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

    Minyak ikan dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis). Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi minyak ikan bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan juga mencegah peradangan, sehingga dapat mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah.

  3. Baik untuk Ibu hamil

    Banyaknya manfaat minyak ikan untuk Ibu hamil dikarenakan adanya kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan yang dapat mengurangi resiko preeklamsia, persalinan prematur, dan meningkatkan berat badan lahir bayi.

    Baca Juga : Saran Makanan Untuk Program Hamil

  4. Mengurangi kebutuhan akan obat-obatan asma

    Minyak ikan terbukti dapat menurunkan kebutuhan obat-obatan asma pada sebagian anak, namun hal ini tidak berlaku pada orang dewasa.

    Baca Juga : Cara Ampuh Sembuhkan Asma dengan Tanaman Tradisional

  5. Meningkatkan kepadatan tulang

    Mengkonsumsi minyak ikan secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang Anda hingga usia tua.

  6. Menjaga otak tetap pada kondisi sempurna

    Salah satu manfaat minyak ikan yaitu dapat memperbaiki kesehatan mental. Kandungan yang dimiliki minyak ikan dapat menjaga fungsi hormon aktif, misalnya seperti serotonin dan dopamin. Kedua hormon tersebut membuat Anda terhindar dari penyakit otak seperti demensia, skizofrenia, dan Alzheimer.

  7. Minyak ikan baik untuk anak-anak

    Memberikan minyak ikan kepada anak-anak akan membawa manfaat besar terhadap tumbuh kembangnya. Kandungan omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan mampu meningkatkan koordinasi sistem organ pada bayi yang baru lahir. Selain itu, minyak ikan juga dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan anak, serta menghindarkan gangguan perkembangan otak, contohnya seperti hiperaktif.

  8. Melindungi tubuh dari radikal bebas

    Orang dewasa yang rutin mengkonsumsi 3 gram minyak ikan setiap hari selama 4 minggu berturut-turut, akan mempunyai kekebalan tubuh yang baik saat terkena polusi udara khususnya di perkotaan. Hal ini membuat Anda tetap sehat meski terpapar radikal bebas setiap hari.

  9. Mencegah kerontokan rambut

    Jika Anda adalah orang yang memiliki masalah dengan rambut, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi minyak ikan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu menjaga folikel rambut yang terstimulasi. Selain itu, manfaat minyak ikan juga bisa membuat Anda terhindar dari luka bakar yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

    Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Hanya Menggunakan Bahan Alami

  10. Mengurangi tanda-tanda penuaan dini

    Omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan dan sajian ikan yang lain seperti salmon, ternyata juga bisa menghambat fungsi sel induk dan regenerasi sel yang menyebabkan penuaan dini. Jadi, konsumsilah ikan salmon atau suplemen minyak ikan minimal dua kali dalam satu minggu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Meskipun kaya akan nutrisi dan memiliki beragam manfaat, mengkonsumsi minyak ikan dalam dosis yang tinggi justru dapat membahayakan kesehatan. Berikut beberapa risiko yang mungkin ditimbulkan :

  1. Apabila mengkonsumsi lebih dari 3 gram minyak ikan per hari, dapat meningkatkan resiko perdarahan.
  2. Meningkatnya kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam tubuh.
  3. Menyebabkan gangguan kadar gula darah.
  4. Untuk pasien dengan transplantasi jantung, asam lemak omega-3 bisa mempengaruhi detak jantung.
  5. Minyak ikan dapat mempengaruhi kinerja obat-obatan tertentu, misalnya seperti obat pengencer darah.
  6. Mengkonsumsi minyak ikan terlalu banyak dapat meningkatkan resiko stroke.
  7. Mengkonsumsi minyak ikan dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan nyeri ulu hati, mual, ruam, mimisan, dan tinja cair.

Oleh karena itu, konsumsilah minyak ikan sesuai dengan takarannya, dan jika perlu konsultasikan dulu ke dokter mengenai jenis ikan apa yang baik dikonsumsi oleh Anda sekeluarga. Semoga bermanfaat.