FG Troches Meiji: Manfaat, Dosis, Cara Pakai, dan Efek Sampingnya

31 Jan 2020  Isfatu Fadhilatul

FG Troches Meiji: Manfaat, Dosis, Cara Pakai, dan Efek Sampingnya

Ilustrasi FG Troches Meiji - Image from www.bukalapak.com

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai obat FG Troches Meiji disini.

FG Troches Meiji obat untuk apa? FG Troches adalah obat yang bermanfaat untuk meredakan radang tenggorokan. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet hisap dan bisa digunakan oleh semua umur, mulai anak-anak hingga dewasa.

Cari tahu dosis, indikasi, dan efek samping FG Troches Meiji berikut ini.

FG Troches Meiji 

FG Troches adalah obat berjenis antibiotik yang berfungsi untuk radang tenggorokan, radang amandel, sariawan, radang gusi, radang mulut, bronkitis, infeksi gusi hingga mencegah infeksi setelah melakukan operasi gigi dan mulut.

Obat ini memiliki kandungan utama Fradiomycin sebesar 2,5 mg dan Gramicidin 1,0 mg. Kedua bahan tersebut mampu membunuh beberapa jenis bakteri penyebab peradangan di mulut dan juga tenggorokan.

Selain membantu meredakan peradangan, FG Troches Meiji fungsinya juga bisa mengatasi infeksi akibat bakteri tertentu, misalnya seperti bakteri Fusobacterium spp, Propionibacterium acnes, Stafilokokus, Streptokokus, dan Bacteroides.

FG Troches Meiji untuk batuk ini tersedia dalam dua kemasan, yaitu box berisi 12 strip dan 30 strip. Satu stripnya berisi 10 tablet isap. Harganya tiap apotek berbeda-beda, jadi kunjungi apotek terdekat untuk informasi lebih lanjut mengenai harga FG Troches Meiji. 

Dosis FG Troches Meiji

Bentuk FG Troches Meiji berupa tablet hisap menyerupai permen ini, membuat penggunaan FG Troches dianggap sepele. Padahal, setiap obat tentunya telah memiliki aturan pakainya masing-masing. 

FG Troches Meiji aturan pakainya seperti apa? Nah, obat ini sendiri termasuk golongan antibiotik, sehingga indikasi dan dosis pemakaiannya harus sesuai dengan resep dokter.

Penggunaan obat FG Troches Meiji diberikan setelah makan. Cara penggunaannya adalah dengan cara dihisap sampai habis. Tenang, obat ini berbentuk bulat dengan lubang ditengah, sehingga dapat lebih mudah untuk dihisap.

FG Troches Meiji bisa dikonsumsi semua usia, baik anak-anak maupun dewasa. Lalu sebaiknya FG Troches Meiji berapa kali sehari?

Nah, dosis untuk anak-anak adalah 1 tablet hisap, 4-5 kali sehari. Sementara untuk dewasa, dosis yang digunakan yaitu 1-2 tablet hisap, 4-5 kali sehari. 

Ingat ya, simpan obat ini di suhu ruangan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Apabila produk sudah memasuki masa expired, jangan simpan obat, dan jangan pula membuangnya sembarangan. Mintalah petunjuk pada apoteker untuk petunjuk pembuangan obat.

Bolehkah FG Troches Meiji untuk Ibu hamil? Obat ini berada dalam kategori D, artinya terdapat bukti positif mengenai resiko obat terhadap janin manusia, namun besarnya manfaat yang diperoleh mungkin lebih besar dari resikonya, misalnya untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa.

Kandungan Fradiomycin dan Gramicidin dalam FG Troches Meiji belum diketahui bisa terserap ke dalam ASI atau tidak. Namun, jika Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter terlebih dahulu.

Peringatan sebelum mengkonsumsi FG Troches Meiji

  • Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi virus, sehingga tidak memerlukan antibiotik untuk mengobatinya.
  • Apabila gejala sakit tenggorokan makin memburuk atau terus berlangsung hingga lebih dari 1 minggu, segera periksakan diri ke dokter.
  • Hindari mengkonsumsi FG Troches Meiji lebih dari 1 minggu.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap obat golongan aminoglikosida, seperti streptomisin, kanamisin, gentamisin, fradiomycin atau bacitracin.
  • FG Troches Meiji tidak boleh digunakan oleh penderita yang hipersensitif atau mempunyai alergi terhadap komponen FG Troches.
  • Penggunaan FG Troches Meiji pada lansia harus dilakukan secara hati-hati. Agar aman, gunakan sesuai anjuran dokter.
  • Apabila terjadi reaksi alergi obat atau overdosis setelah menggunakan FG Troches, segera temui dokter.

Baca Juga:
1. Omeprazole 20 mg: Aturan Penggunaan, dan Efek Sampingnya
2. Asam Salisilat: Manfaat, Dosis, Anjuran Pakai, dan Efek Sampingnya
3. Prosedur Medical Check Up dan Biaya yang Harus Disiapkan

Efek samping FG Troches Meiji

Selain FG Troches Meiji dosis, kita juga akan membahas tentang efek samping obat tersebut. Seperti halnya obat pada umumnya, FG Troches Meiji mungkin juga akan menimbulkan efek samping pasca penggunaannya, antara lain:

  • Lidah berubah warna menjadi kehitaman.
  • Mukosa mulut menjadi kemerahan
  • Infeksi lidah seperti Glossitis.
  • Defisiensi vitamin K, ditandai dengan adanya resiko pendarahan.
  • Defisiensi vitamin B, ditandai dengan timbulnya sariawan, Glossitis, nyari saraf, dan juga nafsu makan yang berkurang.
  • Mual.
  • Gangguan pencernaan.

Efek samping tersebut bisa terjadi akibat penggunaan obat yang tidak sesuai aturan, penggunaan obat pada lansia, dan juga pada orang kekurangan gizi. 

Apabila timbul efek samping yang disebutkan di atas atau mungkin timbul efek samping lainnya, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter.

Selain itu, awasi penggunaan FG Troches Meiji pada anak-anak karena mengisap tablet berisiko membuat anak-anak tersedak.

Demikianlah artikel tentang FG Troches Meiji ini. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa