7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

 27 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Tentang Bali - Image from id.pinterest.com

Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Belum I love Bali namanya kalau belum tahu fakta-fakta menarik tentang Bali berikut ini.

Bali merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Selain kaya akan tempat wisata dan kulinernya, ternyata Bali mempunyai fakta-fakta menarik yang tidak banyak orang tahu.

Nah daripada penasaran, yuk simak 7 fakta menarik tentang pulau Bali berikut ini. 

Baca Juga :
1. 10 Makanan Khas Bali yang Akan Memanjakan Lidahmu
2. 5 Tempat Wisata Bali Anti Mainstream
3. 2 Resep Pie Susu Bali yang Renyah dan Lembut

Fakta Tentang Letak Bali

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia yang ibu kota provinsinya bernama Denpasar. Bali juga merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara.

Pada awal kemerdekaan Indonesia, pulau Bali termasuk dalam Provinsi Sunda Kecil yang beribu kota di Singaraja, dan kini telah terbagi menjadi 3 provinsi yaitu Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Wilayah Provinsi Bali terdiri dari Pulau Bali dan pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan, dan Pulau Menjangan.

Secara geografis, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk Bali beragama Hindu. Karena keindahannya, Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Sedangkan secara relief dan topografi, di tengah-tengah Pulau Bali terdapat pegunungan yang memanjang dari barat ke timur, dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung. Serta gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya.

Keberadaan pegunungan tersebut menyebabkan Daerah Bali secara Geografis terbagi menjadi 2 bagian yang tidak sama. Yang pertama yaitu Bali Utara yang memiliki dataran rendah yang sempit dan kurang landai, dan yang kedua yaitu Bali Selatan yang memiliki dataran rendah yang luas dan landai.

Fakta Unik Tentang Bali Indonesia

Nah, setelah mengetahui dengan jelas letak dan pembagian wilayah Provinsi Bali, sekarang kita menuju fakta-fakta menarik tentang pulau dewata ini.

1. Tol Terapung Pertama di Indonesia Ada di Bali, Tol Bali Mandara

7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Tol Bali Mandara - Image from www.tripzilla.id

Bali mempunyai tol terapung pertama di Indonesia, yaitu tol Bali Mandara. Tol yang terbentang sepanjang 12,7 kilometer di atas permukaan laut ini menghubungkan antara Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua.

Jalan di Tol Bali Mandara ini termasuk jalan tol yang unik, karena mempunyai jalur untuk sepeda motor di sisi kiri dan kanan. Jalan tol ini mulai dibangun pada bulan Maret 2012, rampung pada bulan Mei 2013, dan masih digunakan hingga sekarang.

2. Pulau Dengan Hari Libur Terbanyak Di Indonesia

7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Hari raya di Bali - Image from id.pinterest.com

Pulau Bali terkenal akan adat istiadat dan tradisinya yang unik. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai macam perayaan keagamaan serta ritual adatnya.

Jadi tidak heran apabila Bali mempunyai hari libur terbanyak dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Total hari raya lokal yang mengharuskan hari libur di Bali mencapai 21 hari. Hari raya lokal itu meliputi hari raya Pagerwesi, Saraswati, Siwaratri, Tawur Kesanga, Nyepi, Ngembak Geni, Galungan dan Kuningan. Wah banyak juga, ya?

3. Bali Punya Patung Tertinggi di Indonesia!

7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Patung Garuda Wisnu Kencana - Image from id.pinterest.com

Patung Garuda Wisnu Kencana yang ada di Bali merupakan patung tertinggi di Indonesia, sekaligus patung tertinggi kedua di dunia.

Jika kamu tertarik mengunjungi Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), maka kamu harus pergi ke bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan hasil karya pematung terkenal Nyoman Nuarta. Pembangunan patung ini memakan waktu selama 28 tahun, dan diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada bulan September 2018 yang lalu.

Tahu nggak? Patung ini menjadi patung tertinggi kedua di dunia mengalahkan patung Liberty lho! Keren banget deh.

4. Bali Punya Desa Terbersih di Dunia! 

7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Desa Penglipuran - Image from www.hipwee.com

Jika kamu mendengar kata desa, pasti yang terlintas di benak kamu adalah tempat yang asri dengan suasana yang tenang dan sejuk. Nah, semua itu dapat kamu temukan di desa Penglipuran.

Desa yang mempunyai luas 112 hektar ini terdiri dari 12 hektar area rumah penduduk, 49 hektar area ladang dan 37 hektar sisanya menjadi area hutan bambu. Kebayang nggak sih gimana ademnya desa ini?

Desa Penglipuran merupakan salah satu desa terindah di Indonesia, dan pernah menyabet predikat sebagai desa terbersih di dunia. Salut banget deh!

Tahu nggak sih? Desa Penglipuran berasal dari akronim kata pengeling dan pura yang mempunyai arti mengingat tempat suci (para leluhur). Pada awalnya, penduduk desa ini berasal dari Desa Bayung Gede, Kintamani, yang pindah ke desa Kubu Bayung, yang kini menjadi desa Penglipuran.

Nah, di desa inilah akhirnya mereka menetap dan menjaga kebudayaan leluhur mereka dengan baik.

5. Pulau Bali Dinobatkan Sebagai Pulau Terbaik Selama 12 Tahun Berturut-turut 

7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Keindahan pulau Bali - Image from id.pinterest.com

Pulau Bali adalah pulau yang terkenal di mancanegara, jadi nggak heran kalau pulau ini banyak sekali meraih penghargaan. Salah satunya yaitu penghargaan sebagai pulau terbaik versi DestinAsian Readers Choice Awards 2017, dan kerennya Bali sudah meraih penghargaan ini selama 12 tahun berturut-turut. Ajib banget kan!

Selain itu, majalah populer Travel and Leisure juga menobatkan Bali sebagai pulau tujuan wisata terbaik pada tahun 2017. Dan Bali juga menempati posisi runner-up sebagai pulau wisata terbaik dalam Survey World’s Best Awards 2018.

5. Bali Punya 2 Hotel Mewah yang Masuk dalam Jajaran 24 Hotel Terbaik di Dunia

7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve - Image from asiatourism.co

Prestasi Bali tidak sampai disitu saja, seolah tidak cukup puas dengan sederet predikat dan penghargaan yang sudah diraihnya. Pada tahun 2018 yang lalu dua hotel mewah di Bali terpilih dan masuk kedalam jajaran 24 hotel mewah di dunia versi Trip Advisor.

Kedua hotel terbaik itu adalah Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve yang terletak di Ubud, dan Komaneka at Tanggayuda yang juga terletak di Ubud. Kedua hotel ini meraih peringkat ke 15 dan 16, prestasi yang keren banget deh!

6. Kebanyakan Turis yang Berkunjung ke Bali Berasal dari Australia

7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Wisman di Bali - Image from www.tripzilla.id

Mungkin dikarenakan faktor lokasi yang dekat, wisatawan asal Australia tercatat sebagai wisatawan mancanegara (wisman) yang paling banyak berkunjung ke pulau Bali.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2017 saja, sudah sebanyak 1,117,933 wisatawan Australia yang berlibur di Bali. Amazing!

Posisi runner-up dan ketiga ditempati oleh wisman dari China dan Jepang. Bali menyumbangkan hampir setengah yaitu 40.5 % dari total keseluruhan wisman yang berkunjung ke Indonesia lho! Bahkan nggak jarang masyarakat luar negeri lebih mengenal Bali ketimbang masyarakat Indonesia sendiri.

7. Selain Wisata Bahari, Bali Juga Punya Kebun Binatang

7 Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Bali Zoo Park - Image from www.tripadvisor.in

Kalau kamu berpikir Bali hanya mempunyai wisata pulau saja, maka kamu salah besar! Ternyata Bali juga punya kebun binatang lho, namanya Bali Zoo Park.

Tentang bali Zoo, kebun binatang ini terletak di Desa Singapadu, Gianyar, Bali. Jika kamu berencana kesini, kamu membutuhkan kurang lebih 6 kilometer dari kota Denpasar atau 30 menit perjalanan dari Kuta.

Bali Zoo Park mempunyai luas kurang lebih 12 hektar dan juga koleksi hewan yang cukup lengkap, seperti harimau sumatra, harimau putih, singa, babi rusa, menjangan, orang utan, komodo, buaya, iguana, kura-kura, ular, jalak putih, kasuari, merak dan banyak lagi hewan lainnya.

Disamping kamu bisa menyaksikan binatang-binatang langka dan lucu, disini kamu juga berwisata kuliner. Karena disediakan restoran untuk makan siang atau makan malam yaitu restoran Starbhoga, yang menyajikan menu Eropa, Indonesia dan Bali.

Gimana, makin bangga nggak sama pulau Bali? Itulah Fakta Unik Tentang Bali yang Mungkin Belum Kamu Ketahui