Lirik Lagu Bunda dan Maknanya

 03 Oct 2019  Bima P

Lirik Lagu Bunda dan Maknanya

Kasih bunda - Image from scitecheuropa.eu

Mendengar lagu berjudul Bunda yang dibawakan oleh grup band Potret tidak jarang membuat kita menitikkan air mata. Hal ini dikarenakan lirik lagu Bunda memiliki makna dan syair yang mendalam dan sangat mengharukan.

Keluar pada tahun 90-an, lagu ini tetap familiar atau akrab di telinga para penikmat musik hingga saat ini. Ini terbukti dari playlist-playlist aplikasi layanan musik streaming yang masih sering diakses atau diputar para pengguna aplikasi tersebut atau dalam playlist mobil hingga tempat karaoke.

Lagu bunda diciptakan oleh sang vokalis dari grup band Potret itu sendiri yaitu Melly Goeslaw. Bunda merupakan lagu single ketiga dari album kedua yang bertajuk Potret II. Diproduseri oleh Glenn Fredly, album ini direkam tahun 1996 dan dirilis tahun 1997 di bawah label Sony Music Indonesia. 

Baca : Mengenang Ibundanya, Melly Goeslaw Beri Tulisan ini yang Bikin Meneteskan Air Mata

Selain karena liriknya yang dalam, lagu Bunda menjadi sangat disukai karena musiknya yang sangat nikmat untuk didengar. Kombinasi dari lirik yang sangat dalam serta musik yang nikmat, membuat pendengarnya terenyuh dan langsung teringat akan sang bunda.

Sebelum kita bahas lebih mendalam soal makna dari lagu ini, mari kita lihat lirik lagu bunda Potret ini terlebih dahulu. Disini kami menyertakan grip atau chord gitar agar anda bisa menyanyikannya dengan diiringi musik.

C Am
Ku Buka Album Biru
F G
Penuh Debu Dan Usang
Em Am
Ku Pandangi Semua Gambar Diri
F G
Kecil Bersih Belum Ternoda

C Am
Pikirkupun Melayang
F G
Dahulu Penuh Kasih
Em Am
Teringat Semua Cerita Orang
F G C
Tentang Riwayatku

Reff#
Em Am F C
Kata Mereka Diriku Slalu Dimanja
Em Am F G
Kata Mereka Diriku Slalu Ditimang

C Am
Nada Nada Yang Indah
F G
Slalu Terurai Darinya
Em Am
Tangisan Nakal Dari Bibirku
F G
Takkan Jadi Deritanya
C Am
Tangan Halus Dan Suci
F G
Tlah Mengangkat Diri Ini
Em Am
Jiwa Raga Dan Seluruh Hidup
F G C
Rela Dia Berikan

Back to REFF
C G Am Em
Oh Bunda Ada Dan Tiada Dirimu
F G C
Kan Slalu Ada Di Dalam Hatiku …

Makna Lirik Lagu Bunda

Jika dilihat dari sisi sang penyanyi, lagu ini bercerita tentang seorang anak yang tak sengaja membuka album foto lama dan teringat oleh sang Bunda. Ini bisa dimaknai dalam kehidupan sehari-hari. Kadang karena anda sangat sibuk mengejar karir, pendidikan, anda lupa bahwa ada seseorang dirumah yang sedang mendoakan anda yang sedang berusaha. Anda lupa untuk mengabari dan bahkan anda tidak sempat memikirkan orang itu sama sekali.

Hingga akhirnya setelah orang itu tiada barulah anda terasa sangat kehilangan dan sangat menyesal. Ya, yang kami maksud adalah bunda. Lagu ini menceritakan rindu seorang anak yatim kepada sang bunda.

Lagu ini juga menceritakan bagaimana sang penyanyi mengingat sosok bundanya hanya dari cerita orang-orang sekitar. Mungkin karena beberapa alasan, sewaktu sang bunda masih hidup, sang penyanyi kurang menghabiskan waktu bersama dengan sang bunda sehingga kenangan yang dimilikinya hanya kenangan sewaktu masa kecil.

Namun meski hanya secuil kenangan, sang anak tetap bisa merasakan dahsyatnya kasih sayang bundanya. Meskipun dalam kondisi sang bunda masih ada atau telah tiada, bunda selalu ada dalam hati sang anak.

Baca Juga : Doa Untuk Kedua Orang Tua, Arab Beserta Artinya

Bagi anda yang masih memiliki kedua orang tua terutama bunda, anda harus banyak bersyukur dan gunakan waktu tersebut untuk selalu mematuhi dan berusaha membahagiakan orang tua anda.

Mungkin di kenyataan, bunda anda bukanlah seorang penasihat layaknya motivator di saat anda sedang terpuruk, memang sangat mudah bagi kita untuk menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi pada kita. Ingatlah bahwa sesungguhnya bunda anda juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, tapi hal ini bukan berarti anda bisa seenaknya menyalahkan orang tua atas didikan mereka yang anda anggap tidak sempurna.

Kita wajib mengingat bahwasanya meski bunda kita manusia biasa, tapi bunda kita juga lah yang menguatkan diri untuk mengandung kita selama 9 bulan, bunda kita juga lah yang berjuang sekuat tenaga membesarkan kita.

Setelah anda bisa memaknai lagu Bunda ini, kami harap anda bisa lebih baik menggunakan waktu anda untuk dihabiskan dengan orang tua anda. Pergunakan waktu anda sebaik mungkin untuk membahagiakan mereka.

Sekian dari artikel kami tentang lirik lagu bunda dan maknanya. Jika anda memiliki cerita dengan orang tua anda yang bisa memotivasi orang lain untuk lebih menghargai orang tua mereka, kami berharap anda dapat membagikan kisah tersebut pada kolom komentar.