Jangan Salah Kaprah! Berikut Arti Ahlan Wa Sahlan Dan Balasannya

 19 Feb 2019  Khoirul Rizky F
Jangan Salah Kaprah! Berikut Arti Ahlan Wa Sahlan Dan Balasannya

Image Source: dkmalmuhajirin.com

Di Indonesia sekarang ucapan-ucapan dalam bahasa arab semakin banyak digunakan. Tidak hanya dalam kegiatan belajar dan mengajar, ucapan-ucapan dalam bahasa arab juga digunakan dalam kegiatan komunikasi sehari-hari.

Dalam kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia yang mayoritas muslim, mendengar kata-kata dalam bahasa Arab cukup sering kita temui.

Namun banyak kalimat yang masih asing di dengar oleh telinga kita. Salah satu ucapan-ucapan dalam bahasa arab yang kini jamak digunakan orang indonesia adalah ucapan ahlan wa sahlan. Namun apa itu ahlan wa sahlan?

Apa arti ahlan wa sahlan dalam bahasa arab? Apa balasan dari ahlan wa sahlan? Yuk simak dibawah ini.

Perbedaan Marhaban dan Ahlan Wa Sahlan

Dalam bahasa Arab, kata selamat datang bisa diucapkan dengan perkataan Marhaban, atau bisa juga Ahlan Wa Sahlan.

Kata Marhaban, yang sudah diserap KBBI, diartikan sebagai "kata seru untuk menyambut atau menghormati tamu (yang berarti selamat datang)".

Sedangkan Ahlan wa Sahlan, yang belum terserap dalam KBBI, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia juga memiliki arti selamat datang. Tapi, dilihat dari etimologinya, Marhaban dan Ahlan Wa Sahlan memiliki perbedaan yang mendasar.

Frasa Ahlan Wa Sahlan dibentuk dari dua kata, yakni: Ahlan yang berakar dari kata ahl yang berarti "Keluarga", dan sahlan yang berakar dari kata sahl yang berarti "mudah".

Ahlan Wa Sahlan adalah ungkapan kata selamat datang yang di celahnya tersirat arti "(Anda berada di tengah) kelaurga dan (kemanapun anda melangkahkan kaki anda akan) dimudahkan (oleh keluarga yang menjadi tuan rumah)".

Melihat makna dan pengertian dua kata tersebut, para ulama terdahulu menggunakan kata "Marhaban" daripada kata "Ahlan Wa Sahlan" karena lebih tepat dan lebih tersambung apabila digabungkan dengan makna bulan ramadhan.

Baca Juga :

Berikut Arti Ahlan Wa Sahlan Beserta Balasannya

1. Penjelasan arti ucapan ahlan wa sahlan

"Ahlan Wa Sahlan" merupakan ungkapan emas dari bahasa Arab yang tidak semua orang dapat memahaminya dengan benar.

Banyak orang di Indonesia yang mengertikan "Ahlan Wa Sahlan" dengan arti "Selamat datang" padahal ungkapan "Ahlan Wa Sahlan" adalah ungkapan yang sangat agung.

"Ahlan" dari kata "Ahlun" artinya adalah Keluarga dan "Sahlan" dari kata "Sahl" artinya adalah Mudah, jadi seandainya kita mengucapkan "Ahlan Wa Sahlan" kepada seseorang yang datang pada kita, artinya kita menerima atau menganggap tamu tersebut bagian dari keluarga kita dan kita akan memudahkan urusan dia.

أهلا وسهلا

Artinya: “Selamat Datang.”

Banyak yang mengartikannya demikian. Padahal, arti sebenarnya dari ahlan wa sahlan ternyata lebih luas dari sekadar ucapan selamat datang.

Jika dilihat dari arti harfiah per kata, adalah sebagai berikut:

  • Arti Ahlan (dari kata Ahlun) = Keluarga
  • Arti Sahlan (dari kata Sahlun) = Mudah
Jadi, jika dirangkai arti kata ahlan wa sahlan adalah,

“Saya menerima anda sebagai bagian dari keluarga kami dan kami menerima anda dengan mudah (tanpa mempersulit urusan-urusan anda).”

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa kalimat asli dari ahlan wa sahlan adalah halalta ahlan wa nazalta sahlan, ji’ta ahlan wa wati’ta sahlan, atayta ahlan wa halalta sahlan, atau qadimta ahlan wa wata’ta sahlan. Meskipun bervariasi, namu hakikat maknanya tetap sama saja.

Sehingga jika dalam bahasa indonesia, maka ucapan-ucapan dalam bahasa Arab yang mendekati arti ahlan wa sahlan di antaranya,

“Silahkan, tidak usah sungkan-sungkan.” atau “Anggap saja seperti rumah sendiri.”

Jadi kesimpulannya, ketika kita mengucapkan ahlan wa sahlan kepada seseorang yang datang kepada kita, maka kita menerima atau menganggap tamu tersebut sebagai bagian dari keluarga kita dan kita memudahkan segala urusannya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah utang), maka Allah Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allh akan menutup aib-nya di dunia dan akhirat.”

Baca Juga :

2. Balasan/jawaban ucapan ahlan wa sahlan

Apa balasan ahlan wa sahlan? Untuk balasan atau jawaban untuk merespon ucapan ini adalah sebagai berikut,

Ahlan Bika.”, “Ahlan Biki.”, atau “Ahlan Bikum.”

Untuk Ahlan Bika artinya ini sendiri sebagai berikut,

“Sama-Sama.” atau “Kamu Juga.”

Jadi kesimpulannya adalah

Jawaban untuk ahlan wa sahlan adalah seseorang laki - laki dapat menjawab dengan ahlan bika.

Untuk arti "Ahlan Bika" lebih jelasnya bisaa dipahami disini :

Sedangkan untuk perempuan bisa menjawabnya dengan ahlan biki.

Jika terdapat kumpulan orang yang mengucapkan ahlan wa sahlan bersama sebaiknya jawab dengan ahlan bikum untuk  jamak khususnya laki - laki dewasa.

Sedangkan jamak khususnya perempuan maka ucapkan dengan ahlan bikunna.

Demikian penjelasan diatas tentang arti dari ahlan wa sahlan dan jawabannya. Semoga bermanfaat!