Lagu Garuda Pancasila 

 26 Sep 2019  Isfatu Fadhilatul

Lagu Garuda Pancasila 

ilustrasi garuda pancasila - Image from irmadevita.com

Lagu merupakan salah satu hiburan yang dapat membangkitkan semangat, terutama lagu yang memiliki tema dan lirik perjuangan. Salah satu lagu dengan tema perjuangan adalah lagu garuda pancasila, lagu ini juga salah satu dari sekian banyak lagu nasional.

Judul lagu ini diambil dari lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila. Lambang negara Indonesia ini berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan , perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai di leher Garuda, serta semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang mempunyai arti  “Berbeda-beda tetapi tetap satu” yang ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda.

Lagu garuda pancasila adalah ciptaan Bapak Sudharnoto. Beliau juga memiliki nama samaran Damayanti, Sudharnoto dilahirkan di Kendal, Jawa Tengah pada tanggal 24 Oktober 1925. Selain seorang pencipta lagu, beliau juga seorang ilustrator film.

Lagu garuda pancasila diciptakan olehnya pada tahun 1956. Sudharnoto juga pernah menyabet Piala Citra FFI 1980 kategori penata musik terbaik dalam filmnya yang berjudul "Kabut Sutra Ungu". 

Lagu Garuda Pancasila Beserta Maknanya

Lagu garuda pancasila akan kita jumpai pada saat kita belajar di bangku sekolah dasar. Untuk merefresh kembali , berikut adalah lirik lagu garuda pancasila (menurut Warcoff) beserta maknanya  :

Garuda pancasila
Akulah pendukungmu


"Garuda sebagai lambang negara dan Pancasila sebagai dasar negara harus senantiasa kita dukung dan junjung tinggi sebagai bukti kedaulatan bangsa yang merdeka."

Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu


"Patriot proklamasi bermakna pejuang kemerdekaan/pejuang bangsa yang akan selalu siap sedia berkorban untuk negeri."

Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa


"Pancasila sebagai dasar negara jika diterapkan secara nyata maka keadilan, kemakmuran dan kedamaian sentosa akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia."

Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju


"Kepribadian bangsa Indonesia adalah bangsa yang pantang menyerah, pantang berputus asa menghadapi semua cobaan yang datang. Bangsa yang penuh semangat untuk terus maju dan bersatu membangun tanah tumpah darah Indonesia."

Namun sayangnya, makna dari lagu nasional ini seakan sudah dilupakan oleh kebanyakan orang,terutama oleh petinggi negara ini, terlihat dari banyaknya korupsi dan tindakan buruk lainnya.

Lagu perjuangan seperti ini hanya dianggap lagu yang wajib dinyanyikan pada saat acara kemerdekaan saja. Padahal menurut Warcoff, lagu-lagu ini merupakan wujud ketulusan hati dari si pencipta yang dipersembahkan untuk bangsa, bukan hanya bentuk mencari popularitas dan materi.

Baca Juga: Lagu Ciptaan Tokoh NU Diusulkan Jadi Lagu Perjuangan

Cara Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila

Berikut akan kita bahas lagu garuda pancasila dan intonasi menyanyikannya.

Melodi asli lagu ini dalam notasi angka, berakhir pada nada do rendah. Namun, karena melodi ini dipandang tidak sesuai dengan liriknya yaitu "maju", maka sejak direkam ulang oleh Addie MS, bagian terakhirnya dibawakan dengan nada tinggi, untuk mengekspresikan sebuah semangat.

Lagu garuda pancasila bertangga nada tinggi dan rendah. Tangga nada pada lagu ini adalah diatonis mayor. Karena pada umumnya tangga nada diatonis mayor bersifat semangat.

Baca Juga: Mengenal Sosok Mohammad Yamin, Tokoh Perumus Pancasila

Tangga nada tersebut bisa kita lihat pada gambar dibawah ini 

Lagu Garuda Pancasila 

tangga nada lagu garuda pancasila - Image from learniseasy.com

Semoga artikel ini dapat membantu menumbuhkan rasa patriotisme dalam diri kita sehingga kita dapat berkontribusi sebanyak-banyaknya kepada bangsa dan negara, serta tidak melupakan jasa para pahlawan terdahulu sehingga kita bisa hidup tenang seperti saat ini.