Bagi yang Ingin Cepat Hamil, Ini 15 Cara Menyuburkan Kandungan

 04 Jul 2019  Vernandhea
Bagi yang Ingin Cepat Hamil, Ini 15 Cara Menyuburkan Kandungan

Cara menyuburkan kandungan - image from pinterest.com

Seorang wanita pasti mendambakan kehadiran buah hati setelah menikah cukup lama. Namun, karena beberapa faktor seorang wanita dapat sulit untuk memiliki anak karena, rahim yang kurang subur, kualitas sel telur yang buruk dan berbagai masalah reproduksi seperti kista ovariuam, penyebab endomestriosis dan penyakit lain yang dapat menyebabkan kemandulan pada wanita.

Masalah kesuburan menghantui sekitar 15 persen pasangan yang mengalami masalah kehamilan. Dalam sebuah study, ketidaksuburan atau infertilitas 40 persen berada pada pria, 50 persen pada wanita dan 10 persen pada keduanya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk menyuburkan kandungan secara alami yang bisa Anda coba dirumah.

Menurut kedokteran ada banyak cara menyuburkan kandungan alami untuk meningkatkan kualitas sel telur termasuk dengan meningkatkan kesuburan kandungan.

Cara menyuburkan kandungan yang alami akan mengharuskan Anda menerapkan gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang serta menghindari pantangan program hamil yang dapat menurunkan peluang Anda mendapatkan kehamilan.

Faktanya, jika Anda ingin cepat hamil maka cara menyuburkan kandungan dengan cepat tergantung dengan jenis makanan yang Anda konsumsi dan gaya hidup merupakan faktor utama untuk meningkatkan kesuburan kandungan hingga 69 persen.

Lalu bagaimana cara menyuburkan kandungan agar cepat hamil? Pada pembahasan kali ini wajibbaca.com telah merangkum sejumlah cara menyuburkan kandungan secara alami, simak ulasannya dibawah ini;

15 Cara Alami Untuk Menyuburkan Kandungan

1. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Bahan antioksidan sangat penting untuk meningkatkan kesuburan. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti Asam Folate dan Zinc dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Antioksidan dapat memerangi radikal bebas yang dapat merusak kualitas sperma dan sel telur dalam tubuh Anda berdua. Antioksidan bisa membantu mempertahankan kesehatan sel telur dan juga mempengaruhi kondisi kesehatan reproduksi.

Karena itu Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi sumber antioksidan alami seperti gandum, buah, sayuran, dan ikan. Makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin E, Asam Folat dan Beta Karoten juga baik untuk kesuburan pria dan wanita.

2. Konsumsi Makanan Berserat

Mengkonsumsi makanan kaya serat juga merupakan salah satu cara menyuburkan kandungan karena baik untuk meningkatkan kesuburan. Serat akan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik termasuk untuk jenis mineral penting seperti seng dan zat besi. Mineral ini bisa membantu hasil sel telur yang lebih baik.

Makanan yang mengandung serat seperti gandum, nasi merah, apel, brokoli, kembang kol, bayam, jeruk, kacang-kacangan dan biji-bijian. Dalam sebuah study mengungkapkan, mereka yang mengonsumsi 10 gram sereal tinggi serat dapat menurunkan risiko kemandulan pada wanita berusia 32 tahun hingga 44 persen.

3. Melakukan Titik Pijatan Pada Titik Kesuburan

Cara menyuburkan kandungan selanjutnya adalah melakukan pijatan untuk meningkatkan kesuburan. Pijatan ini biasanya dilakukan oleh ahli terapi yang bisa membantu menentukan titik aliran darah untuk bagian rahim. Pijatan ini akan meningkatkan aliran oksigen ke rahim dan juga bagian reproduksi lain. Metode pemijatan dilakukan secara hati-hati sehingga tidak merusak sistem reproduksi. Pemijatan ini bisa dilakukan ketika haid benar-benar telah selesai dan sudah masuk ke masa subur.

4. Yoga

Jenis olahraga yang satu ini memang sangat bagus dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal, selain itu yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Ada banyak gerakan yoga yang bisa meningkatkan titik kesuburan. Misalnya pose yang berbentuk seperti kucing, merpati, gerakan jongkok dan juga kekuatan bagian titik reproduksi. Efek gerakan ini bisa meningkatkan aliran darah pada rahim, mengelola stres dan meningkatkan kualitas sel telur. Karena itu wanita yang lebih sering yoga akan terlihat lebih subur.

5. Konsumsi Protein Nabati

Protein akan meningkatkan kesuburan dengan cara yang sangat alami. Konsumsi protein nabati yang terdapat pada Kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat mengurangi risiko kemandulan pada pria dan wanita. Protein juga bisa meningkatkan keseimbangan hormon dalam tubuh. Beberapa sumber protein yang sangat dibutuhkan untuk kesuburan misalnya seperti kacang-kacangan, biji-bijian, telur, ikan dengan kandungan omega 3 dan juga daging ayam tanpa lemak.

6. Minum Royal Jelly

Royal jelly adalah bahan herbal yang telah digunakan untuk meningkatkan kualitas sel telur. Cara menyuburkan kandungan dengan mineral seperti magnesium dan seng dalam royal jelly bisa membuat kesuburan meningkat dan meningkatkan gairah seksual. Royal Jelly yang juga berasal dari lebah kaya akan asam amino esensial, lipids, vitamin, asam lemak omega-3, zat besi dan kalsium yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan organ reproduksi wanita.

7. Minum Air Putih yang Cukup

Pengentalan dalam darah juga menjadi penyebab rahim tidak subur yang menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan baik. Dengan minum air putih yang cukup akan membuang racun, meningkatkan peredaran darah, dan menjalankan metabolisme dalam tubuh. Maka dari itu, minum air putih dengan gelas sangat baik untuk rahim. Jangan terbiasa minum air putih dari botol plastik karena bahan ini memberikan paparan buruk pada hormon tubuh.

8. Aktif Berolahraga

Aktih berolahraga bisa menjadi cara menyuburkan kandungan secara alami untuk membantu meningkatkan kesuburan dengan terapi kesuburan alami. Dengan rutin melakukan olahraga ringan seperti jogging dan jalan santai selama 30 menit, tiga kali dalam sepekan diyakini dapat melancarkan peredaran darah dan menurunkan level stress. Selain itu, juga dapat meningkatkan kualitas sel telur dan menjaga siklus masa subur Anda. Olahraga juga bermanfaat untuk mengatasi  penyebab haid tidak teratur dan menjadi cara cepat hamil secara alami.

9. Hindari Stres

Stres menyebabkan tekanan untuk tubuh dan juga pikiran. Bahkan ini mempengaruhi suasana hati yang bisa membuat kualitas sel telur menjadi tidak bagus. Saat merencanakan kehamilan Anda dituntut untuk menjaga keseimbangan hormon untuk meningkatkan kualitas sel telur. Jalani usaha untuk mendapatkan anak dengan santai dan lakukan kegiatan bersama pasangan untuk menurunkan tekanan pada diri Anda.

10. Kurangi dan Hindari Asupan Kafein

Kafein bisa menyebabkan dampak buruk untuk kesuburan, baik untuk pria atau wanita. Dalam sebuah study menemukan, wanita yang mengonsumsi lebih dari 500 mg kafein setiap hari mendapatkan kehamilan lebih lambat dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kafein. Jika Anda ingin meningkatkan kesuburan maka cobalah untuk mengurangi kafein. Jika telah mengalami kecanduan terhadap minuman berkafein seperti teh atau kopi maka cobalah untuk mengurangi secara pelan.

11. Hindari Produk Kedelai

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi produk kedelai, sebaiknya lebih berhati hati karena konsumsi kedelai berlebihan bisa menyebabkan kerusakan sel telur untuk wanita. Dalam beberapa penelitian mengungkapkan, kandungan phytoestrogens dalam kedelai dapat mempengaruhi tingkat hormon dan dapat menyebabkan masalah kemandulan Beberapa penelitian yang menggunakan hewan menemukan kacang kedelai dapat menurunkan kualitas sperma dan menyebabkan kemandulan pada tikus.

12. Hindari Makanan Berlemak

Bagi yang ingin meningkatkan kesuburan sebaiknya hindari makanan yang berlemak. Makanan berlemak berisiko dalam mempengaruhi kesuburan rahim wanita. Karena berdampak buruk pada sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin. Dalam sebuah study yang dilakukan pada mereka yang mengonsumsi makanan berlemak memiliki risiko kemandulan hingga 31 persen.

Sebaiknya hindari makanan berlemak seperti: makanan yang digoreng, daging olahan, dan makanan cepat saji. Jenis lemak terbaik untuk tubuh adalah lemak trans, lemak tidak jenuh dan asam lemak omega 3. Sekarang Anda bisa berpindah sumber lemak dari daging ke ikan atau ayam tanpa lemak.

Baca Juga:

13. Hindari Minuman Bersoda

Wanita yang ingin mencoba meningkatkan kesuburan harus mencoba untuk menghindari minuman bersoda. Minuman bersoda bisa saja mengandung bahan-bahan tidak sehat seperti gula pemanis, kafein, pengawet dan perasa minuman. Semua bahan ini bisa menyebabkan tubuh tidak sehat, meningkatkan kadar gula dan merusak keseimbangan hormon.

14. Konsumsi Susu Penyubur Kandungan

Cara menyuburkan kandungan dengan susu penyubur kandungan bisa menjadi solusi yang tepat. Untuk meningkatkan kesuburan rahim sebaiknya Anda memilih susu tinggi lemak, karena wanita yang mengonsumsi susu tinggi lemak dapat mengurangi risiko kemandulan hingga 27 persen. Sebaliknya, susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko kemandulan.

15. Konsumsi Vitamin Penyubur Kandungan

Cara menyuburkan kandungan secara alami yang terakhir adalah mengkonsumsi vitamin penyubur kandungan. Bagi wanita yang ingin segera hamil, sebaiknya konsumsi vitamin yang mengandung asam folat yang baik untuk kesuburan. Dalam sebuah study menemukan para wanita yang mengonsumsi vitamin seperti Vitamin E, Vitamin B6, Asam Folate berpeluang meningkatkan mendapatkan kehamilan setelah tiga bulan.

Demikianlah cara menyuburkan kandungan yang sudah kami sampaikan pada Anda. Dengan menerapkan cara diatas semoga keinginan Anda untuk dapat segera hamil dan memiliki momongan dapat tercapai.Amin Ya Robbal Alamin.