Daya Tarik Pantai Pandawa Bali yang Wajib Kamu Coba

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 17 Jan 2020

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali yang Wajib Kamu Coba

Pantai Pandawa Bali - Image from blog.traveloka.com

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali yang Wajib Kamu Coba - Yuk, kenalan dengan Pantai Pandawa Bali yang eksotis abis!

Bali memiliki segudang pesona yang sulit untuk ditolak, salah satunya adalah Pantai Pandawa Bali. Yap, pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Pulau Bali. 

Yuk, intip keseruan apa saja yang bisa kamu lakukan disana. 

Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa Bali adalah salah satu pantai pasir putih terkenal di Bali yang wajib dikunjungi saat kamu liburan di Pulau Dewata.

Pantai Pandawa Bali dimana, sih? Nah, pantai ini berlokasi di Desa Kutuh, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, dan lebih terkenal di kalangan wisatawan mancanegara khususnya wisman Australia dengan sebutan Secret Beach of Bali. Sedangkan masyarakat lokal lebih mengenal pantai ini dengan nama Pantai Kutuh.

Pantai Pandawa Bali terletak diantara dua tebing batu, di tebing ini terdapat patung dari Panca Pandawa dalam kisah Mahabharata, oleh karena itu, pantai ini dinamakan Pantai Pandawa Kutuh Bali.

Ketika sampai disini, kamu akan langsung disuguhi dengan panorama laut biru dan hamparan pasir putih yang eksotis. Keindahan Pantai Pandawa tidak kalah menarik dengan wisata pantai lainnya yang ada di Bali.

Wisata pantai satu ini dulunya terkenal akan suasananya yang tenang dan belum begitu ramai seperti wisata pantai pada umumnya di Bali.

Akan tetapi, sepertinya kini julukan itu tidak berlaku lagi, pasalnya banyak acara FTV yang berlatar belakang pantai ini, sehingga Pantai Pandawa Bali Indonesia semakin dikenal dan selalu ramai pengunjung, terutama saat liburan tiba.

Bagaimana Rute Menuju Pantai Pandawa Bali?

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Pantai Pandawa Bali, akses yang harus kamu lalui amatlah mudah, karena jaraknya hanya sekitar 18 km saja dari Bandara Internasional Ngurah Rai, dan kamu dapat menempuhnya selama kurang lebih 1 jam perjalanan berkendara.

Sedangkan jarak Pantai Pandawa dari pusat kota Denpasar sekitar 27 km, kamu bisa menuju ke sini dari Denpasar melalui jalur tol Bali Mandara.

Oh iya, kamu harus menyediakan transportasi pribadi atau menyewa kendaraan ya! Misalnya seperti bus pariwisata, jasa sewa mobil, ataupun menggunakan taksi. Pasalnya, belum tersedia transportasi umum yang langsung menuju ke lokasi Pantai Pandawa.

Dan jika kamu berangkat dari kawasan pantai Kuta Bali, maka untuk menuju lokasi Pandawa Beach, kamu akan menempuh jarak 21 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh 1 jam 15 menit.

HTM Pantai Pandawa Bali

Lokasi Pantai Pandawa Bali berada di balik tebing batu kapur yang sangat tinggi, dari atas tebing kamu bisa melihat keindahan pemandangan Samudra Hindia.

Ketika kamu akan memasuki area Pantai Pandawa, kamu akan menjumpai sebuah gerbang masuk dengan jumlah 4 akses masuk yang bisa dilewati oleh kendaraan. Keempat akses masuk tersebut menyerupai gerbang jalan tol akan tetapi terbuat dari batu kapur putih.

Nah, di salah satu gerbang masuk inilah kamu harus membayar biaya tiket masuk serta biaya parkir kendaraan. Adapun besaran harga tiket masuk pantai Pandawa Bali adalah:

  • Dewasa dan anak-anak WNA : 15,000 IDR / Orang
  • Dewasa WNI : 8,000 IDR / Orang
  • Anak-anak WNI : 4,000 IDR / Orang
  • Parkir bus pariwisata : 10,000 IDR / 1 bus
  • Parkir mobil : 5,000 IDR / 1 mobil
  • Parkir motor : 2,000 IDR / 1 motor

Baca Juga :
1. 7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
2. 5 Referensi Hotel di Ubud Bali yang Murah dan Nyaman

Apa Saja yang Bisa Kamu Eksplor di Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa Bali memiliki sejumlah fasilitas lengkap, antara lain:

  • Lahan parkir yang luas.
  • Warung penjual makanan dan minuman.
  • Restoran.
  • Toilet umum.
  • Sewa charger hp.
  • Bangunan wantilan untuk tempat berteduh.
  • Jasa sewa kano.
  • Jasa spa Bali untuk merasakan pijat relaksasi.

Selain bisa bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah, disini kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas wisata yang menarik, antara lain:

1. Berenang dan menikmati keindahan Pantai 

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali yang Wajib Kamu Coba

Pantai Pandawa Bali - Image from www.instagram.com

Keindahan Pantai Pandawa Bali memang tidak perlu diragukan lagi. Air lautnya yang jernih, pasir putihnya yang bersih, dan ombaknya yang cukup tenang menjadikan wisata pantai satu ini cukup aman untuk aktivitas berenang di tepi laut.

2. Berfoto dengan background Patung Lima Ksatria Pandawa

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali yang Wajib Kamu Coba

Patung Lima Ksatria Pandawa - Image from shutterstock

Lokasi Pantai Pandawa Bali yang terletak di balik tebing kokoh, menjadikan panorama alam di Pantai ini terlihat sangat eksotis dan menarik. Selain wisata alam, pihak pengelola pantai ini juga memasukkan unsur budaya dengan meletakkan lima buah patung Ksatria Pandawa di antara dinding-dinding tebing.

Buat kamu yang demen eksis di sosmed, kamu bisa berfoto atau berselfie dengan latar patung Ksatria Pandawa seperti Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula, dan Sadewa.

Kelima patung Ksatria Pandawa tersebut dipercaya sebagai “penjaga” pantai yang akan melindungi daerah sekitarnya dari segala malapetaka. 5 patung tersebut diukir oleh para seniman pemahat asli Pulau Dewata.

Masih di lokasi yang sama, kamu juga akan mendapati patung Dewi Kunti yang merupakan Ibunda dari kelima Ksatria Pandawa. Semua patung tersebut dibangun setinggi 5 meter dan berjejer rapi menghadap ke pantai.

3. Berjemur dan relaksasi di tepian pantai

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali yang Wajib Kamu Coba

Berjemur dan relaksasi di tepian Pantai Pandawa Bali - Image from shutterstock

Buat kamu yang ingin bersantai sambil berjemur di tepi pantai, jangan khawatir, kamu bisa dengan mudah menjumpai banyak jasa penyewaan kursi lengkap dengan payung lebar, yang ditawarkan dengan harga terjangkau di Pantai Pandawa. Biasanya, jasa penyewa tersebut berada di sisi kanan pantai, cobalah menuju ke bagian tersebut bila ingin menyewanya.

4. Berkeliling pantai menggunakan kano

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali yang Wajib Kamu Coba

Kano di Pantai Pandawa Bali - Image from shutterstock

Nggak cuma berenang, berselfie, ataupun bersantai di tepi pantai, disini kamu juga bisa bermain kano loh! Yap, Pantai Pandawa Bali menyediakan banyak jasa penyewaan kano di sekitar lokasi pantai.

Tarif sewanya pun cukup terjangkau, misalnya untuk kano berkapasitas 1 orang, kamu bisa menyewanya dengan tarif 25,000 IDR per jam. Sementara untuk kano berkapasitas 2 orang, kamu dapat menyewa dengan tarif 5,000 IDR per jam.

Puaskan dirimu untuk berkeliling sekaligus menikmati indahnya laut biru dengan latar tebing kapur yang megah menggunakan kano. Oh iya, untuk berjaga-jaga, kamu juga akan dilengkapi dengan fasilitas jaket pelampung sebagai alat keselamatan apabila kano terbalik.

Baca Juga : Referensi Rooftop Bar di 4 Kota Besar Indonesia

5. Bermain paralayang dari atas Bukit Timbis

Daya Tarik Pantai Pandawa Bali yang Wajib Kamu Coba

Bermain paralayang dari atas Bukit Timbis - Image from www.instagram.com

Buat kamu yang suka aktivitas ekstrem, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Pandawa dari atas ketinggian menggunakan paragliding (paralayang) di atas Bukit Timbis.

Aktivitas seru ini bisa kamu nikmati dengan memanfaatkan jasa penyewaan alat paralayang yang banyak tersedia di sekitar bukit. Tarif sewanya cukup murah kok, tentu saja bervariasi tergantung jenis paket yang diambil. Biasanya, alat paralayang disewakan dengan kisaran harga mulai dari 400,000 IDR.

6. Mengamati budidaya rumput laut

Tahukah kamu, Pantai Pandawa tidak hanya digunakan untuk tujuan wisata dan olahraga air saja lho! Yap, tepatnya di sisi barat Pantai Pandawa, terdapat budidaya rumput laut yang dilakukan oleh warga setempat.

Di tempat budidaya itu, kamu bisa melihat secara langsung kegiatan para petani rumput laut, mulai dari aktivitas mengikat bibit, menanam, hingga menjemur rumput laut.

Uniknya lagi, petani juga akan memberimu kesempatan untuk ikut mengenal dan mempelajari cara budidaya rumput laut. Aktivitas seru ini tentu saja bisa menjadi alternatif wisata edukasi yang menyenangkan ketika kamu liburan ke Bali.

7. Relaksasikan tubuh dengan spa di tepi Pantai

Sambil bersantai menikmati pemandangan, kamu juga bisa memanjakan tubuh dengan menjajal jasa tukang pijat tradisional atau spa khas Bali yang banyak ditawarkan oleh penduduk lokal.

Tarif spa ini pun bervariasi, tergantung jenis layanan yang kamu pilih. Biasanya, tarif spa mulai dari 40,000 IDR sampai 130,000 IDR.

Selain spa khas Bali, beberapa teknik pijat lainnya juga ditawarkan di sekitar tempat ini, misalnya seperti pijat refleksi tubuh, pijat Pandawa, pijat refleksi kaki, bahkan manicure pedicure yang disukai wanita.

8. Berburu kerajinan unik untuk oleh-oleh

Berwisata pasti tak akan lengkap tanpa berbelanja oleh-oleh. Yap, di sekitar kawasan Pantai Pandawa, kamu akan menjumpai banyak toko yang menjajakan oleh-oleh khas Bali, misalnya seperti pakaian, kain, barang-barang seni, serta kerajinan-kerajinan unik khas Bali.

Harga barang-barang ini pun relatif terjangkau, bahkan jika kamu pintar menawar, kamu bisa mendapatkan harga yang murah saat berbelanja di toko sekitar Pantai Pandawa.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang Pantai Pandawa Bali 2020. Gimana, apakah kamu tertarik mengunjungi wisata pantai satu ini?

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb