Susunan Acara: Pernikahan, Lamaran, Ulang Tahun, Perpisahan dan Rapat

 08 Oct 2019  Taufiq F

Susunan Acara: Pernikahan, Lamaran, Ulang Tahun, Perpisahan dan Rapat

Susunan acara - Image from pusjatan.pu.go.id

Dalam suksesnya suatu acara pastinya ada susunan acara yang mensukseskan jalannya sebuah acara. Baik itu acara pernikahan, ulang tahun, lamaran, perpisahan dan juga rapat.

Supaya acara tersebut bisa berjalan dengan baik maka susunan acara sangat penting ada dalam sebuah acara tersebut, dalam setiap acara ada susunannya sendiri, seperti susunan acara pernikahan yang cukup panjang dan memerlukan waktu lebih untuk bisa berjalan dengan baik.

Pada dasarnya dalam sebuah acara apapun itu memiliki susunan acara yang sama, yaitu pembukaan, sambutan, inti dan penutup.

Tetapi susunan acara itu disesuaikan dengan jenis acara yang diadakan dengan menambahkan susunan acara yang dirasa perlu. Misalnya acara ulang tahun maka susunan acara ulang tahun ditambah hiburan atau lainnya, untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Susunan Acara Pernikahan 

Seusai ijab kabul selesai dibacakan maka keduanya secara sah menjadi suami istri. Kemudian berlanjut pada acara resepsi pernikahan dilangsungkan.

Tetapi semua tidak akan berjalan lancar dan sesuai harapan jika tanpa ada persiapan yang matang. Salah satu yang menjadi penentu acara pernikahan itu berhasil atau tidak adalah susunan acara pernikahan itu sendiri.

Pada setiap susunan acara memiliki perbedaan setiap daerahnya karena tak lepas dari adat dan istiadat. Hal ini dikarenakan memiliki makna dan filosofi yang tinggi, maka dari itu ini tentu akan mengiring kehidupan pengantin baru yang akan segera di jalani. Untuk dapat mempelajari apa saja susunan acara pernikahan, baca Susunan Acara Pernikahan Adat Jawa dan Sunda berikut.

Selain itu wajib baca juga akan memberikan beberapa susunan acara, meliputi susunan acara lamaran, susunan acara ulang tahun, susunan acara rapat dan juga susunan acara perpisahan berikut ini.

Sebelum lanjut ke susunan acara lainnya simak susunan acara lamaran berikut.

Susunan Acara Lamaran

Prosesi lamaran ini biasanya berbeda-beda, karena umumnya dipengaruhi oleh ragam tradisi pernikahan.

Baca ini biar tahu alasannya: Tahukah Kamu? Mengapa Lamaran di Indonesia Lebih Resmi Ketimbang di Barat yang Tinggal Berlutut Saja?

Acara lamaran dari setiap adat dan suku juga berbeda-beda, dan semuanya memiliki ciri khas tersendiri dari budaya yang diwariskan secara turun temurun tersebut. Berikut beberapa susunan acara lamaran yang bisa persiapkan.

Kedatangan keluarga calon mempelai pria

Prosesi lamaran umumnya dimulai ketika keluarga mempelai pria bertamu di rumah mempelai wanita. Pihak wanita akan menyambut serta mempersilahkan keluarga mempelai pria untuk masuk.

Pada umumnya calon mempelai pria juga didampingi rombongan dan memberikan hantaran atau seserahan untuk melamar sang wanita.

Acara pembukaan lamaran

Setelah prosesi pertama, selanjutnya adalah proses lamaran dibuka dengan kata sambutan oleh pembawa acara.

Sang pembawa acara menyampaikan ucapan selamat datang serta terima kasih atas kehadiran seluruh pihak disertai doa.

Kemudian, proses pembukaan sampai saat pembawa acara menanyakan maksud kedatangan keluarga pria ke kediaman keluarga wanita.

Penyataan tujuan keluarga calon mempelai pria

Seusai pembukaan acara, maka inti dari lamaran tersebut sendiri akan dimulai. Dimana keluarga mempelai pria akan mengutarakan maksud kedatangan mereka yaitu untuk melamar sang mempelai wanita.

Pernyataan ini biasanya akan langsung dijawab keluarga mempelai wanita mengenai kesediaan sang mempelai wanita untuk menikah dengan mempelai pria.

Apabila lamaran tersebut diterima, pihak keluarga wanita akan memberikan jawaban yang menyambut baik rencana pernikahan antara kedua mempelai.

Pemberian seserahan kepada keluarga mempelai wanita

Ketika lamaran keluarga calon mempelai pria telah diterima sepenuhnya oleh keluarga calon mempelai wanita. Umumnya di lanjut dengan pemberian seserahan.

Seserahan tersebut memiliki makna simbolis sebagai tanda keseriusan pihak keluarga pria dalam meminang calon mempelai wanita.

Lantas apa saja seserahan yang cocok untuk calonmu? 
Baca: Tak Cuma Hadiah, ini Makna Tersirat Seserahan Pernikahan Menurut Islam

Setelah seserahan lamaran, pengantin pria juga harus memikirkan bahwa masih ada hantaran pernikahan.
Baca : 10 Isi Hantaran Pernikahan yang Unik dan Berkesan

Pemberian perhiasan secara simbolis

Kemudian acara selanjutnya adalah tukar cincin atau tunangan. Umumnya calon mempelai pria dan wanita saling memasang kan cincin di jarinya.

Tradisi ini bukan keharusan dalam sebuah acara lamaran, karena ada juga pasangan yang melakukan tukar cincin kawin saat upacara pernikahan, dengan begitu prosesi ini bisa dilewati.

Penutupan acara lamaran 

Setelah seluruh prosesi lamaran sudah selesai. Jadi kita akan memasuki tahapan penutupan acara lamaran pernikahan yang biasanya ditandai dengan doa singkat agar seluruh perencanaan pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

Kemudian di lanjut dengan foto bersama, dan kemudian menikmati santapan yang sudah disediakan mempelai wanita. Prosesi telah usai.

Setelah itu berikut ini ada penjelasan mengenai susunan acara ulang tahun

Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Merayakan ulang tahun di rumah secara sederhana bisa menjadi pilihan. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa tempat.

Sebenarnya saat ulang tahun anak, hal terpenting yang mesti kita berikan terlebih dahulu adalah doa.

Baca dulu :
 7 Doa Ulang Tahun Anak dalam Islam yang Baik Meminta Rezeki dan Kesehatan

Biasanya acara ulang tahun di rumah secara sederhana dihadiri oleh beberapa teman dekat dari si anak yang berulang tahun, dan tetangga sekitar rumah.

Contoh susunan acara ulang tahun anak di rumah secara sederhana:
1. Pembukaan acara oleh pembawa acara
2. Sambutan singkat dari orangtua anak yang berulang tahun
3. Permainan sederhana
4. Kue ulang tahun dikeluarkan
5. Doa bersama
6. Tiup lilin dan pemotongan kue
7. Makan bersama
8. Pembawa acara menutup acara.

Anggota keluarga berkumpul di tempat acara

Jika anak anda sedang berulang tahun, maka temani dia saat berada di tempat acara perayaan ulang tahun. Anak akan senang ketika melihat orangtuanya membawa kue.

Sehingga lebih baik jika yang membawa kue ulang tahun adalah orangtua. Orang tua memasuki tempat acara ulang tahun sambil membawa kue.

Bernyanyi bersama

Ajak anak untuk menyanyi lagu selamat ulang tahun bersamamu dan orangtua. Dengan bernyanyi bersama, perasaan anak yang berulang tahun akan semakin senang.

Berdoa bersama

Orangtua mengajak anak untuk berdoa. Berdoa tidak diwajibkan dalam hati, bisa dengan suara jelas. Mungkin anda bisa terharu jika mendengar doa polos dari anak anda.

Tiup lilin dan potong kue

Selanjutnya adalah potong kue dan meniup lilin. Lebih baik orangtua yang memotong kan kue ulang tahun bersama anaknya dengan cara memegang tangan anak sekaligus pisau atau menuntunnya. Tapi hati-hati dengan budaya tiup lilin ini. Baca : Bikin Merinding! Ternyata Seperti Ini Fakta Tiup Lilin Saat Ulang Tahun

Makan bersama

Anak yang berulang tahun menyerahkan potongan kue pertama kepada ibu kemudian ayahnya. Hal ini mengajarkan kepada anak untuk menghormati orangtua dan saudaranya.

Penutupan acara ulang tahun

Beberapa saat setelah acara makan selesai, kamu bisa menutup acara. Ucapkan terimakasih atas kehadiran para tamu dan mendoakan kebaikan untuk mereka. Acara ini bisa diakhiri dengan mengajak para tamu menyanyikan sebuah lagu anak yang menyenangkan.

Selesai acara ulang tahun, selanjutnya berikut wajib baca sampaikan susunan acara perpisahan.

Susunan Acara Perpisahan

Menjelang perpisahan pastinya dibentuk panitia-panitia yang membantu melancarkan acara pernikahan. Ada beberapa susunan acara perpisahan yang perlu diperhatikan guna susunan acara perpisahan bisa berjalan dengan lancar.

Berikut ini simak susunan acara perpisahan yang dapat anda contoh:

Pembukaan MC

Pembukaan disini dibacakan oleh MC biasanya dengan bacaan basmalah sebagai tanda acara perpisahan dibuka.

Sambutan dari ketua panitia

Selanjutnya sambutan dari ketua panitia, sambutan ketua biasanya berisi tentang semua kegiatan, penyataan selamat mengikuti acara ini serta pernyataan maaf.

Ucapan dari siswa dan osis

Ucapan terimakasih dan permohonan maaf dari siswa kepada pihak sekolah serta meminta doa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua osis yang mengucapkan selamat pada kakak kelas, permintaan maaf dan terimakasih.

Sambutan dari wali murid dilanjutkan kepala sekolah

Sambutan dari wali murid yang mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah karena telah membantu anak-anak mereka dalam menuntut ilmu. Kemudian setelah itu sambutan dari kepala sekolah yang menyampaikan selamat kepada siswa karena telah lulus serta kesan dan pesan kedepan nya.

Pelepasan atribut sekolah

Biasanya perwakilan 2 orang siswa dan siswi untuk dilepas atribut sekolah oleh kepala sekolah

Penyerahan cindera mata

Penyerahan cindera mata kepada bapak/ibu guru sebagai ucapan terima kasih.

Penyerahan hadiah siswa berprestasi

Biasanya untuk siswa-siswa yang berprestasi akan mendapatkan hadiah dari sekolah.

Hiburan 

Acara ini merupakan acara santai dan biasanya diisi oleh penampilan siswa tentang seni.

Pembacaan doa

Sebagai perwakilan ada yang membaca doa, biasanya guru agama di sekolah.

Penutup

Biasanya ditutup dengan bacaan basmalah oleh MC dan bisa meninggalkan tempat.

Selanjutnya penjelasan mengenai susunan acara rapat, langsung saja simak pada penjelasan berikut ini.

Susunan Acara Rapat

Rapat merupakan suatu kegiatan yang sering kita lakukan, baik itu dalam dunia pendidikan pekerjaan, lingkungan. Dalam sebuah rapat pasti terdapat suatu susunan acara. Jika sebuah rapat tidak ada susunan acara rapat maka rapat tersebut tidak berjalan dengan lancar.

Susunan acara rapat ini berfungsi sebagai media untuk meluruskan jalannya suatu pertemuan atau rapat.

Meski acara sudah dirancang dengan baik, apa yang dibuat manusia itu tidak akan sempurna tanpa ridho Allah SWT. Jadi jangan lupa awali dengan doa. Baca : Doa Pembuka Acara Singkat dan Mudah Dihafal

Langsung saja simak berikut beberapa susunan acara rapat yang dapat anda jadikan contoh.

Dalam suatu susunan acara terdapat beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan berikut ini:

  1. Jenis acara yang bagaimana yang akan kita buat susunan acaranya karena setiap acara atau kegiatan itu susunan acaranya berbeda.
  2. Sebelum membuat susunan acara akan dikemas seperti apa, formalkah atau nonformal
  3. Perhatikan alokasi waktunya, pastikan berapa lama waktu yang diperlukan dalam berlangsungnya acara
  4. Untuk membuat susunan acara tidak lepas dari unsur kreatifitas. Jangan sampai acara yang kita buat akan membuat bosan audience.
  5. Terakhir tidak melanggar kaidah hukum dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku.

Susunan acara rapat tahunan pada sekolah:

  1. Pembukaan
  2. Sambutan-sambutan
  3. Pembahasan rapat tahunan
  4. Kesimpulan
  5. Doa
  6. Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai susunan acara yang dapat wajibbaca.com sampaikan.

Berdasarkan penjelasan diatas, disimpulkan bahwa susunan acara dalam setiap kegiatan berbeda-beda. Namun dari semuanya ada penutup. Lebih baik lagi jika semua itu kita tutup dengan doa. Baca : Doa Penutup Acara Latin yang Lengkap Tapi Mudah Dihafal dan Dipahami

Semoga dengan penjelasan diatas dapat membantu anda semua dalam membuat sebuah susunan acara dalam segala kegiatan.