8 Makanan Penyubur Kandungan yang Bisa Dikonsumsi Agar Cepat Hamil

Komentar
8 Makanan Penyubur Kandungan yang Bisa Dikonsumsi Agar Cepat Hamil
Image source: hellosehat.com

Setiap pasangan di dunia ini pasti ingin memiliki buah hati dari rumah tangganya secepat mungkin. Karena memiliki sebuah buah hati adalah kebahagian tersendiri yang sangat luar biasa. Makanan penyubur kandungan yang dapat mempercepat kehamilan ini bisa Anda coba.

Mencoba makanan maupun buah penyubur kandungan merupakan salah satu anjuran yang diberikan bagi pasangan yang ingin cepat mempunyai keturunan. Ada wanita yang cepat hamil padahal baru beberapa bulan menikah. Namun, ada juga yang sudah menikah tapi tak kunjung mempunyai keturunan.

Nah, maka dari itu makanan penyubur kandungan sangatlah dibutuhkan bagi para calon ibu yang memiliki keinginan untuk hamil. Mengkonsumsinya secara teratur dan dalam porsi yang benar akan mempercepat proses kehamilan. Pasangan yang belum juga dikaruniai keturunan harus menyertakan deretan buah penyubur kandungan berikut dalam menu makan sehari-hari.

Beberapa kandungan jenis makanan penyubur kandungan agar cepat hamil ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma dalam mempercepat pembuahan.

Anda semakin penasaran apa saja makanan penyubur kandungan ini? Mengganti menu makanan bisa membantu Anda. Nah, berikut beberapa macam makanan penyubur kandungan yang bisa Anda nikmati. Simak daftar apa makanan penyubur kandungan sehat ini dalam artikel berikut.

Baca Juga:

8 Makanan penyubur kandungan bisa Anda konsumsi

Makanan bukan hanya sekadar memberi energi bagi tubuh, tapi makanan juga menutrisi tubuh, termasuk meningkatkan kesuburan Anda. Tingkat kesuburan yang baik menunjukkan bahwa hormon dalam tubuh seimbang, berat badan ideal, dan kebutuhan nutrisi penting terpenuhi. Simak daftar makanan penyubur kandungan berikut ini.

1. Sayuran hijau

Image source: hellosehat.com

Jenis sayuran hijau disekitar kita sangatlah banyak sekali, contohnya bayam, brokoli, sawi hijau, atau kangkung. Jenis sayuran hijau tersebut mengandung beberapa nutrisi penting yang sangatlah diperlukan oleh tubuh kita. Kandungan nutrisi tersebut meliputi kalsium, zat besi, dan folat. Kandungan tersebutlah yang dipercaya dapat memperbaiki siklus menstruasi sekaligus mengurangi gejala PMS. Selain itu, kandungan folat yang terkandung dalam sayuran hijau juga sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk mempersiapkan kehamilan.

2. Berbagai buah jeruk

Image source: hellosehat.com

Siapa sih yang tidak suka jeruk? Buah berkulit kuning ini sangatlah enak dan manis. Selain itu, jeruk juga merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Dalam jeruk mengandung beberapa nutrisi penting seperti kalium, kalsium, folat, dan vitamin B yang dapat mengatur ovulasi dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur.

Anda dapat mengkonsumsi buah jeruk ini secara langsung atau dibuat jus untuk memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya.

3. Alpukat

Image source: hellosehat.com

Alpukat merupakan salah satu buah yang bisa menyuburkan kandungan. Buah berdaging hijau dan kuning ini didalamnya mengandung folat, vitamin K, dan tinggi kalium yang sangat diperlukan tubuh. Folat diperlukan untuk perkembangan otak dan tulang belakang janin. Sementara vitamin K dan kalium membantu tubuh menyerap nutrisi lain secara efektif, menjaga keseimbangan hormon, dan mengatur tekanan darah.

Selain itu, alpukat juga bisa menjadi menu diet Anda karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan ternyata juga mempengaruhi keseimbangan hormon estrogen yang berperan penting dalam kesuburan.

4. Telur

Image source: hellosehat.com

Hampir semua orang menyukai makanan ini atau bahkan sering dikonsumsi dalam makanan sehari-hari. Selain mudah diolah, telur juga sangat terjangkau dan punya kandungan nutrisi yang baik. Telur mengandung tinggi protein, vitamin, dan mineral serta asam amino, seperti kolin yang meningkatkan kualitas folikel. Folikel yaitu tempat tumbuhnya sel telur. Selain itu, telur juga mengandung folat yang baik untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf saat dilahirkan.

5. Buah beri

Image source: hellosehat.com

Jenis buah beri sangatlah banyak sekali, contohnya seperti stroberi, rasberi merah, dan raberi hitam. Jenis buah beri tersebut didalamnya mengandung antioksidan alami serta fitonutrien antiperadangan. Kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan kesuburan baik wanita maupun pria.

Selain itu, buah beri ini juga kaya dengan vitamin C yang membantu sistem kekebalan tubuh. Serat yang terkandung didalamnya juga mampu menurunkan berat badan Anda.

6. Salmon

Image source: hellosehat.com

Salmon menjadi sumber protein yang baik selain dari daging ayam atau sapi. Ikan berlemak ini mengandung asam lemak omega 3 dan DHA yang penting untuk perkembangan otak dan mata bayi. Wanita yang punya berat badan berlebih atu biasanya disebut obesitas cenderung kekurangan DHA. Nutrisi ini sangatlah penting jika Anda ingin merencanakan kehamilan.

Tapi, ikan salmon ini masih rentan dengan kandungan zat merkuri (zat logam) yang membahayakan kesehatan, sehingga ketika mengkonsumsinya harus secukupnya saja jangan berlebihan.

7. Greek yoghurt

Image source: hellosehat.com

Tahukah Anda jika ingin meningkatkan kesuburan, Anda perlu memperhatikan asupan lemak dalam tubuh. Selain susu, greek yoghurt juga mengandung kalsium, bahkan lebih banyak dari susu. Selain itu, dalam yoghurt terkandung vitamin D dan probiotik yang membantu folikel di indung telur matang dengan baik, memperkuat tulang, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa greek yogurt berbeda dengan yogurt biasa, terutama pada kandungan protein dan probiotiknya.

8. Walnut

Image source: hellosehat.com

Walnut atau biasanya disebut dengan kacang kenari ternyata di dalamnya kaya akan serat dan magnesium. Kacang jenis ini adalah satu-satunya makanan vegetarian yang mengandung asam lemak omega-3. Berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya mampu membantu produksi progesteron dan meningkatkan suplai darah ke rahim yang mendukung kesuburan.

Selain itu, kandungan magnesium dari kacang ini dapat meredakan gejala morning sickness yang biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan. Tapi Anda juga harus mengkonsumsi kacang ini dalam jumlah secukupnya saja, karena kacang ini juga mengandung kalori yang cukup tinggi.

Nah, itulah tadi beberapa makanan penyubur kandungan yang bisa Anda konsumsi. Selain mengkonsumsi jenis makanan penyubur kandungan diatas, Anda juga harus memenuhi nutrisi penting lainnya yang diperlukan tubuh.

Demikian penjelasan tentang makanan apa untuk penyubur kandungan yang dapat dikonsumsi. Semoga bermanfaat.
Top