Kisah Cinta Dibalik Lagu Soulmate yang Dinyanyikan BCL Sebelum Kepergian Suaminya

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 19 Feb 2020

Kisah Cinta Dibalik Lagu Soulmate yang Dinyanyikan BCL Sebelum Kepergian Suaminya

BCL menyanyi lagu Soulmate - Image from Youtube

Seakan menjadi firasat atas kepergian suaminya

Tepat sebelum Ashraf meninggal BCL menyanyikan lagi Soulmate pada saat acara Indonesian Idol. Banyak netizen yang menghubungkan kejadian tersebut menjadi firasat atas kepergian suaminya. Memang lagu yang dinyanyikan BCL mempunyai makna yang mendalam, berikut penjelasannya.

Baru-baru ini kita sering mendengarkan lagu Soulmate yang menjadi viral kembali ketika dinyanyikan Bunga Citra Lestari pada saat menjadi juri di Indonesian Idol, tepat sehari sebelum kepergian suaminya. 

Netizen banyak menghubungkan kejadian tersebut menjadi firasat atas kepergian suami tercintanya. Komentar banyak bermunculan menanggapi lirik lagu Soulmate yang sangat pas dengan kondisi BCL saat ini.

Lagu Soulmate adalah satu dari puluhan karya Yovie Widiyanto yang banyak membuat pendengar jatuh hati, lantas apa sih kisah yang menjadi latar belakang pembuatannya? 

Inilah Kisah Dibalik Penciptaan Lagu-Lagu Populer yang Dibuat oleh Yovie Widiyanto

1. Peri Cintaku

Lagu ini disebut-sebut sebagai lagu kebangsaan bagi pasangan yang sedang terjebak dalam cinta beda agama. Di negara dengan banyak ragam suku, budaya dan agama ini, cinta beda keyakinan bisa jadi pernah dialami oleh banyak orang. 

Hal ini menjadi inspirasi bagi Yovie untuk menciptakan lirik lagu yang bisa mewakili perasaan mereka. Orang yang mendengar dan mengalaminya, pasti lantas akan berujar "Wah gue banget nih", "kita banget", "can relate" dan lain-lain. 

Baca juga : 

Karena polesan lirik yang jujur, apa adanya, makna yang luas dan mudah dipahami oleh setiap orang. Jadi setiap orang bisa dengan mudah menghubungkan setiap penggalan lirik dengan pengalaman cinta beda keyakinan tersebut. 

Yovie sendiri membuat lagu ini terinspirasi dengan kisah nyata cinta beda agama, tapi tidak tahu apakah ini pengalaman pribadinya atau kisah sahabat dan orang lain. Berikut adalah penggalan yang paling mengena dari lagu ini : 

Aku untuk kamu, kamu untuk aku
Namun semua apa mungkin iman kita yang berbeda
Tuhan memang satu, kita yang tak sama
Haruskah aku lantas pergi meski cinta takkan bisa pergi

2. Mantan Terindah 

Menyanyikan lagu ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyanyi, khususnya ketika mau mendalami atau memasukkan perasaan ke dalamnya. Dan tersadar bahwa perasaan sedih yang menyayat dan bahagia yang teramat itu beda tipis. Bagaimana bisa? 

Lagu ini berkisah tentang mantan kekasih yang paling berkesan dan susah untuk dilupakan. Kenangan yang membahagiakan tentu akan membuat senyum-senyum sendiri, tapi kenyataan pahit bahwa dia tidak bisa di miliki adalah hal yang menyedihkan. 

Tapi banyak pendengar yang kemudian menghubungkan dengan kisah cinta mereka, dan kemudian memilih diantara mantannya, mana yang bisa disematkan predikat mantan terindah. Inilah lirik yang menyayat hati mengenai mantan terindah
Mau dikatakan apa lagi
Kita tak akan pernah satu
Engkau disana aku disini
Meski hatiku memilihmu
Andai ku bisa ingin aku memelukmu lagi
Di hati ini hanya engkau mantan terindah
Yang selalu kurindukan

3. Soulmate 

Lagu yang dirilis tahun 2006 dan dibawakan oleh Kahitna ini kembali hits beberapa hari terakhir. Sejak dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari tepat sehari sebelum kepergian sang suami tercinta. 

Banyak yang berkomentar liriknya pas sekali dengan kondisi yang dialami BCL saat ini. Berikut adalah penggalan lirik yang seakan menjadi curahan hati BCL kepada mendiang Ashraf Sinclair.

Meskipun tlah kau semaikan cinta
Dibalik senyuman indah
Kau jadikan seakan nyata
Seolah kau belahan jiwa
Meskipun tak mungkin lagi
Tuk menjadi pasanganku
Namun ku yakini cinta kau kekasih hati

Salah satu keajaiban sebuah lagu adalah bisa dimaknai di berbagai sudut pandang dan tetap bisa menjadi sesuatu yang menarik meski banyak perbedaan dalam memaknainya. 

Awal penciptaan lagu ini, berkisah tentang kisah cinta yang datang disaat yang tidak tepat, karena satu diantara keduanya, sudah memiliki pasangan lain. Sehingga tidak lagi ada kesempatan untuk menjadi pasangannya. 

Namun ketika dimaknai di kondisi BCL pun tetap menjadi sesuatu yang menarik, dengan sudut pandang tidak lagi bisa menjadi pasangan, karena maut memisahkan keduanya. 

Tapi cinta sejati tak akan berakhir karena kematian, cinta itu akan kekal dan abadi, sebagaimana lagu Cinta Sejati yang dinyanyikan oleh BCL ketika mengenang Alm BJ. Habibie dan mendiang istrinya.

4. Andai Dia Tahu

Lagu yang satu ini menjadi lagu yang akan digemari oleh para jomblo yang sedang memendam cinta kepada seseorang. Atau orang-orang yang sering menyebut cinta dalam diam. 

Karena perasaan yang tidak diungkap akhirnya hanya bisa berandai-andai jika orang yang dicintainya mengetahui perasaannya. Di tutup dengan doa kepada Tuhan, meminta agar memberikan keyakinan terhadap orang yang dicintainya, agar menjadi pasangannya. 

Berikut adalah penggalan lirik yang manis, sangat mewakili perasaanmu yang mungkin tak bisa kau ungkapkan dengan kata-kata sendiri.
Mungkinkah dia jatuh hati
Seperti apa yang kurasa
Mungkinkah dia jatuh cinta
Seperti apa yang kudamba
Bilakah dia mengerti
Apa yang telah terjadi
Hasratku tak tertahan
'Tuk dapatkan dirinya
Tuhan, yakinkah dia
'Tuk jatuh hati
Hanya untukku

Andai dia tahu

5. Untukku 

Lagu yang dibawakan pertama kali oleh Almarhum Chrisye ini berkisah mengenai kisah cinta kepada seseorang yang teramat besar. Sehingga seakan pantas untuk mengorbankan banyak hal untuk mendapatkannya. 

Menariknya lagu ini terinspirasi dari kejadian menarik ketika Yovie sedang berada di atas pesawat, kemudian melihat ke luar jendela tepatnya di bawah pesawat dan memandang pulau dan samudera yang terbentang. Lalu muncullah lirik di bawah ini. 

Walau keujung dunia, pasti akan kunanti
Meski ke tujuh samudera, pasti ku kan menunggu
Karena ku yakin kau hanya untukku

Yovie mengaku banyak lagunya terinspirasi dari kisah-kisah yang sepele baik dialaminya sendiri maupun berangkat dari kisah-kisah sahabat-sahabatnya. 

Lagu Yovie berhasil menempati banyak hati para penikmatnya, selalu senang mendengar banyak karyanya, dan tidak pernah lekang oleh jaman.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb