7 Manfaat Push Up Bagi Tubuh Apabila Dilakukan Rutin

 14 May 2019  Wahyu Fajar
7 Manfaat Push Up Bagi Tubuh Apabila Dilakukan Rutin

Image source doktersehat.com

Apa manfaat push up? Push Up? kalimat tersebut mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk membentuk otot tubuh. Setiap orang dapat melakukan push up, selain sederhana, push up juga tidak memerlukan alat bantu.

Apa manfaat push up bagi kebugaran jasmani? Tak sebatas pada kebugaran tubuh bagian luar saja, manfaat push-up lebih lanjut dapat membantu memaksimalkan proses metabolisme dalam tubuh. Setiap orang dapat melakukan push-up, selain sederhana, push-up juga tidak memerlukan alat bantu. Push-up juga tidak menuntut keahlian tertentu untuk melakukannya.

Latihan push up yang tergolong murah dan mudah karena tidak memerlukan peralatan apapun bisa menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh. Ada berbagai manfaat push-up yang dapat diperoleh untuk kebugaran. Manfaat push up bagi tubuh selain untuk melatih kekuatan, juga dapat membantu kualitas hidup sehat Anda.

Apa saja manfaat push up? Push up adalah salah satu jenis latihan fisik yang memiliki banyak manfaat. Temukan beberapa manfaat push up di sini.

Baca Juga:

Manfaat push up untuk tubuh

Olahraga push up memang sangat menguras banyak tenaga bagi tubuh kita. Push up dikenal sebagai olahraga yang bertujuan membentuk tubuh yang ideal. Tapi dibalik itu semua, fungsi manfaat push up tidak hanya membentuk tubuh ideal saja ternyata terkandung manfaat luar biasa bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat push up untuk tubuh.

1. Membentuk otot-otot

Melakukan push up memberikan manfaat kesehatan, salah satunya membentuk otot tubuh. Untuk membentuk otot tubuh yang maksimal lakukan latihan push up ini secara rutin. Selain itu, melakukan push up secara teratur bisa membentuk kelompok otot mayor dan minor secara efektif. Lakukan push up minimal lima menit dalam sehari untuk mendapatkan tubuh yang berotot.

2. Meningkatkan kekuatan tubuh

Manfaat lain yang bisa Anda dapat dengan latihan push up adalah membantu meningkatkan kekuatan tubuh. Mengapa demikian? Karena ketika kita sedang melakukan push up, otot akan memberikan energi yang banyak terhadap kekuatan tubuh. Semakin besar massa otot yang dimiliki maka semakin besar kekuatan tubuh yang terbentuk.

3. Meningkatkan kesehatan dan vitalitas

Tubuh yang sehat harus didukung dengan pola hidup sehat yang benar. Salah satu cara meningkatkan kesehatan adalah dengan melakukan gerakan push up. Gerakan push up dipercaya meningkatkan kesehatan dan vitalitas tubuh, karena gerakan tersebut bisa meregangkan otot-otot bisep. Selain itu, peregangan otot bisep juga bisa mencegah berbagai cedera otot dan dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda.

4. Mencegah osteoporosis

Siapa sih yang tidak ingin punya tulang yang sehat dan kuat? Pastinya semua orang menginginkannya agar tubuh tetap sehat dan bugar. Masalah yang sering berkaitan dengan tulang salah satunya yaitu osteoporosis.

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang sehingga meningkatkan risiko patah tulang, terutama di pinggul, tulang belakang, dan kaki. Bagaimana cara mencegah osteoporosis ini? Osteoporosis ini ternyata bisa dicegah dengan melakukan push up secara rutin karena bisa menjaga kepadatan tulang.

5. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular tubuh

Setiap orang pasti ingin tubuh mereka terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya. Manfaat push up untuk kesehatan lainnya yaitu meningkatkan kesehatan kardiovaskular tubuh. Apa itu kardiovaskular tubuh?

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis). Saat melakukan push up, jantung akan bekerja lebih keras untuk mendistribusikan darah bersih yang kaya akan oksigen ke jaringan otot. Sehingga jantung dapat bekerja dengan baik dan tetap sehat.

6. Meningkatkan postur tubuh

Postur tubuh yang indah dan sehat menjadi dambaan semua orang baik pria maupun wanita. Untuk membentuk postur tubuh yang sehat caranya cukup mudah, salah satunya melakukan gerakan push up. Gerakan push akan memicu otot-otot inti menjadi kuat sehingga mendapatkan postur tubuh yang kekar dan ideal.

Akan tetapi, otot yang lemah tidak akan membuat tubuh mendapatkan postur seperti itu.

7. Mencegah cedera bahu dan punggung bawah

Cedera memang sangat erat dengan keadaan fisik seseorang, banyak cara untuk mencegah masalah ini. Untuk mencegah cedera ini salah satunya dengan rutin melakukan gerakan push up, terutama mencegah cedera bahu dan punggung bawah.

Gerakan push up yang dilakukan secara rutin akan mengurangi risiko cedera. Karena gerakan push up yang dilakukan secara rutin dan benar akan membuat otot-otot tubuh menjadi stabil. Selain itu, latihan push up juga akan mendukung kekuatan otot primer dan sekunder yang ada pada bahu dan punggung bawah Anda.

Nah, itulah beberapa manfaat push up yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan rutin. Selain dengan push up Anda juga perlu menjaga pola makan yang sehat agar tubuh tetap sehat bugar.

Demikian penjelasan tentang manfaat push up bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR