Detik-detik Aksi Heroik Ayah Selamatkan Anak dari Reruntuhan Ledakan Lebanon

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 06 Aug 2020

Detik-detik Aksi Heroik Ayah Selamatkan Anak dari Reruntuhan Ledakan Lebanon

Tangkapan layar video viral aksi heroik ayah - Image from www.rancahpost.com

Bukti perjuangan dan pengorbanan sang ayah 

Sang anak tetap terlihat tenang, karena dia yakin saat bersama ayahnya dia akan aman dan terlindungi. Video ini berhasil menyentuh hati warganet yang simpatik dan kagum atas pengorbanan sang ayah. 

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan video yang menampilkan aksi seorang ayah tengah menyelamatkan anaknya dari ledakan yang terjadi di Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8).

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat seorang pria menggendong sang anak dan melindunginya dari reruntuhan saat ledakan terjadi.

Dalam video berdurasi 17 detik itu, pria tersebut tidak berhenti mengucapkan takbir dan terus mencari tempat aman guna melindungi sang anak. 

Meski terlihat kebingungan, pria itu akhirnya menyembunyikan anaknya di bawah meja. Video tersebut diunggah oleh @moejamal1991, ia mengatakan peristiwa ini terjadi di rumah saudara perempuannya di Corniche el Mazraa, Lebanon.


Dalam keterangannya, Jamal mengungkapkan bahwa sosok pria dalam video viral itu adalah suami dari saudara perempuannya, sementara anak kecil itu adalah keponakannya. 

Aksi heroik ayah dan anak itu menjadi perhatian dunia, banyak warganet mengaku kaget dan haru usai melihat video tersebut. 

Banyak dari warganet menyampaikan duka atas musibah yang terjadi, tidak sedikit juga yang memberikan apresiasi terhadap tindakan sang ayah dalam video.

Ledakan nahas tersebut telah menyebabkan 78 orang tewas dan 4.000 orang lainnya mengalami luka-luka. 

Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab mengatakan, ledakan disebabkan oleh meledaknya 2.750 ton amonium nitrat yang tersimpan di sebuah gedung selama enam tahun.

Ledakan yang disebut-sebut seperti ledakan atom bahkan kiamat itu membuat hampir seluruh sudut kota di Beirut panik, jalanan kota juga dipenuhi oleh pecahan kaca yang berserakan.

Berikut adalah beberapa komentar dari warganet yang menyaksikan video aksi ayah menyelamatkan sang anak. 

"No one, especially children, should have to endure such horrific daily trauma! My hearts so sad (Tidak ada, terutama anak-anak yang bisa menanggung dalam kondisi trauma yang mengerikan. Sungguh menyedihkan," tulis salah satu akun. 

"Wow - as a father of 3 young kids, this really tears me up! As Americans we are so insulated by the realities that much of the world deals with on a daily basis, (Wow - sebagai seorang ayah dengan tiga anak, video ini sungguh membuatku menangis. Sebagai orang Amerika kita dikelilingi oleh realitas yang kita harus hadapi sehari-hari)" tulis akun lainnya. 

"His priority was his son. His son stayed calm and knew he was safe. His words of faith and concern for his kid has me in tears. This man...(Prioritas sang ayah adalah anaknya. Anaknya tetap merasa tenang karena dia merasa aman. Ucapan takbir dan kepeduliannya pada sang anak membuatku menangis)," tulis akun lainnya. 

Begitu besar pengorbanan dan perjuangan seorang ayah yang diberikan kepada putranya. Kisah ini bisa menjadi teladan bagi seluruh ayah di luar sana untuk memiliki mental yang sama. 

Sebab seorang ayah bukan sekedar orang yang mencari nafkah untuk keluarga melainkan juga membimbing dan melindungi anggota keluarganya.

SHARE ARTIKEL