Saat Hutang Menumpuk dan Terasa Sangat Berat, Amalkan Doa yang Dianjurkan Rasulullah ini

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 17 Jun 2020

Ilustrasi - Image from www.harapanrakyat.com

Pusing dan stres yang tak kunjung henti

Rasanya hutang kok tak kunjung lunas ya, padahal sudah ikhtiar kemana-mana.Tak perlu gelisah berkepanjangan, istiqomah berupaya melunasinya dan amalkan doa ini!

Dalam urusan keuangan rumah tangga, istri biasanya mengambil peran utama. Hal ini membuat istri selalu diliputi banyak kebingungan untuk mengatur uang.

Mulai dari membagi-bagi gaji suami untuk banyak pos penting seperti kebutuhan sehari-hari, pendidikan anak, kesehatan dan lainnya. Belum lagi yang masih terbebani dengan beragam cicilan dan hutang. 

Duh puyengnya. Adakalanya di saat-saat seperti itu, membuat istri merasa sedih dan sering mengeluh. Tak jarang kesumpekan yang dirasakannya tumpah kepada suami atau anak. 

Namun, alangkah baiknya Bunda semua tak terus-terusan merasa seperti itu. Sebelum terjerumus dengan mengeluh yang tak ada habisnya. Upayakanlah sebaik mungkin untuk mengatasi masalah keuangan. 

Misalnya dengan berhemat, menghapus biaya-biaya tidak penting dna tidaak mendesak seperti biaya liburan dan jalan-jalan, perbanyak masak sendiri bukan jajan di luar rumah, dan lainnya. 

Berdoa Sungguh-sungguh kepada Allah SWT 

Setelah berusaha semaksimal mungkin, jurus terakhir adalah berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT. 

Minta kepada Allah dengan sepenuh hati agar segala kesusahan, kerisauan, kesedihan dan beban hutang mudah diselesaikan. 

Lalu tenangkan diri dengan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ini untuk Abu Umammah ini. 

Ibu-ibu bisa mengamalkan doa ini setiap selepas mengerjakan shalat. Ataupun dibaca saat sedang shalat setelah tahiyat akhir dan sebelum salam. 

Doa yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Dawud, Rasulullah pernah mengajarkan doa agar terbebas dari lilitan utang. Doa tersebut diajarkannya pada Abu Umamah, seorang pria Anshar.

DIkisahkan oleh Abu Sa'id al-Khudri pada suatu hari, Rasulullah SAW masuk ke dalam masjid. Ternyata di dalam sudah ada Abu Umamah yang sedang duduk sendirian. 

Rasulullah pun menyapa, "Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?"

Mendengar pertanyaan Rasulullah SAW, Abu Umamah mengaku sedang kebingungan karena sedang terlilit banyak utang. 

Rasulullah pun mengajarkan kepada Abu Umamah sebuah doa yang jika dibaca bisa memgobati kebingungan dan diberi kemudahan dalam melunasi hutang. 

Doa terbebas dari utang yang diajarkan Rasulullah SAW adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Latin : Allahumma inni a'udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasal, wa a'udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a'udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia."

Setelah Abu Umamah mengamalkan doa tersebut lepaslah dia dari kebingungan dan dimudahkan dalam melunasi hutangnya. "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas hutangku." (HR Abu Dawud 4/353)

Selain doa tersebut, Aisyah ra juga pernah meriwayatkan sebuah hadist, bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa terbebas dari utang setiap shalatnya. Doa tersebut berbunyi:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Latin: "Allahumma innii a'uudzu bika minal ma'tsami wal maghram"

Artinya, Ya Allah aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan terlilit utang.

Seorang sahabat, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits tersebut, bertanya alasan Rasulullah banyak membaca doa terbebas dari utang. 

Rasulullah pun menjawab, "Sesungguhnya seseorang apabila sedang berhutang ketika dia berbicara biasanya berdusta dan bila berjanji sering menyelisihinya".

Itulah doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW supaya dijauhkan dari terlilit hutang dan diberikan kemudahan untuk melunasinya. Tapi ingat, selain berdoa, lakukan ikhtiar juga untuk melunasinya yaa...

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb